Fapet Unsoed Kembangakan Produk Pangan Antioksidan




Pameran akbar inovasi industri peternakan, pakan dan perikanan yang dirangkum dalam INDOLIVESTOCK Expo & Forum telah dilaksanakan tanggal 4-6 Juli 2018 lalu bertempat di Jakarta Convention Center. Agenda yang telah dilaksanakan sejak tahun 2005 tersebut mendatangkan lebih dari 500 pameran teknologi dan produk dari 40 negara yang mengisi bagian gedung JCC. Beberapa universitas yang turut memeriahkan pameran tersebut adalah Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman, Fakultas Peternakan dan Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada, Fakultas Peternakan dan Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga, Fakultas Peternakan Universitas Padjajaran, dan Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro.

Sebagai universitas negeri yang ternama dan menjunjung kearifan lokal, Universitas Jenderal Soedirman atau yang disingkat dengan UNSOED, melalui Fakultas Peternakan memperkenalkan produk olahan tradisional dan bercita rasa tinggi, dengan proses diversifikasi produk yang berasal dari kelompok tani ternak dan kelompok mahasiswa yang dibina, seperti produk telur asin asap, telur asin bakar, telur asin goreng, telur ayam kampung omega 3, abon ayam, dan tahu susu antioksidan (TASUNDAN). Meskipun beberapa produk tersebut sudah banyak dipasarkan dan tak lazim di kalangan masyarakat Indonesia, namun pada saat pameran berlangsung banyak pengunjung yang antusias pada produk yang dijajakan tim Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman, salah satunya adalah Tahu Susu Antioksidan (TASUNDAN).


Tahu Susu Antioksidan (TASUNDAN) adalah produk pangan karya mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman yang tergabung dalam Program Kreatifitas  Mahasiswa (PKM-K). Produk pangan tersebut pertama kali dijual pada agenda INDOLIVESTOCK Expo & Forum, karena pada tahun sebelumnya produk mahasiswa yang ditampilkan  berupa sabun dan balsem. Tahu Susu Antioksidan (TASUNDAN) merupakan produk olahan berbahan dasar susu sapi yang diolah hingga menyerupai tahu pada umumnya dan ditambahkan ekstrak kulit manggis (Garcinia mangostana) yang kaya akan Antioksidan. Melihat antusiasme pengunjung untuk sekadar melihat, bertanya hingga membeli produk Tahu Susu Antioksidan (TASUNDAN), tim PKM-K Fakultas Peternakan tersebut lebih semangat untuk mengembangkan produk dan mengepakkan sayap lebih lebar dengan meningkatkan kuantitas dan kualitas produk. (269/Dini)

oleh :
Sri Maulidini - Mahasiswa Alih Jenjang Fakultas Peternakan Unsoed 2012
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Download Proposal Masjid Fapet

LINK BANNER

Daftar dan Dapatkan GRATIS E-book Biografi Jenderal Soedirman dan informasi penting lainnya

Nama Lengkap

Alamat Rumah/Kantor

Pekerjaan/Jabatan
Nama Perusahaan/Instansi

Tahun Masuk Fapet/SKS

NIM

No Handphone

E-mail address




Pengunjung Web

Undangan Temu Alumni

Artikel Populer

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini