EDISI KHUSUS ULTAH FAPET KE-55: DARI CALIFORNIA, AGUSTIAN SAMPAIKAN KEBANGGAAN SEBAGAI ALUMNI

Menyambut Ultah Fapet Unsoed ke-55, redaksi
Kafapet-Unsoed.com masih melanjutkan Edisi Khusus Ultah. Kali ini redaksi berhasil menghubungi  Agustian Tjokro, Alumni Fapet Unsoed angkatan 1983 yang sekarang tinggal di Los Angeles, negara bagian California USA. Ia  mengirimkan kesan dan kenangan sebagai alumni Fapet Unsoed. Berikut penuturan lengkapnya:

"Fapet Unsoed Sejarah Terpenting Dalam Hidup Saya"

Terima kasih untuk kesempatannya yang diberikan kepada saya untuk dapat  berpartisipasi dalam Dies Natalis Fapet Unsoed ke 55.

Sebenarnya, Saya tidaklah lebih baik dari rekan lainnya yang lebih layak dalah hal ini.

Diawali pengalaman 4 tahun menjalani hidup di Purwokerto dan menuntut ilmu di Fapet Unsoed, dan 33 tahun setelah meninggalkan kampus tercinta untuk kembali ke Jakarta. Lalu pertengahan 1999 hingga sekarang saya tinggal di California AS, di pinggiran kota Los Angeles.   

Harus  saya akui di Fapet Unsoed merupakan sejarah terpenting dari hidup saya dimana seorang anak kost di desa sumapir mendapat ilmu  sangat lengkap dari Fapet Unsoed seperti socioeconomic, Statistik, Experimental design, disamping science dalam hal peternakan itu sendiri.

Peradaban kehidupan manusia berkembang sangat cepat berlipat secara eksponensial terutama  teknologi informatika (Internet dan proses komputasi). 

Adalah keberuntungan tersendiri untuk adik-adik kita sekarang untuk mendapat lebih ilmu apa saja yang terkait maupun tidak dengan Peternakan secara cepat dan instan.

Alumni angkatan 83 dalam sebuah acara

Pengalaman saya untuk mendapat referensi paper, dengan harus pergi ke perpustakaan pinjam buku and fotocopy, terkadang harus menjilat halaman  yg sudah kumel (wow jilat di jaman sebelum ada Covid jangan-jangan DNA saya masih ada di buku perpustakaan). Ini sangat  memerlukan waktu dan belum lagi melawan kemalasan. Dijaman saya dulu, www Internet belum ada walaupun di Jakarta.

Perbandingan di atas menjadikan generasi mahasiswa sekarang  akan menjadi lebih unggul dari kita-kita dalam hal menyerap Ilmu dan Informasi.

Belajar sebagai Mahasiswa buat saya yang beruntung diberi kesehatan.  Waktu menjadi mahasiswa adalah untuk  mengasah daya nalar dalam  menyelesaikan segala hal dengan sebaik-baiknya sesuai  kaidah keilmuan.

Belajar disiplin adalah hal terpenting. termasuk menjaga konsistensi. Itu juga saya dapat di saat kuliah Unsoed.

Oya... yang saya maksud yang ikut menyumbang sebagai bekal kelak adalah dulu ada acara yang disebut SEMIBAMA, gantinya masa "perploncoan kampus" dan LATDASMIL (Latihan Dasar Militer) yang khas UNSOED .  Sekarang masih ada nggak tuh..

Singkatnya, jangan berkecil hati untuk besaing dalam hal keilmuan. 

Sukses 55 tahun Fapet Unsoed 

Sukses juga buat semuanya, khususnya rekan rekan saya angkatan 83 yang menempati tempat tersendiri di hati saya sebagai teman seperjuangan yang takkan terlupakan.

Pesan dari saya

"Kehilangan uang, bisa kita dapat kembali nanti, sedangkan kehilangan waktu adalah kehilangan abadi. Gunakan teknologi informasi dengan bijak untuk mempermudah cara hidup kita, dan membantu masyarakat secara umum.

Main game/bersosial media hanya buat hiburan sesekali. Jika kecanggihan teknologi hanya dibuat untuk main game , itu adalah tindakan sangat sia sia,  sangat disayangkan mesin komputer hanya dipakai hanya untuk main game/sosmed. (kecuali game dan sosmed sebagai sumber pendapatan).  

Wassalam

Agustian Tjokro (Angkatan 1983) 
Pasadena CA USA Feb 10 2021, waktu USA

Penulis : Roni Fadilah
Foto : istimewa 
Editor : Bams


Posting Komentar

0 Komentar