Dua Alumnus Fapet Unsoed Dapat Penghargaan Nasional

Kepala BLU Balai Inseminasi Buatan Lembang Ir.Tri Harsi,MP.
dan Kepala BBPPMPV Pertanian Cianjur Dr.Ir.Ruli Basuni,MP.

    Dua alumnus Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) yang berkarya dalam bidang pelayanan publik mendapat penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo. Alumni tersebut adalah Dr. Ir. Ruli Basuni, Mp yang merupakan angkatan tahun masuk 1983 dan Ir.Tri Harsi,MP yang merupakan angkatan tahun masuk 1984. Ruli adalah Kepala Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Pertanian Cianjur. Sementara Tri Harsi adalah Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Balai Inseminasi Buatan (BIB) Lembang. Kedua lembaga tersebut berada di provinsi Jawa Barat. Penghargaan berlangsung di Jakarta pada Selasa, 9 Maret 2021.

    Menurut Humas Dies Natalis ke-54 Fakultas Peternakan Unsoed Ir. Alief Einstein, M.Hum., Tri Harsi tidak menyangka bahwa dirinya hari itu akan bertemu kakak tingkat di Fakultas Peternakan Unsoed. “Tri Harsi merasa surprise dan bahagia,” begitu release yang dikirim Alief Enstein.

    Lembaga yang dipimpin Tri Harsi BIB Lembang mendapat predikat Sangat Baik (A-) sementara lembaga yang dipimpin Ruli Basuni BBPPMPV Pertanian Cianjur mendapat predikat Prima (A).

    

Kepala BLU Balai Inseminasi Buatan Lembang
Ir.Tri Harsi,MP.
Tri Harsi menyampaikan beberapa hal terkait dengan layanan publik dan capaian prestasi yang ia raih. Sejak 9 Maret 2020 BIB Lembang menjadi Badan Layanan Umum (BLU). Dengan menjadi BLU, BIB Lembang mengembangkan layanan di semua sektor seperti produk ber-SNI, media sosial yang mudah diakses, sarana dan prasarana untuk pengunjung, termasuk pelanggan berkebutuhan khusus. Dalam prosesnya ada enam aspek yang dinilai dalam pelayanan publik yaitu, kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi pelayanan.

    “Pencapaian ini tentu tidak mudah. Prosesnya panjang dan harus dilakukan secara terus menerus dengan melibatkan semua pihak. Baik institusi dengan dukungan SDM, sarana prasarananya dan pengguna layanan sebagi mitra,” ungkap Tri  Harsi.

    Menurut Tri Harsi, BIB Lembang menjadi satu-satunya lembaga yang mewakili Kementerian Pertanian. Pada tahun 2019 langsung mendapat kategori B (baik). Tahun 2021 ini mendapat kategori Sangat Baik (A-).

    “Penghargaan bukanlah tujuan utama, tapi lebih penting lagi adalah bagaimana proses memberi pelayanan kepada pengguna layanan itu berjalan secara baik dan hasil akhir tentu saja pelanggan menjadi puas,” tandas Tri Harsi.

  

Kepala BBPPMPV Pertanian Cianjur Dr.Ir.Ruli Basuni,MP.
 Sementara itu Ruli Basuni menjelaskan bahwa penghargaan yang diperoleh bertepatan dengan milad BBPPMPV Pertanian Cianjur yang ke-30. “Ini kado terindah sebagai Lembaga Pelayanan Publik dengan  predikat/kategori Layanan Prima (A) mewakili Kemendikbud,” kata Ruli bangga.

    Sebelumnya, pada tahun 2020 BBPPMPV Pertanian Cianjur meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kementerian PANRB, kemudian Penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP). Tahun ini menyusul Penghargaan Pelayanan Publik mewakili Kemendikbud.

    Penghargaan untuk dua lembaga yang dipimpin oleh alumnus Fapet Unsode tersebut merupakan bagian dari sejumlah penghargaan yang diberikan oleh Kementerian PANRB.  Penghargaan ini merupakan hasil evaluasi tahun 2020. Unit penyelenggara pelayanan publik yang mendapat hasil evaluasi dengan predikat A (Pelayanan Prima) sebanyak 25 UPP, predikat A- (Sangat Baik) sebanyak 122 UPP, serta empat kepala daerah sebagai Pembina Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima.

    Sejumlah pejabat juga hadir dalam penerimaan penghargaan seperti Deputi Bidang Pelayanan Penanaman Modal Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Achmad Idrus, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Wali Kota Bandung Oded M Danial, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Wali Kota Pekanbaru Firdaus, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji.



Penulis         : Sutriyono

Foto             : Alief

Posting Komentar

0 Komentar