Srikandi BIB Lembang, Ir. Tri Harsi, MP Optimis Populasi Meningkat

BIB (Balai Inseminasi Buatan) Lembang sebagai Unit Pelayanan Terpadu (UPT) yang berada di bawah naungan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian mempunyai tugas pokok dan fungsi memproduksi dan mendistribusikan semen beku.  Bersama Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari Jawa Timur, BIB Lembang menjadi tulang punggung produsen semen beku  dalam program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (UPSUS SIWAB) untuk distribusi semen beku sebanyak 5 juta dosis. 

Kepala BIB Lembang, Ir. Tri Harsi, MP menjelaskan , "Tujuan utama IB adalah untuk peningkatan mutu genetik.  Dengan berjalannya Program UPSUS SIWAB, Saya optimis populasi akan meningkat."
Alumni Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman (Fapet Unsoed) Angkatan 1984 ini juga menjelaskan kunci keberhasilan BIB Lembang dalam menyediakan semen beku berkualitas terletak pada manajemen pemeliharaan pejantan yang prima.  Setiap pejantan mendapatkan pengawasan yang ketat terkait pakan, perawatan dan penanganan kesehatannya. Semen diproses dengan menggunakan teknologi Perancis dan Jerman. Semen beku BIB Lembang juga telah memiliki sertifikat Standarisasi Nasional Indonesia (SNI).
Semen beku yang diproduksi BIB Lembang pada tahun 2017 berasal dari 178 ekor ternak dengan total produksi sebanyak 1.989.582 dosis. Semen tersebut berasal dari Sapi eksotik (Simental, Limousin, Angus). Sapi lokal (Ongole, Brahman, Madura,  Aceh, Pasundan). Semen beku Sapi Perah (FH).  Kerbau, kambing (PE, Boer, Saanen), dan domba (Garut, Ekor Gemuk).
Sejak menjabat sebagai Kepala BIB Lembang tahun 2016, Tri Harsi telah melakukan berbagai terobosan. Antara lain,  BIB Lembang menggunakan dua pola distribusi semen beku untuk mempermudah pelayanan terhadap masyarakat. Pertama adalah hibah semen beku dan kerja sama. Kedua adalah penjualan langsung dan penjualan melalui e-catalog.  Penjualan semen beku melalui (e-purchasing/e-catalog) diperuntukkan bagi Dinas Provinsi/Kabupaten/Kota yang membidangi fungsi peternakan. Pembelian langsung ke BIB Lembang tanpa melalui pihak ketiga (rekanan) sehingga harga lebih murah serta mengurangi pengeluaran negara.
Kemudahan distribusi semen beku juga diimbangi dengan ketersediaan semen beku.  Kepala Seksi Jasa Produksi BIB Lembang, Lina Widyawati, S.Pt, MS memastikan persediaan semen beku sangat mencukupi kebutuhan.  Stok semen beku pada akhir Tahun 2017 sejumlah 1.901.592 dosis dan target Tahun 2018 BIB Lembang memproduksi sebanyak 1.940.000 dosis.
Dari angka tersebut sebanyak 2.238.665 dosis semen beku menjadi target distribusi BIB Lembang untuk kegiatan UPSUS SIWAB Tahun 2018. Prestasi BIB Lembang di Tahun 2017 telah berhasil mensuplai semen beku sebanyak 3.263.063 dosis (60 persen dari kebutuhan semen beku nasional). Sumbangan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang telah direalisasikan oleh BIB pada tahun 2017 sebesar Rp 22.109.593.833,-.
Terpenuhinya kebutuhan semen beku  ke berbagai daerah, diharapkan dapat mendongkrak populasi sapi nasional dengan teknologi IB.  Dengan berjalannya program UPSUS SIWAB, percepatan peningkatan populasi sapi di Indonesia dapat segera terwujud.  Populasi sapi yang meningkat menjadi cita-cita bangsa Indonesia menuju Swasembada sapi.
Swasembada ternak masih menjadi cita-cita bangsa ini, namun tidak banyak mengetahui bahwa Indonesia sudah berswasembada benih semen beku.  Semen beku produksi BIB Lembang tidak hanya telah dipasarkan di dalam negeri, namun juga telah menembus pasar internasional.  “Semen beku produk BIB Lembang mempunyai daya saing yang kuat karena dipanen dari pejantan berkualitas internasional,” jelas Tri Harsi .
Pernyataan sang Srikandi BIB Lembang ini pun diakui oleh Asep, peternak sapi Cimahi, Jawa Barat.  Asep kini memiliki anak sapi kembar - upin ipin - hasil teknologi IB menggunakan semen dari BIB Lembang.  Tidak hanya Asep, banyak lagi peternak yang merasakan manfaat dari kualitas semen BIB Lembang.
Kepercayaan peternak lokal pada BIB Lembang membuat BIB Lembang kian percaya diri untuk terus melangkah.  Tercatat sejak Tahun 2012 BIB Lembang sudah mampu mengekspor semen beku sapi ke Malaysia menyaingi negara produsen ternama, seperti Amerika Serikat dan Selandia Baru.  Sasaran BIB Lembang selanjutnya mampu mengekspor semen beku ke Madagaskar.  "Demi terwujudnya hal tersebut perlu partisipasi dan keaktifan semua pihak. Berkarya, berkarya, dan berkarya adalah bukti bakti kami bagi negeri," tegas sang Srikandi BIB Lembang. Bravo BIB Lembang !*** (BIB Lembang/269)
Sumber : diolah dari www.agronet.co.id
Kredit Foto : BIB Lembang 
Share:

1 komentar:

  1. Alhamdulillah...
    Mantap Sr Kandi dari Fapet Unsoed.
    Selamat mbak Ir. Tri Harsi, MP
    Bravo Kafapet Unsoed

    BalasHapus

Download Proposal Masjid Fapet

LINK BANNER

Daftar dan Dapatkan GRATIS E-book Biografi Jenderal Soedirman dan informasi penting lainnya

Nama Lengkap

Alamat Rumah/Kantor

Pekerjaan/Jabatan
Nama Perusahaan/Instansi

Tahun Masuk Fapet/SKS

NIM

No Handphone

E-mail address




Pengunjung Web

Undangan Temu Alumni

Artikel Populer

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini