Alasan Masuk Unsoed

Bila kita bertanya pada banyak mahasiswa atau juga pada alumni, ada banyak alasan mengapa mereka masuk Unsoed. Berikut ini adalah salah satunya. Ini adalah alasan mantan Rektor Unsoed Prof Rubiyanto Misman masuk Unsoed. Kisah pendek ini termuat dalam buku MEMENUHI PANGGILAN ALMAMATER, Biografi Rubiyanto Misman; Mahasiswa Unsoed Pertama - Alumnus Pertama - Pendiri dan Ketua Pertama Ikatan Alumni Unsoed - Dekan Alumnus Unsoed Pertama - Rektor Alumnus Unsoed Pertama.
Kisah ini termuat dalam Bagian I.2. yang ditulis oleh Sutriyono (Fak Peternakan'90)



Menjadi Mahasiswa Karena Film Dunia Binatang

Apa hubungan antara program siaran flora-fauna Walt Disney dengan keputusan seseorang kuliah di Fakultas Biologi? Rubiyanto Misman menemukan hal itu dalam dirinya.
Selepas SMA pada tahun 1963 Rubi mencoba mengejar impiannya menjadi penerbang. Ia mendaftarkan diri ke Akademi Angkatan Udara (AAU). Setelah seleksi dua kali, Rubi dinyatakan tidak lolos.

Selagi bingung mencari informasi tempat kelanjutan studi, sahabatnya Subiakto Tjakrawedaya memberi informasi bahwa ada sebuah perguruan tinggi di Purwokerto membuka pendaftaran mahasiswa baru. Subiakto yang telah diterima di Universitas Kristen Indonesia memberi saran agar Rubi mendaftar di Unsoed tersebut.

Tahun 1963 kala itu Unsoed membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk tiga fakultas, yaitu Fakultas Pertanian, Fakultas Biologi dan Fakultas Ekonomi.

“Kamu kan suka nonton film dunia binatang, true live adventure Walt Disney, masuk Biologi saja,” demikian saran dari sahabatnya itu.

Rubiyanto menuruti saran sahabatnya tersebut. Ia pergi ke Purwokerto yang berjarak sekitar 60 kilometer dari Cilacap untuk mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman. Rubi diterima. Akhirnya, Rubi yang tidak pernah bermimpi kuliah di Fakultas Biologi masuk menjadi mahasiswa Fakultas Biologi Universitas Jendral Soedirman angkatan pertama.

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Alhamdulillah...
    Kisah perjalanan Alumni Unsoed yg sungguh menarik dan banyak pembelajaran buat Alumni lainnya...

    BalasHapus
  2. Bukankah alasan kuliah agar bisa reuni?

    BalasHapus

Jika kesulitan posting komentar via hp harap menggunakan komputer