Mahasiswa Fapet Unsoed Raih Prestasi di Competition of Animal Science (COAS) 2018

Mahasiswa Fapet Unsoed berhasil memenangkan beberapa perlombaan di Competition of Animal Science (COAS) yang berlangsung di Kampus Fapet Unsoed Purwokerto 23-25 Maret 2018. Prestasi ini disambut sukacita oleh Mahasiswa maupun dosen.

Beberapa lomba di kegiatan COAS berikut juaranya antara lain kategori Judging juara pertama adalah Unsoed, juara kedua STPP Magelang dan juara ketiga adalah UNS.

Kategori lomba debat juara pertama UGM, kedua adalah Unsoed dan juara ketiga adalah UNS. Kategori lomba bussines plan juara pertama Unsoed, dan juara kedua Undip.

Kategori Lomba Essay juara pertama adalah Undip, kedua Unsoed dan ketiga adalah UGM. Kategori lomba poster juara pertama adalah Unsoed, juara kedua adalah STPP Magelang dan juara ketiga SMK N 1 Wanayasa.

Wakil Dekan III fapet Unsoed Dr. Yusuf Subagyo memuji prestasi mahasiswanya dalam acara ini. Ia mengharapkan di acara COAS berikutnya, para mahasiswa dapat lebih berprestasi lagi.

Acara COAS (Competition of Animal Science) diselenggarakan oleh Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia (ISMAPETI) Wilayah III regional Jateng-DIY, dimana BEM Fapet Unsoed bertindak sebagai tuan rumah. Seluruh rangkaian acara dikelola oleh mahasiswa Fapet Unsoed dengan Ketua panitia Mujibur Rahman dan Ketua BEM Hanif. Sebelumnya kegiatan keilmiahanan di organisasi diberi nama TIMPI WIL III (Temu Ilmiah Mahasiswa Peternakan Indonesia Wilayah III). Menurut catatan redaksi Kafapet-Unsoed.com TIMPI pertama kali diadakan di Universitas Brawijaya Malang tahun 1988 dimana pada saat itu berkumpul pengurus Senat Mahasiswa Peternakan seluruh Indonesia. Selanjutnya TIMPI diselenggarakan secara reguler di berbagai kampus.
Acara COAS 2018 dibuka  oleh Wakil Dekan III bidang Kemahasiswaan Dr. Yusuf Subagyo.  Kegiatan yang diusung sekaligus untuk memeriahkan acara Dies Natalies Fapet Unsoed yang ke 52 tahun ini bertemakan “Insan Peternakan Membangun Peradaban”. Adapun lomba yang diadakan adalah Animal Judging, Debat, Bussines Plan, Poster, Essay dan Lomba Cepat Tepat yang khusus untuk siswa/I SMA/SMK sederajat. Acara COAS dihadiri oleh 10 universitas se Jateng DIY yakni Universitas Gadjah Mada, Universitas Boyolali, Universitas Sebelas Maret, Universitas Wijaya Kusuma, Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Tidar, Universitas Mercubuana Yogyakarta, Akademi Peternakan Karanganyar, STPP Magelang, dan Universitas Jenderal Soedirman sebagai tuan rumah.. Selain lomba-lomba yang menguji mental ilmiah setiap siswa dan mahasiswa, COAS 2018 ini menyisipkan kegiatan Training Class yang bertemakan Jurnalistik yang diisi oleh Farid Dimyati selaku Jurnalis Majalah Perunggasan (Poultry Indonesia) dan bertemakan Kepemimpinan yang diisi oleh Ir. Hadiyat Heru Nugroho, pengusaha peternakan ayam petelur.


Kegiatan lomba yang menguji mental akademik dan softskill ini melibatkan civitas akademika Fapet Unsoed sebagai juri pada semua lomba, diantaranya adalah Ir. Juni Sumarmono, M.Sc, Ph.D, Dr. Ir. Elly Tugiyanti, MP, Dr. drh. Muhammad Samsi, MP, drh. Muhandas Indradji, MP, Afdhuha Nurus Syamsi, S.Pt, MP, Titin Widyastuti, S.Pt,. M.P,  Ir. Kusuma Widayaka, MS,  Mochamad Sugiarto, S.Pt, M.M,. Ph.D, Ir. Bambang Rijanto Japutra, MP, Fajar Hidayat, A.Md, Elda Milani, A.Md, Abdul Azis, A.Md dan Agus Darmanto, S.Pt. Tidak hanya itu, COAS 2018 juga menggandeng BBPTU HPT Barurraden dalam lomba Animal Judging sebagai penyedia hewan ternak yang unggul. Balai besar yang dikelola oleh kementerian pertanian ini juga melibatkan tenaga teknis lapangan sebagai juri yaitu Maya Lucyana Agustina S.Pt  dan Hermawan Setyo Widodo, S.Pt, MP.

Dukungan dan Kerjasama Berbagai Pihak

Sebagai instansi yang memiliki hubungan baik dengan Fakultas Peternakan Unsoed, Charoen Pokphand Indonesia turut andil dalam mendukung acara ini. Tidak hanya itu, majalah Poultry Indonesia, Livestockreview.com, dan Majalah Infovet mengambil bagian dalam media partner. 

Yusuf Subagyo mewakili Fakultas Peternakan Unsoed mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung acara ini, termasuk BBPTU HPT Baturraden yang menjediakan fasilitas ternak untuk lomba judging dan Homestay Taurus yang dijadikan tempat penginapan peserta delegasi dan lomba selama 3 hari berturut-turut. Momen terakhir acara COAS 2018 adalah berkunjung ke Lokawisata Baturraden sebagai peluruh lelah dari berbagai lomba yang diikuti. Acara COAS diisi dengan beberapa perlombaan yang diperuntukkan kepada mahasiswa/i dan siswa/i SMA/SMK sederajat se-Jateng DIY dan kegiatan lainnya .

“Semoga dengan diadakannya acara ini dapat menjadikan kekuatan bersama kepada seluruh mahasiswa peternakan Indonesia, civitas akademika, instansi pemerintahan dan pengusaha yang terlibat untuk terus bertekad menjadi Insan Peternakan yang Membangun Peradaban Indonesia, “ujar Yusuf. 
Share:

2 komentar:

Download Proposal Masjid Fapet

LINK BANNER

Daftar dan Dapatkan GRATIS E-book Biografi Jenderal Soedirman dan informasi penting lainnya

Nama Lengkap

Alamat Rumah/Kantor

Pekerjaan/Jabatan
Nama Perusahaan/Instansi

Tahun Masuk Fapet/SKS

NIM

No Handphone

E-mail address




Pengunjung Web

Undangan Temu Alumni

Artikel Populer

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini