BERSATU PADU, BERGANDENG TANGAN, MEMBANGUN PERSAUDARAAN SEJATI (Mars Kafapet Unsoed)

Breaking News

ALUMNI FAPET UNSOED SUKSES PIMPIN SEMINAR NASIONAL PETERNAKAN DAN VETERINER

Wisri Puastuti sedang memukul gong pembukaan seminar
Jember, Kafapet-Unsoed.com. Wisri Puastuti, alumni Fapet Unsoed angkatan 1988 yang berkarir di Puslitbang Peternakan sukses menjadi Ketua Panitia  Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner  yang merupakan agenda nasional tahunan dari Pusat Penelitisan dan Pengembagan (Puslitbang) Peternakan, Badan Litbang Pertanian. Seminar yang digelar di Universitas Jember tanggal 15-17 Oktober 2019 lalu bertujuan untuk mempercepat penyebaran hasil-hasil penelitian dalam bidang peternakan dan veteriner, disamping sebagai sarana untuk bertukar informasi terkini.  Seminar mengangkat tema  “Teknologi Peternakan dan Veteriner Mendukung Kemandirian Pangan di Era Industri 4.0”.

Panitia dan pembicara seminar
Wisri mengatakan, sebanyak 102 makalah ilmiah para peneliti  berhasil lolos dari seleksi sejumlah 132 makalah masuk ke panitia.  Setelah dilakukan review makalah yang lolos diikutkan pada kegiatan ini dan dipresentasikan secara oral maupul poster pada dua hari seminar.  Peserta yang mengirim makalah berasal dari Aceh sampai Papua dengan penyumbang makalah terbanyak dari Universitas Diponegoro Semarang. Semua makalah yang sudah dipresentasikan akan dicetak  dalam Jurnal Ilmiah dan Proseding

Seminar diikuti oleh 175 peserta menghadirkan 5 pembicara utama, yaitu Dr. Haryono dengan topik Riset Peternakan Dalam Era Industri 4.0. Prof. Achmad Subagio dengan topik Hasil Penelitian Pakan Terkini Berbasis Bahan Pakan Lokal menuju riset Peternakan berbasis Industri 4.0. Prof Heather Burrow dengan judul Strategy Increasing Beef Cattle Production Under Dry Land Farming System. Ir. Paul Boon dengan topik Challenges on Cattle Breeding of smallholder farmer toward 4.0 Era dan Agus Sholehul Huda, S.Pt dengan topik Strategi pengembangan ternak domba.

Kemitraan Usaha Domba Kambing Menembus pasar Ekspor
Salah satu sesi seminar
Dalam seminar juga dilakukan penandatanganan MoU antara Badan Litbang Pertanian dengan Universitas Jember untuk menjalin hubungan kerjasama antara lembaga penelitian dan perguruan tinggi. Penandatanganan kerjasama ini dilakukan oleh Dr. Atien Priyanti, M.Sc yang mewakili Kepala Badan Litbang Pertanian dan Drs. Moh. Hasan, M.Sc., Ph.D, Rektor Universitas Jember.
Kerjasama ini merupakan bentuk sinergisitas antara Universitas dengan Badan Litbang Pertanian yang saling menguntungkan dengan memanfaatkan potensi masing-masing.

Melalui seminar dan MoU ini diharapkan bidang penelitian IPTEK Peternakan dan Veteriner semakin berkembang dan terintegrasi dengan bidang lain sehingga memberikan kemanfaatan ekonomi atau sosial. Teknologi peternakan dan veteriner dapat dimanfaatkan lebih optimal untuk mendukung kemandirian pangan di era industri 4.0 dan meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat.

Selain kegiatan seminar juga dilakukan Field Trip pada tanggal 17 Oktober dengan tujuan ke Taman Nasional Baluran dan Kawah Ijen, Jawa Timur.***


Penulis : Zanuar/Bams
Sumber : liputan Zanuar dan web Universitas Jember
Foto : Zanuar dan web Univ Jember

Tidak ada komentar

Jika kesulitan posting komentar via hp harap menggunakan komputer