Bersatu Padu , Bergandeng Tangan, Membangun Persaudaraan Sejati

Kajian Kafapet ke 51 Bahas Arti Kode "06050144342"

Kafapet-Unsoed.com. Bertempat di kediaman Ir Dwijo Harsono (Fapet Unsoed angkatan 83) di Perumnas Ciracas Indah Serang Banten,  Minggu, 10 Maret 2019, Kajian dan Silaturahmi Kafapet (keluarga Alumni Fakultas Peternakan) Unsoed yang ke 51 berjalan lancar , penuh suasana santai dan akrab.  Acara dihadiri oleh sekitar 30an orang yang berasal dari wilayah Jakarta, Bogor, Sukabumi, Bekasi, Depok , Tangerang, Tangerang Selatan  dan Serang.

Dwijo Harsono saat ini berkarir di Pemda Banten dengan jabatan Kepala Bidang Peternakan Provinsi Banten. Ia juga sebagai Ketua Kafapet wilayah Banten yang dipilih secara aklamasi saat acara Kajian ke 42 pada Januari 2018 di kediaman Sugeng Priyono (angkatan 85) di Serang. Sementara itu Kajian Kafapet ke 51 ini adalah Kajian Kafapet yang ke-3 kalinya dilaksanakan di wilayah Serang, Banten.

Ustad H.  Zubaidilah
Acara Kajian menghadirkan Penceramah Ustad H.  Zubaidilah, yang berkerja di salah satu instansi pemerintah Provinsi Banten. Ia  membawakan materi mengenai arti pentingnya Ibadah kepada Allah Ta'ala . Ceramah dimulai dengan membahas tentang pentingnya NIAT yang dilakukan di dalam hati.

"Niat merupakan perkara yang amat penting dalam memulai segala aktifitas . Sesuatu akan bernilai ibadah jika dilandasi dengan yang baik. Namun jika salah niat akan berdampak pada kesia- siaan" kata Ustad Zubaidilah.

"Niat dan Silaturahmi sekaligus diisi dengan tolabul ilmu akan mendapatkan pahala yang luar biasa", tambahnya. Ia mengaku salut terhadap kekompakan Keluarga Alumni Fapet Unsoed yang selalu rutin setiap bulan mengadakan kajian, dengan peserta dari berbagai daerah.

Dalam kesempatan ini Zubaidilah juga menguraikan tentang pentingnya manusia menjalin Hubungan dengan Allah dan hubungan dengan sesama manuasia.
"Itulah yang diajarkan oleh agama kita Islam. Jika hubungan dengan Allah Ta'ala kuat,  maka hubungan dengan manusia juga akan baik," jelasnya.

Kode "06050144342"

Dalam hal hubungan manusia dengan Tuhan,  Zubaidilah menyampaikan "resep" yang diberi nama berupa Kode dengan angka "06050144342"

O6 adalah Rukun Iman, yaitu harus kita amalkan. Yaitu beriman kepada Allah,  Malikat,  kitab kitab-Nya,  Rasul rosul-Nya,  hari akhir dan Qodho dan Qodar.

05 adalah Rukun Islam,  yaitu Syahadat,  sholat,  zakat,  puasa dan ibadah haji jika mampu.
"Kenapa rukun Islam, sholat nomor 2 padahal yang pertama dihisab adalah Sholat?"  Menjawab pertanyaan tersebut, Zubaidilah menegaskan bahwa Syahadat merupakan dasar setiap manusia utk memeluk Islam. Sebelum masuk Islam wajib untuk membaca Dua kalimah Syahadat.

01 Rukun Ihsan, Ihsan adalah seseorang yang menyembah Allah seolah-olah ia melihat-Nya, dan jika ia tidak mampu membayangkan melihat-Nya, maka orang tersebut membayangkan bahwa sesungguhnya Allah melihat perbuatannya

44342, adalah kode untuk melaksanakan sholat 5 waktu yaitu dzhuhur (4 rokaat),  Ashar (4 rakaat),  Magrib (3 rakaat),  Isha  (4 rakaat) dan Subuh (2 rakaat). Dan kode tersebut, bisa juga diganti dan lebih pas menjadi 43424 yaitu dimulai dari Ashar,  magrib,  Isha. Subuh dan dzuhur.

Orang yang selalu melaksanakan Sholat, akan berpengaruh dalam  kehidupan yaitu akan hidup tertib, rapih dan berjamaah (sosial).

Di akhir kajian,  seperti biasa ditutup dengan beberapa diskusi dan pertanyaan.  Diskusi internal Keluarga Alumni Fapet Unsoed diawali dengan Usaha untuk mengaktifkan kegiatan Kafapet Unsoed Wilayah Banten,  Pendaftaran Kartu Tanda Anggota Kafapet Unsoed,  dan sedikit "bedah buku" hasil karya Bambang Suharno (angkatan 85),  yaitu "Menggali Berlian di Kebun Sendiri.***

Penulis : Roni Fadilah
Foto : Roni Fadilah
Editor : Bambang Suharno
Share on Google Plus

About Bambang Suharno

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar