Kuliah Umum : the Series #1. Chicken Psychology and Physiology di Universitas Sulawesi Barat.

Peserta Kuliah Umum
  
    Senin, Tgl 21 November 2020, pukul 14.30-16.30, telah dilaksanakan acara kuliah umum via Zoom Meeting Mahasiswa Fakultas Peternakan dan Perikanan (Fapetkan), Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) dengan pembicara Ir Roni Fadilah, SE dari PT New Hope Indonesia, sekaligus merupakan Keluarga Alumni Fapet Unsoed (Kafapet Unsoed). Topik yang dibawakan tentang "Chicken Psychology dan Physiology"  pada Mata Kuliah Ilmu Ternak Unggas dan Manajemen Ternak Unggas. Peserta kuliah umum diikuti lebih dari 70 peserta yang terdiri dari Mahasiswa, Dosen, Kafapet Unsoed, perwakilan dari NHI, serta diikuti oleh  alumni dari Fapetkan Unsulbar yang sudah bekerja sebagai Manajer Farm di Perusahaan Peternakan ayam PT Cahaya Mario Kabupaten Sidrap Sulawesi Selatan.

Kuliah umum ini diinisiasi Lilis Ambarwati, S.Pt, MP salah satu Dosen dari Fapetkan Unsulbar, Kota Majene, Sulawesi Barat. Permohonan untuk jadi Pembicara diajukan oleh Koordinator Program Studi Peternakan Dr Setiawan Putra Syah, S.Pt, M.Si.

    





Kuliah Umum dibuka oleh Lilis Ambarwati sebagai koordinator acara Kuliah Umum, dengan membacakan Curriculum Vitae Pembicara, dan dilanjutkan sambutan dari Dekan Fakultas Peternakan dan Perikanan (Fapetkan), Unsulbar yang diwakili oleh Sulmiyati Safar, S.Pt, MP., Ketua Gugus Penjaminan Mutu (GPM) Fakultas Peternakan dan Perikanan. Dalam sambutannya, Sulmiyati mengatakan, "Kami sangat mengapresiasi terselenggaranya Kuliah Umum ini, dengan pembicara langsung dari orang yang Profesional di bidangnya, diharapkan para mahasiswa banyak menimba ilmu dalam acara kuliah umum ini, dan bisa dijadikan tambahan wawasan di bidang perunggasan".

    Roni Fadilah sebagai pembicara, langsung membuka perkuliahnya dengan terlebih dahulu memaparkan 6 (enam) harapan tujuan dari perkuliahan ini, yaitu :
1. Menambah Wawasan/Pengetahuan (Knowledge)
2. Pemahaman (Comprehention)
3. Kemampuan menganalisa (Analysis)
4. Melakukan Penilaian (Evaluation)
5. Menentukan solusi (Solution)
6. Diterapkan (Application)


Setelah itu, Roni Fadilah memaparkan secara runut satu persatu di mulai dari apa itu Chicken Psychology dan Physiology, memaparkan tentang ayam, dan manfa'at dari kedua ilmu tersebut.
 

  "Ayam itu sangat Cerdas dan punya Perasaan", ujar Roni. "Oleh karena itu, kunci sukses untuk bergelut dibidang perunggasan, haruslah paham tentang "Pikiran" (mind) dan "Tingkah laku" (Behavior) ayam", tambahnya. Secara Psychology ayam itu memiliki sensor di seluruh permukaan tubuhnya (Sensorik), Emosi (Emotion), Tingkah laku (Behavior) dan kemampuan berpikir (Intellegent).

 

  Dari mempelajari Chicken Psychology ini, kita bisa meramal apa yang terjadi pada tubuh ayam (Chicken Physiology), dan lebih lanjut dalam uraiannya ternyata strain ayam yang sekarang dibudidayakan adalah ayam dengan genetik modern hasil dari seleksi sifat genetik yang ketat, sehingga bisa menghasilkan produksi daging maupun telur yang optimum.

   
Dalam Kuliah Umum ini. diberi kesempatan untuk berdiskusi, yang tentu tidak disia-siakan oleh Mahasiswa. Tercatat beberapa mahasiswa mengajukan pertanyaan yang kritis. 

 Mukhlan mengutarakan "Kenapa saat ayam posisi day old chicken (DOC) sering mengantuk?" Roni menjelaskan "DOC mengantuk dipengaruhi banyak faktor, hal yang perlu dicek yang pertama kualitas DOC kemudian cek kondisi lingkungan (MILEU), saat DOC kita harus membuat ayam merasa nyaman dalam suhu 32 C dalam kelembaban 50-60%. Ayam yang kedinginan cenderung berkumpul dan malas untuk bergerak sehingga feed intake (FI) tidak tercapai dan performa tidak maksimal".

Hal menarik dilayangkan Nasrullah perihal sirkulasi udara kandang close house system dan open house system. menurut Roni "pencapaian performa ayam tetap sangat dipengaruhi oleh sumber daya manusia (SDM) yang mengelola, ketika menggunakan kandang CH akan tetapi SDM tidak menunjang maka perlu hati-hati dengan wind chill effect yang justru ketika masa brooding menyebabkan ayam kedinginan dan dapat mengganggu performa, di lapangan tim New Hope Indonesia selalu melakukan observasi kebutuhan udara, pengukuran suhu lingkungan, suhu tubuh ayam serta heat stress indeks guna menjaga ayam dalam kondisi nyaman."

Nurqholis menceritakan sebuah kasus pada ayam saat adanya pohon tumbang produksi telurnya turun. "hal ini dipengaruhi oleh sensor dari ayam yang menstimulus ke otak kecil dan tersekresinya hormon stress pada ayam (ACTH) dan tentu akan mengganggu produktifitas ayam terganggu" tutur Roni. Ardam menambahkan kondisi ayam terkena stress apakah bisa menyebabkan kematian? Roni menjabarkan bahwa "ketika kondisi psikis ayam terganggu maka, secara fisiologi fungsi dari organ pada ayam mengalami kinerja yang tidak optimal dan jangka panjang jika masalah tersebut tidak segera diatasi bisa menyebabkan kematian."


    Diakhir perkuliahannya, Roni memberikan suatu kesimpulan bahwa dengan mempelajari Chicken Phychology dan Psysiology diharapkan mahasiswa bisa berpikir kritis (Critical Thinking) terhadap setiap permasalahan yang dihadapi di usaha budi daya perunggasan.

Ibu Lilis Ambarwati, S.Pt, MP dalam penutupan acara Perkuliahan Umum menyampaikan, "Acara perkuliahan ini akan terus berlanjut dalam beberapa series, diharapkan para mahasiswa bisa bertambah wawasannya dibidang perunggasan".



Penulis     : Fajar dan Roni
Foto        : Roni dan Lilis

Posting Komentar

0 Komentar