MUSWILUB ISPI JATENG TETAPKAN "IGIE" HARIYANTA SEBAGAI KETUA


Ir. Ignasius Hariyanta Nugraha, M.Si
, alumnus Fapet Unsoed angkatan 1986  terpilih sebagai Ketua Pengurus Wilayah ISPI Jawa Tengah, dalam Musyawarah Wilayah Luar Biasa (Muswilub)  ISPI Jawa Tengah  yang berlangsung secara daring/online, Sabtu, 24 Juli 2021. Penetapan sebagai  Ketua Pengurus Wilayah ISPI Jawa Tengah dilakukan melalui musyawarah mufakat oleh tim Formatur yang dipilih oleh peserta.

Dikutip dari pb-ispi.org Muswilub  ISPI Jawa Tengah diikuti 47 orang yang memiliki hak suara, terdiri dari 35 orang yang merupakan representasi dari 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah, 12 Universitas dan Perguruan Tinggi yang memiliki Fakultas dan atau Prodi Peternakan, serta Peserta Peninjau. Pemilihan Ketua PW dan Dewan Pengawas dilaksanakan dengan 2 kali sidang.

Sidang Pertama dilakukan untuk penentuan dan pengusulan Formatur dan Dewan Pengawas, dimana kuota PC Jateng 01 Semarang Raya 5 Formatur dan 2 Dewan Pengawas, PC Jateng 02 Banyumas Raya 5 Formatur dan 2 Dewan Pengawas sedangkan PC Jateng 03 Solo Raya 3 Formatur dan 2 Dewan Pengawas. Penetapan kuota didasarkan pada jumlah Kab/Kota dan jumlah perguruan tinggi di setiap PC.

Sidang Kedua untuk menentukan Ketua PW dan Ketua Dewan Pengawas, dilakukan dengan musyawarah mufakat yang dibagi menjadi 2 ruangan (room). Room 1 diiukuti oleh 13 Formatur Calon Ketua PW. Pada akhirnya, seluruh Formatur mengusulkan Ir. Ignasius Hariyanta Nugraha, M.Si sebagai Ketua Formatur sekaligus Ketua Terpilih ISPI PW Jateng. Sedangkan Room 2 diikuti 4 orang Dewan Pengawas. Secara musyawarah mufakat, terpilih Prof. Dr. Ir. Widiyanto, SU., sebagai Ketua Dewan Pengawas ISPI PW Jateng.



Banyumas Raya ajukan 5 Formatur

Hery Supriadi, alumnus Fapet Unsoed yang berkarir di BPTU Baturaden kepada redaksi Kafapet-Unsoed.com menyampaikan rasa syukur dan bangga atas terpilihnya Ign Hariyanta  sebagai Ketua PW ISPI Jateng. Ia menyampaikan bulan Juni lalu, Banyumas Raya mengadakan rakor untuk menetapkan calon formatur. Disepakati  Banyumas Raya mengajukan 5 calon formatur yang merupakan representasi dari unsur wilayah dan akademisi yaitu :

- Pantura Barat: Brebes,  kab. Tegal, kota Tegal dipilih Hendri Adi Komara, SPt, MPt  dari Brebes

- Pantura Timur : Pemalang, kab. Pekalongan, kota Pekalongan  dipilih  Wismo Aditiyo , SPt, MT dari kota pekalongan.

- Banyumas Timur : Wonosobo, Banjarnegara, Purworejo, Kebumen dipilih Herrina Indri Hastuti, S.Pt.,M.Si dari Banjarnegara

- Banyumas Barat : Banyumas, Purbalingga, Cilacap dipilih Hery Supriadi, SPt, MPt  dari Banyumas

- Unsur Akademis / Perguruan Tinggi dari anggota perwakilan (Unsoed, Unwiku dan UNU) memilih 1 nama Formatur yaitu  Ir. Supranoto , MP dari Universitas Wijayakusuma Purwokerto

ISPI 2 Banyumas M    Mas Igie, Aktivis dan Seniman

Hariyanta yang di kalangan Kafapet Unsoed popuker dengan panggilan Mas Igie, lulus dari Fapet Unsoed tahun 1991. Selanjutnya , ia diterima menjadi Pegawai Negeri Sipil di Dinas Peternakan Provinsi Jawa Tengah mulai tahun 1992 hingga 2019. Karir sebagai PNS dilalui mulai dari staf bidang produksi, Kasie Pembibitan dan Budidaya Ternak Non Ruminansia, Kasubbag Program dan terakhir, menjadi Kepala Bidang Budidaya. Ia juga pernah dinobatkan sebagai Karyawan Teladan dan meraih berbagai prestasi bagi Disnak Keswan di Tingkat Nasional.

Sejak Juli 2019, pria kelahiran Klaten, Jawa Tengah pada 8 Oktober 1967 ini, mendapat penugasan baru sebagai Kepala Bidang Konsumsi dan Penganekaragaman Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah hingga Juli 2021. Selama periode tersebut, berhasil mengantarkan Jawa Tengah dalam menyabet 2 kali Penghargaan Nasional. Terhitung mulai 5 Juli 2021, ia dimutasi kembali sebagai Kepala Bidang Prasarana, Sarana dan Penyuluhan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah.

Pengalaman akademik dilalui mulai tahun 2001 dengan mendapatkan Beasiswa dari Bappenas di Magister Ekonomika Pembangunan (MEP) UGM, dan berhasil lulus cum laude serta menjadi lulusan terbaik MEP Angkatan XVI tahun 2003. Sedangkan untuk jenjang Diklat, ia mengikuti Diklat Administrasi Umum dan menjadi 5 peserta terbaik dengan predikat Memuaskan tahun 1996. Pada tahun 2014, mengikuti Jenjang Diklat Kepemimpinan Tingkat III Provinsi Jawa Tengah dan menjadi lulusan terbaik dengan predikat sangat memuaskan.

Disela-sela kesibukannya, Hariyanta mempunyai hobi menyanyi dan telah berhasil menyabet berbagai juara nyanyi, baik di lingkungan Provinsi Jawa Tengah maupun umum. Tak hanya itu, ia juga telah membuat lagu untuk menunjang tugas pokok fungsi yang diembannya. Beberapa lagu yang telah diciptakan, diantaranya: Jateng Sejahtera dan Berdikari, Sapi PO Kebumen, Mars Kafapet Unsoed, Indonesia Lumbung Pangan Dunia, Kenyang Gak Harus Nasi dan Pekarangan Pangan lestari. 

Pada hari Jadi Jateng tahun 2018, Igie juga mendapat penghargaan sbagai pencipta lagu "Kartu Tani". Lagu tersebut  secara resmi dibawakan oleh Kusmanifah (Fapet angkatan 82).

Selamat Mas Igie, semoga dapat menjalankan program kerja dengan sebaik- baiknya.***

Penulis: Bams
Foto: Hery 
Supriadi


Posting Komentar

0 Komentar