Breaking News

Balik Kandang untuk Berbagi Pengalaman Jurnalistik



Farid Dimyati (alumni angkatan 2009 dan Prof. Ismoyowati (Dekan Fapet Unsoed) saat acara workshop penulisan berita di Fapet Unsoed, Senin (11/11/2019).

Kafapet Unsoed, Purwokerto - Publikasi kegiatan menjadi hal yang sangat penting dalam meningkatkan citra sebuah instansi maupun organisasi. Apalagi di era keterbukaan seperti sekarang, semua orang dengan mudah mendapatkan sebuah informasi hanya melalui sentuhan layar ponsel. Hal itu yang mendorong Fakultas Peternakan Unsoed mengadakan workshop penulisan berita berbasis website.

Prof. Dr. Ismoyowati, S.Pt.,MP, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan penulisan berita secara digital sangat penting diadakan agar civitas akademik di lingkungan Fapet Unsoed mampu memberitakan kegiatannya untuk diketahui oleh masyarakat luas. Selain itu, peserta yang mengikuti workshop ini juga diharapkan akan memahami paling tidak kaidah-kaidah jurnalistik dasar.

“Harapannya, dengan adanya workshop mengenai penulisan berita seperti ini, nantinya baik dosen, tenaga kependidikan, maupun mahasiswa akan memiliki keterampilan dan mampu membuat tulisan berita yang bisa dipublikasikan melalui website resmi kampus maupun disebar ke berbagai media massa,” ujarnya di ruang seminar 1 Fakultas Peternakan Unsoed, Senin (11/11/2019).

Pada kesempatan tersebut, hadir sebagai narasumber yakni Farid Dimyati, S.Pt yang merupakan Redaktur Pelaksana Majalah Poultry Indonesia. Dalam paparannya, ia menjelaskan bahwa aktivitas jurnalistik dimulai sejak pengumpulan bahan berita, penulisan berita, penyuntingan naskah berita dan penyebarluasan berita melalui media. 

“Pada dasarnya setiap orang memiliki kemampuan menulis, hanya saja yang membuat tulisan tersebut menjadi enak dibaca atau tidak adalah soal jam terbang. Aktivitas menulis dan membaca merupakan hal yang berkaitan, oleh karena itu, menjadi pewarta yang baik akan senantiasa membaca karya orang lain untuk menjadi referensi agar tulisannya juga menjadi lebih baik,” ungkap alumni Fapet Unsoed angkatan 2009 ini.

Kegiatan yang dilaksanakan sejak pagi hingga sore hari ini diawali dengan pemaparan materi seputar jurnalisitik oleh narasumber, kemudian dilanjutkan dengan diskusi, terjun langsung untuk peliputan, penulisan naskah hingga pemaparan hasil tulisan dari masing-masing peserta yang dilangsung dipandu oleh Farid Dimyati selaku narasumber workshop. (Frd)

2 komentar:

Jika kesulitan posting komentar via hp harap menggunakan komputer