Kuliah Umum Mahasiswa Peternakan, FP UNILA Lampung : Aplikasi Ilmu “Chicken Psychology " di Lapangan


Keluarga Alumni Fapet (Kafapet) UNSOED senantiasa menebar kebaikan, terlebih saat bulan suci Ramadhan. Kali ini, Ir. Roni Fadilah S.E selaku ketua Kafapet Unsoed wilayah Jabodetabeksuci dan Marketing Service Manager PT New Hope Indonesia memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Lampung pada Sabtu, 17 April 2021.

Kuliah umum dipandu oleh Ir. Riyanti, MP. "Alhamdulillah akhirnya Kuliah Umum bersama praktisi perunggasan dan Penulis buku bisa terlaksana, dan Buku karya Roni Fadilah sering dipakai rujukan oleh para Mahasiswa Jurusan Peternakan Unila", kata Riyanti dalam sambutannya. dan suatu kerhomatan kuliah umum diikuti juga oleh Ir.Khaira Nova,MP dan Dian Septinova, S.Pt,  M.T.A, dosen Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Tercatat Mahasiswa yang hadir cukup banyak, yaitu hingga akhir sesi terpantau mencapai 120 peserta. Antusiasme mahasiswa pun patut diapresiasi, terbukti banyaknya mahasiswa yang aktif bertanya dan memberikan pendapat selama kuliah umum berlangsung.

"Jika kita ingin sukses di bidang perunggasan baik sebagai pengusaha atau bekerja sebagai insan perunggasan, maka harus memahami karakteristik ayam yang kita peliharan", ujar Roni dalam pembukaan kuliah umumnya. "Sebagai mahluk hidup, ayam akan menunjukkan sinyal-sinyal tertentu yang menunjukkan kondisi ayam saat itu, Sinyal tersebut harus bisa ditangkap dan dipahami oleh kita", tambahnya. Oleh karena itu, penting sekali memahami ilmu dasar terkait psikologi dan fisiologi ayam.

1. Psikologi ayam (Chicken Psychology)

Yaitu ilmu yang mempelajari tentang pikiran (mind) dan tingkah laku (Behavior) ayam. Tanpa disadari oleh kita, ternyata ayam memiliki kepintaran, perasaan, dan sifat sosial yang kompleks. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan memahami psikologi ayam (chicken phychology). Diantaranya yaitu mengetahui kondisi ayam dan lingkungannya, membantu pengambilan tindakan yang diperlukan dan meramalkan apa yang akan terjadi pada ayam ke depannya.

Secara ilmu psikologi ayam, ayam itu memiliki beberapa kelebihan diantaranya :

a. Sensorik

Seluruh tubuh ayam termasuk Kulit ayam memiliki alat sensor. Sensor tersebut mengandung reseptor terhadap suhu, tekanan dan rasa sakit. Adanya gangguan pada sistem sensorik ini, akan ditunjukkan ayam dalam bentuk perubahan tingkah laku (Behavior) ayam, seperti jika ayam kepanasan, kedinginan, kesakitan atau ayam dalam kondisi nyaman.


b. Emosi

Ayam memiliki emosi seperti halnya mahluk hidup lainnya. Emosi tersebut dapat mempengaruhi ayam lainnya. Oleh karena itu, penting sekali membuat suasana lingkungan (farm) yang nyaman untuk ayam supaya ayam pun senang.

c. Tingkah Laku

Sebagai mahluk sosial, ayam dapat berinteraksi dan mengenali satu sama lain. Bahkan mereka pun dapat membedakan ayam mana yang dominan dan lemah di dalam kelompoknya (hierarki antar individu).


d. Kecerdasan

Ayam dapat mengingat individu individu dan benda-benda di sekitarnya. Sehingga wajar jika ayam akan merespon berbeda terhadap operator kandang yang berbeda maupun peralatan yang berbeda pula.

Contoh penerapan chicken psychology di lapangan yaitu pengamatan ayam dan lingkungannya dari umum sampai khusus. Dalam suatu kandang, amati penampakan ayam secara umum → lalu amati secara individu → lalu amati secara fokus pada bagian tubuh ayam yang bermasalah. Salah satu indikator yang dapat menggambarkan kondisi ayam adalah mata. Ayam sehat memiliki mata bulat dan cerah, sedangkan ayam sakit memiliki mata sayu berbentuk “almond eye”.


