Seri Pertama Workshop E-commerce Hasilkan Toko Online




Peserta Online Workshop
Kafapet-unsoed.com, Jakarta – Keluarga Alumni Fakultas Peternakan Unsoed sukses menggelar seri pertama dari serangkaian Online Workshop. Kafapet Unsoed menggandeng Al-IslamTV menghadirkan pemateri Dr.Nurul Hidayat (alumni Fapet Unsoed angkatan 92, doktor bidang IT dan Dosen Jurusan Informatika Fakultas Teknik Unsoed). Kegiatan berlangsung pada Sabtu, 4 Juni 2020 via zoom. Workshop berjalan dengan lancar. Peserta terlihat dapat menerima materi dengan baik. 

          Peserta kegiatan Online Workshop berjumlah 40 orang. Mereka berasal dari berbagai kalangan, ada yang masih mahasiswa, ada alumni angkatan 2000an, 90an bahkan 80an dan diikuti juga oleh kerabat-kerabat alumni Fakultas Peternakan Unsoed. Asal daerah pun bermacam-macam seperti  Jabodetabek, Semarang, Purwokerto, Sumatera bahkan Papua. 

Kegiatan dimulai dengan sambutan Ketua Panitia Fajar Hidayat (Fapet angkatan 2013). Ketua Panitia menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas segala dukungan dari para pengurus Kafapet Unsoed sehingga  kegiatan ini bisa berjalan lancar. Ia mengingatkan bahwa sesi kedua akan dilaksanakan pada tanggal 11 juli 2020 pukul 09.00 WIB.
Roni Fadilah Ketua Kafapet Unsoed Wilayah Jabodetabeksuci menyampaikan maksud dari penyelenggaraan Online Workshop. "Kegiatan ini bertujuan memberikan keterampilan penggunaaan media online dalam melakukan kegiatan bisnis untuk keluarga alumni Fapet Unsoed, “ujarnya


Puji owner kaos Ngapak
 Pada pertengahan penyampaian materi, pembicara menghadirkan Puji, seorang anak muda pemilik usaha di Grendeng. Ia memaparkan succes story atas usahanya yaitu Kaos Ngapak. Puji mengungkapkan dalam hal merambah pasar melalui media online, ia mendapat bimbingan Dr. Nurul Hidayat. Kehadiran Puji dalam worskhop membantu memotivasi semangat para peserta.

"Bisnis yang sukses adalah bisnis yang dilakukan," ujar Puji.
Selain itu pembicara juga menemukan bahwa ternyata di antara para peserta juga sudah ada pengusaha yang memiliki toko online.
Heni, pemilik toko online yang merupakan alumni Fapet Unsoed 92 tersebut, juga mengungkapkan succes story-nya. Ia menyampaikan bagaimana perjalanan membangun www.tokohade.com.



Dr. Nurul Hidayat
Pada bagian akhir pemberian materi, pembicara mengajak peserta workshop praktik membuka toko online.  Dr.Nurul Hidayat membimbing peserta tahap demi tahap membuka toko online pada sebuah platform. Pembuatan web atau toko online peserta ini memang output seri pertama. Penugasan juga diberikan kepada peserta untuk mengetahui seberapa jauh langkah peserta dalam memulai bisnis melalui media online dan tentunya dimonitor langsung oleh pemateri. Pemateri pun berkenan untuk dimintai konsultasi oleh peserta melalui group Whats App yang sudah tersedia.


Penulis dan Foto : Fajar

Posting Komentar

0 Komentar