Sekilas Sejarah Fapet Unsoed

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Nomor 275 tanggal 3 Desember 1965 tentang pembukaan (pendirian) Fakultas Peternakan Universitas Negeri Jenderal Soedirman, maka di Purwokerto pada tanggal 10 Februari 1966 dilakukan serah terima Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan Universitas Islam Indonesia (FKHP-UII) Yogyakarta Cabang Purwokerto kepada Universitas Negeri Jenderal Soedirman Purwokerto, yang masing-masing diwakili oleh Drs. Djarwoto Aminoto (Kuasa Dekan II FKHP-UII) dan Drh. R. Djanuar Pjs. Dekan Fakultas Peternakan Unsoed Purwokerto.

Dengan demikian secara resmi tanggal 10 Februari 1966 dinyatakan sebagai hari kelahiran Fakultas Peternakan Universitas Negeri Jenderal Soedirman Purwokerto.

Pada awal berdirinya lembaga Pendidikan Tinggi ini, dibina oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Bentuk binaan tersebut antara lain berupa : afiliasi penyelesaian studi S1, bantuan tenaga pengajar, sarana dan prasarana pendidikan, kegiatan purna sarjana (penataran, kursus singkat dan pencangkokan), penelitian bersama serta pendidikan Program Pascasarjana. Bantuan tenaga pengajar dari IPB dan UGM berhenti sejak pertengahan tahun 1970.

Fakultas Peternakan UNSOED diresmikan pendiriannya pada 10 Pebruari 1966 dengan fokus pada pengembangan sumberdaya peternakan dan kearifan lokal secara berkelanjutan, melalui penguasaan sains produksi, nutrisi dan pakan, sosial ekonomi serta teknologi peternakan.

Seiring dengan kebutuhan masyarakat akan tenaga trampil (siap pakai) maka pada tahun 1982 Fakultas Peternakan Unsoed membuka program Diploma Produksi Ternak Unggas dan Perah (DIII-PTUP) yang pada tahun 1999 berubah menjadi Program Studi Diploma Tiga Budidaya Ternak. Fakultas Peternakan menyelenggarakan empat program studi yaitu:

  1. Program Diploma Tiga (D3) Program Studi Produksi Ternak;
  2. Program Sarjana  (S1) Program Studi Peternakan;
  3. Program Studi Magister (S2) Program Studi Ilmu Peternakan;
  4. Program Studi Doktor (S3) Program Studi Ilmu Peternakan.

Fakultas Peternakan UNSOED berkomitmen mencetak Ahli Madya, Sarjana, Magister, dan Doktor Peternakan yang handal dan mandiri yang mampu menciptakan dan mendapatkan pekerjaan dibidang peternakan, serta membantu dalam menggapai harapan untuk mewujudkan masa depan yang gemilang.

Kini memasuki usia 54 tahun, Fapet Unsoed sudah menghasilkan ribuan alumni dan semakin banyak kiprahnya di dunia peternakan maupun bidang lainnya  Alumni Fapet Unsoed menyebar di seluruh wilayah Indonesia dan di luar negeri, di lembaga swasta, PNS, politisi, Pejabat, Peneliti, dosen, pengusaha dan sebagainya. Beberapa di antara alumni yang cukup di kenal antara lain Prof Mulyoto (salah satu ilmuwan yang berpengaruh, guru besar Monash University), Dr Riwantoro (Sekretarias Badan Ketahanan Pangan), Kemal Mahfud (Kepala BBPP, Lembang), Tri Harsi (Kepala BIB Lembang), Hernani Da Silva (Mantan Menteri Luar Negeri dan Menteri Perminyakan Timor Leste), Prof Ahmad Sodik (Rektor UNU dan Wakil Rektor Unsoed) dan sebagainya.

Keluarga Alumni Fapet Unsoed juga dikenal sebagai organisasi alumni yang paling aktif dengan berbagai kegiatannya mulai Kajian Bulanan, Temu Alumni Tahunan, Reuni per angkatan, Sarasehan Peternakan, Diskusi Sabtu Pagi dan berbagai kegiatan lainnya.

Para alumni Fapet Unsoed dikenal sebagai alumni yang tangguh, siap mengabdi di area yang sulit dan berkarya dengan sepenuh jiwa, mengamalkan spirit Jenderal Soedirman.

Selamat Ulang Tahun Fapet Unsoed ke 54 pada 10 Februari 2020. Semoga semakin banyak karyanya untuk negeri tercinta.

Penulis : Bams, adaptasi dari unsoed.ac.id
Foto: istimewa

Posting Komentar

0 Komentar