Alumni Fapet Unsoed Bahas Ketahanan Pangan dalam SEARY 1.0


Sejumlah Alumni Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman (Fapet Unsoed) membahas strategi mewujudkan ketahanan pangan bertempat di Ruang Seminar Fapet Unsoed Purwokerto.  Soedirman Event of Animal Husbandry 1.0 (SEARY1.0) merupakan serangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Unit Penelitian dan Pengembangan Peternakan (UP3) Fapet Unsoed.

SEARY1.0 terdiri dari acara Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat nasional dan seminar nasional yang diselenggarakan dari tanggal 9-11 Maret 2018.  Acara ini merupakan tahun pertama sehingga diberi nama SEARY1.0.

Ketahanan Pangan menjadi tema utama dalam kegiatan ini.  “Optimalisasi Sumber Daya Lokal yang Berkelanjutan untuk Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional” subtema yang dipilih dalam LKTI Nasional

Sepuluh tim tersebut yaitu berasal dari Universitas Riau, Universitas Airlangga, Universitas Sumatera Utara, Universitas Jember, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Muhammadiyah Malang, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Sebelas Maret, dan Universitas Diponegoro.

LKTI Nasional diselenggarakan pada hari Jumat, 09 Maret 2018 di ruang seminar 1 Fapet Unsoed, peserta yang lolos final terdiri dari sepuluh tim terbaik yang telah melewati penilaian oleh para juri. Presentasi peserta dimulai pada pukul 08.50 WIB hingga selesai.

Menariknya, salah seorang dari ketiga tim penilai adalah Alumni Fapet Unsoed.  Dr. Sc. agr. Ir. H. R. Singgih Sugeng Santosa, MP., Alumni Fapet Unsoed menilai ketahanan pangan dari sudut pandang peternakan.   Sisi sosial ekonomi dinilai oleh Dr. Yusmi Nur Wakhidati, serta M.Si.  Prof. Dr. Rifda Naufalin, SP., M.Si., guru besar bidang pertanian.

Keesokan harinya Alumni Fapet Unsoed kembali memegang peranan dalam Seminar Nasional yang diselenggarakan pada tanggal 10 Maret 2018.  Kepala Bidang Budidaya Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah, Ir. Ign. Hariyanta Nugraha, M.Si, Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman, Novie Andri Setianto, S.Pt., M.Sc., Ph.D.  Dua Alumni Fapet Unsoed yang menjadi pembicara Seminar Nasional SEARY 1.0.

Tidak hanya perwakilan dari pemegang kebijakan dan akademisi, praktisi perunggasan Hardiat Heru Nugroho juga menjadi pembicara seminar. Acara seminar nasional berjalan lancar dengan dimoderatori Dr. Ir. Krismiwati Muatip, M.Si, salah satu dosen Fakultas Peternakan Unsoed yang merupakan Alumni Fapet Unsoed.

Seusai seminar nasional dilanjutkan dengan acara malam puncak.  Acara yang dinantikan para peserta karena pada malam tersebut pemenang diumumkan. Pemenang terdiri dari juara 1, juara 2, juara 3, juara harapan 1, juara harapan 2, serta juara favorit.

Juri memutuskan Juara 1 diraih oleh tim Universitas Riau dengan judul “Hy-gens (Hydrogelmicrobs-agents): Hidrogel Berbahan Dasar Limbah Daun Nanas Riau yang Diperkaya dengan Pseudominas Fluorescens sebagai Teknologi dalam Peningkatan Produksi Tanaman Pangan di Lahan”.

Juara 2 diraih oleh Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya dengan judul “AURI (Automation Ring Irrigation) Rancang Bangun Sistem Irigasi Berbasis Soilmosture Sensor sebagai Solusi Infrastruktur Irigasi pada Daerah Kekurangan Air dan Meningkatkan Efektifitas Penyiraman Tanaman”.

Sebagai tuan rumah, Universitas Jenderal Soedirman meraih juara 3 dengan judul “Pemanfaatan Tanaman Rimpang sebagai Alternatif Pengganti Antibiotik Growth Promotor untuk Unggas Broiler dalam Upaya Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional Jenis Daging.

Universitas Airlangga memperoleh Juara Harapan 1, Juara Harapan 2 oleh Universitas Sumatera Utara dan juara favorit diraih oleh Universitas Negeri Jember. Malam puncak turut dimeriahkan pula oleh penampilan UKM musik Fapet Unsoed Gamet serta kentongan yang merupakan musik tradisional Banyumas.

Rinting hujan di minggu pagi (11/03) menemani Peserta LKTI SEARY1.0 melaksanakan fieldtrip di Lokawisata Baturraden.  Melepas ketegangan seusai berlomba.  Setelah puas menikmati pesona alam Baturraden, acara dilanjutkan dengan pembelian oleh-oleh dan mengantar ke tempat transportasi kepulangan.

Ketua panitia SEARY1.0, Abdurrahman Aji Ramadhan menyatakan “kegiatan ini pertama kali diadakan di kampus Fakultas Peternakan Unsoed.” Seluruh panitia SEARY1.0 sangat mengapresiasi peserta yang telah berpartisipsi dalam serangkaian kegiatan SEARY1.0.

Rangkaian SEARY 1.0 telah usai, apa yang telah dilombakan dan kesimpulan seminar yang diputuskan semoga membawa manfaat nilai edukasi dan motivasi untuk terus berkarya tanpa batas demi terwujudnya ketahana pangan nasional. (Yusuf Subagyo/269, Nur)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Download Proposal Masjid Fapet

LINK BANNER

Daftar dan Dapatkan GRATIS E-book Biografi Jenderal Soedirman dan informasi penting lainnya

Nama Lengkap

Alamat Rumah/Kantor

Pekerjaan/Jabatan
Nama Perusahaan/Instansi

Tahun Masuk Fapet/SKS

NIM

No Handphone

E-mail address




Pengunjung Web

MARS KAFAPET

Artikel Populer

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini