Bersatu Padu , Bergandeng Tangan, Membangun Persaudaraan Sejati

Official Theme Song "Generasi Soedirman", bikin gempar S3 2019




Sekitar Agustus dan September biasanya bulan yang tidak akan dilupakan bagi mahasiswa baru. Mengapa bisa begitu?. Sebagai mahasiswa baru, umumnya mereka memasuki lingkungan yang memang berbeda pada saat mereka masih SMA / SMK. Pertama-tama saat kehadiran mereka sebagai mahasiswa baru di kampus dan bahkan berlanjut pula pada hari-hari berikutnya, mereka mulai dikenalkan bermacam-macam kegiatan yang tak akan dilupakan. Salah satunya kegiatan mahasiswa baru yang sudah berlangsung di Unsoed yakni Soedirman Student Summit (S3) merupakan kegiatan penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed). Pada S3 tahun 2019 ini, terdapat gebrakan baru yang dibuat oleh mahasiswa UNSOED, yaitu dengan merilis Official Theme Song yang berjudul "Generasi Soedirman". Lagu ini terinspirasi dari sosok Panglima Besar Jenderal Soedirman yang pemberani, tidak kenal lelah, dan pantang menyerah, ungkap Koordinator Sistem Unsoed Ir.Alief Einstein, M.Hum.
Menurut Menteri Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa BEM Unsoed Zaenab Nurul Jannah bahwa lagu Generasi Soedirman dinyanyikan oleh Astri Restuta Hutami Putri dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsoed. Zaenab yang merupakan mahasiswa Fakultas Peternakan Unsoed angkatan 2016 menambahkan bahwa untuk musiknya diaransemen oleh Ilham Islam Seran dari Fakultas Teknik Unsoed bersama Caesar Muhammad Naufal Abidangko dari Fakultas Pertanian Unsoed dan Fariz Affandi Bahtiar dari Fakultas Peternakan Unsoed.
Zaenab Nurul Jannah, Mahasiswi Fakultas Peternakan 2016



Selanjutnya pencipta lagu "Generasi Soedirman" Ilham mengungkapkan bahwa “Harapan kami dengan diciptakannya lagu ini dapat menumbuhkan jiwa panglima besar kita Jenderal Soedirman dalam diri mahasiswa Unsoed” ujar Ilham.

Kesan Astri terhadap lagu "Generasi Soedirman" : Astri sangat senang dan bangga ketika pertama kali mendengarkan lagu tersebut, karena lagu tersebut merupakan ciptaan dari mahasiswa Unsoed. Astri merasa lagu tersebut merupakan lagu yang sangat bagus karena instrumen pada lagu tersebut terdapat perpaduan antara musik tradisional dan modern, yang menurut Astri lagu-lagu seperti model ini banyak disukai oleh penikmat musik zaman sekarang. Lirik dan nadanya pun sederhana sehingga mudah diingat ketika menyanyikan lagu tersebut.
Usai menyanyikan lagu "Generasi Soedirman", Astri berharap semoga apa yang dikumandangkan mahasiswa baru melalui lagu tersebut bisa memberikan tuntunan bagi kita semua untuk  melangkah sesuai dengan norma dan etika dari Panglima Besar Jenderal Soedirman.
Pesan Astri kepada mahasiswa baru Unsoed tahun 2019 di antaranya karena kita kuliah di UNSOED, dimana Panglima Besar Jenderal Soedirman yang menjadi icon (logo) universitas maka kita harus mengetahui sekaligus menjalankan pesan- pesan dari Panglima Besar Jenderal Soedirman seperti lirik pada lagu "Generasi Soedirman" yaitu maju terus, tak kenal lelah, pantang menyerah dan berani. Jangan pernah takut untuk mencoba sesuatu yang baru, karena kita bisa jika kita mau untuk mencoba dan terus berusaha. Tetap semangat dan selamat untuk berproses.
Adapun Astri mulai latihan menyanyi kurang lebih umur 12 tahun saat SD. Kata Astri : dulu ada sebuah acara televisi mengenal ajang pencarian bakat menyanyi. Entah kenapa Astri sangat suka  meniru gaya peserta tersebut saat menyanyi di TV, hingga Astri mencoba praktik di depan cermin sambil bernyanyi. Sejak saat itulah Astri jadi suka dan tertarik dengan musik serta menyanyi. Di keluarga Astri, hanya bapaknya saja yang sering menyanyi dan bermain musik.

Lirik lagu Generasi Soedirman :

Melangkah pasti mencapai tujuan
Meski ku tahu ini tak akan mudah
Tetap melangkah lawan perubahan
Maju terus tak kenal lelah pantang menyerah dan berani
berusaha memberikan yang terbaik
Maju terus tak kenal lelah pantang menyerah dan berani
berusaha memberikan yang terbaik
Menjadi generasi
Generasi bangsa
Generasi Soedirman.

Berikut beberapa profil dari pencipta lagu Generasi Soedirman yang apik didengarkan saat momen Soedirman Student Summit (S3).
Astri Restuta Hutami Putri, Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis 2018 



Nama : Astri Restuta Hutami Putri
Tempat, tanggal lahir : Purwokerto, 15 Mei 2000
Alamat : Jl. Gg.Dukuh RT 01/03 Desa Kutasari,  Kec. Baturraden,  Kab.Banyumas,
Pendidikan :
SD N 2 Sokanegara (2006-2012),
SMP N 1 Purwokerto (2012-2015),
SMA N 1 Purwokerto (2015-2018)
Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsoed (2018),
Organisasi : Himpunan Mahasiswa Jurusan manajemen (HMJM)
Prestasi :
a. 5th Bali International Choir Festival kategori vocal group (Silver Medal level 9),
b. Festival Paduan Suara Gita Buana Soedirman th 2016 (Silver Medal),

Ilham Islam Seran, Mahasiswa Fakultas Teknik 2018 


Nama : Ilham Islam Seran
Stagename : Seránimo
Tempat, tanggal lahir : Kupang, 25 April 1999,
Alamat : Jl. Cendana 3 Blok B9 No.6 Bukit Asri Ciomas Indah, Bogor,
Pendidikan :
SDN Polisi 1 Bogor,
SMPN 2 Bogor, SMAN 9 Bogor,
Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Unsoed,
Organisasi :
Staff KOMINFO Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro,
Menteri Media Kreatif BEM UNSOED
Prestasi :
Pengaransemen musik untuk rekor MURI UNSOED 2019 “Menyanyikan Lagu Daerah Terbanyak oleh Kelompok Mahasiswa”.

Ke- kerenan dari S3 tahun 2019 ini adalah penghargaan yang diberikan oleh Rekor Muri Kepada Unsoed. Semangat buat kita semua untuk selalu berkreasi dan memberikan prestasi untuk almamater kita tercinta.




Share on Google Plus

About Kafapet unsoed

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Jika kesulitan posting komentar via hp harap menggunakan komputer