Ciri-ciri ayam dalam kondisi nyaman yaitu aktif, ceria, responsif, makan dan minum, serta nampak gagah dan fit. Sedangkan jika ayam tidak nyaman, mereka akan menunjukkan sinyal perilaku sesuai masalah yang terjadi, misalnya bergerombol karena kedinginan atau megap-megap karena kepanasan.

2. Fisiologi Ayam (Chicken Physiology)

Yaitu ilmu yang mempelajari fungsi fisik, mekanik dan biokimia organ tubuh. Berbagai sistem yang dikaji pada fisiologi ayam diantaranya sistem pencernaan, pernafasan, kerangka, saraf, kekebalan dan lain-lain. 


psikologi dan fisiologi ayam berjalan beriringan. Dalam pemaparannya, lebih lanjut Roni memberikan  contoh kasus kondisi ayam dalam cekaman dingin. Kasus tersebut di atas untuk didiskusikan dan dibahas oleh mahasiswa. Antusiasme yang  sangat baik ditunjukkan oleh para mahasiswa. Fitriyani, Fath Hate dan Tina masing masing memberikan pendapat tentang ayam kedinginan dan menjelaskan kasus ayam tersebut. Vina menambahkan bahwa jika masalah tidak ditangani, maka pakan yang dikonsumsi akan digunakan untuk menghangatkan tubuh, bukan untuk pertumbuhan. Tak kalah antusiasnya, Arif dan Riyan pun menambahkan solusi yang harus dilakukan yaitu menyalakan heater, mengisi tempat pakan dan tempat minum.


Diskusi semakin menarik dengan munculnya pertanyaan dari para mahasiswa. Rian Hanafi bertanya “Ketika di kandang, ada ayam kanibal. Solusinya bagaimana?”. Kanibalisme merupakan kondisi psikis ayam yang dipengaruhi oleh kondisi lingkungan. Penyebabnya banyak faktor, diantaranya kondisi lingkungan yang kurang nyaman seperti ayam bergerombol, pakan kosong, intensitas cahaya berlebih (silau) dan kondisi panas. Teo Ahmad menanyakan terkait banyaknya ayam kecil saat brooding. Hal tersebut terjadi karena proses hiperplasia (perbanyakan sel) yang tidak optimal. Pertanyaan terakhir ditutup oleh Fath Hate mengenai “Jika ayam diberi pakan pellet dan menyisakan pakan bentuk butiran halus, bagaimana mempengaruhi ayam supaya mau makan?”. Jenis pakan ada butiran kecil (Fine Crumble), butiran (Crumble), pellet dan tepung (Mash). Jika bentuk pakan pellet tetapi banyak yang hancur, ini menyangkut kualitas tekstur pakan. Bagaimana butiran yang halus biar tetap bisa dimakan, Salah satu caranya yaitu mengumpulkan sisa pakan tersebut, kemudian menambahkan sedikit air, di aduk,  kemudian segera diberikan ke ayam.

Di akhir sesi, Riyanti menambahkan nasihat kepada para mahasiswa bahwa “Belajar ayam berarti belajar mahluk hidup. Istilah tidur di kandang itu bukan hanya pindah tempat tidur, tapi benar-benar cermat melihat kondisi ayam”. 

Disela Kuliah umum. Terungkap Kenangan lama sekitar tahun 1990an ternyata Ir Riyanti dan Roni Fadilah pernah  bekerja di perusahaan yang sama yaotu pembibitan ayam (Breeding Farm) Nasional ,  "kami berdua yaitu Ibu Riyanti Alumni Universitas Padjadjaran mantan Farm Manager Breeding Farm, sementara  saya sendiri  alumni Fapet Unsoed masih Fresh Graduate sebagai Supervisor Production di PT Galur Palasari Cobbindo", kenang Roni.

Kuliah umum diakhiri dengan sesi foto bersama. Salam hangat dan suskses selalu.


Penulis    : Amanda

Editor     : Roni

Foto       : Fajar

Posting Komentar

0 Komentar