Pengurus Pusat Kafapet Unsoed Dilantik dalam Suasana Pandemi

Purwokerto, 21 Agustus 2021 – Setelah sukses menyelanggarakan Musyawarah Nasional V Keluarga Alumni Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman (Munas V Kafapet Unsoed) pada bulan Juni yang lalu, Ketua Umum terpilih beserta calon Pengurus Pusat Kafapet Unsoed Periode 2021-2026 dilantik pada hari ini, Sabtu (21/8/2021). Acara terselenggara secara hybrid yakni di Purwokerto, Jawa Tengah maupun melalui aplikasi Zoom Meeting.

Menurut Ketua Umum Kafapet Unsoed terpilih, Bambang Rijanto Japutra, pelantikan pengurus ini merupakan mandat dari Musyawarah Nasional sehingga harus segera terselenggara. Pria yang akrab disapa BRJ ini juga berujar, meskipun pelantikan masih dalam suasana pandemi, tetapi hal itu tidak menyurutkan semangat para panitia acara maupun calon pengurus untuk menghadiri acara pelantikan yang diselenggarakan secara hybrid.

“Karena masih ada kebijakan PPKM, acara luring dihadiri sangat terbatas dengan protokol ketat. Selebihnya para calon pengurus hadir secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting dari rumah masing-masing,” ujar ketua umum terpilih yang juga ketua umum periode sebelumnya ini.

Bambang Rijanto Japutra juga mengatakan bahwa kepengurusan yang akan dilantik merupakan representasi dari lintas angkatan dan wilayah. Sementara itu total pengurus yang akan dilantik berjumlah 34 orang dengan komposisi 10 persen dari angkatan 80-an, 40 persen angkatan 90-an dan 50 persen angkatan 2000-an, dengan calon pengurus termuda berasal dari angkatan 2015. Adapun latar belakang calon pengurus berasal dari beragam profesi, ada dari kalangan birokrat, praktisi, akademisi, industri, media, dan lain-lain.

“Setelah nanti dilantik, kami akan mengadakan Musyawarah Kerja (Musker) yang rencananya akan diselenggarakan pada bulan September 2021. Untuk mekanismenya apakah luring, hybrid, atau sepenuhnya daring akan dibahas kemudian karena kondisi juga masih pandemi,” katanya.

Dalam menjalankan roda organisasi ke depan, ada beberapa rencana prioritas program kerja seperti pembukaan wilayah/cabang baru di setiap kabupaten atau provinsi, program beasiswa alumni, serta pelatihan dan kuliah umum. Sejauh ini sudah terbentuk 17 Kafapet wilayah yang tersebar di seluruh Indonesia. Sementara untuk target kepengurusan sekarang akan membentuk 13 wilayah baru lagi sehingga nanti bisa mencapai 30 Kafapet wilayah.

Sementara itu untuk program kerja dari sisi keilmuan, Kafapet akan rutin mengadakan kuliah umum di kampus yang narasumbernya dari kalangan akademisi, praktisi peternakan, maupun dari industri. Program beasiswa alumni yang merupakan program rutin dari kepengurusan periode sebelumnya akan terus dilanjutkan karena sangat membantu adik-adik mahasiswa di kampus yang berprestasi tetapi berasal dari keluarga kurang mampu.

“Saya berharap dalam lima tahun masa kepengurusan nanti rekan-rekan pengurus tetap semangat untuk mengabdi kepada almamater, bangsa, dan negara kita tercinta. Melalui semangat gotong royong, saya yakin program kerja yang nanti diputuskan dalam Musyawarah Kerja bisa terlaksana dengan baik dan sukses,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Unsoed Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Kuat Puji Prayitno, SH.,M.Hum berujar bahwa pihak universitas merasa bangga dan mengucapkan syukur atas soliditas alumni peternakan di tengah kesibukannya masing-masing namun masih ingin terus berkontribusi kepada almamater.

“Alumni merupakan bagian keluarga besar Unsoed yang menjadi mitra pengembangan faksultas dan universitas untuk menjadi lebih baik lagi. Alumni mengambil peran dan sangat berkontribusi untuk kemajuan fakultas,” ujarnya.

Sementara itu, Dr. Ir. Triana Setyawardani, MP selaku Dekan Fakultas Peternakan Unsoed mengharapkan dukungan dari alumni untuk bersinergi, harmonis, dan kolabortaif dengan pihak kampus sehingga rencana kerja organisasi diharapkan bisa selaras dengan kebutuhan-kebutuhan tersebut.

“Pada program MBKM yang sudah dicanangkan oleh Kemendikbud, ada program magang. Disinilah peran alumni meberikan fasilitas kepada adik-adik mahasiswa untukmagang di industri di mana alumni tersebut berkiprah. Kami berharap untuk peran serta alumni lebih besar,” kata Triana.

Masih dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Keluarga Alumni Universitas Jenderal Soedirman, Drs. Astera Primanto Bhakti, M.Tax mengucapkan selamat kepada pengurus baru Kafapet Unsoed Periode 2021-2026. Menurutnya, menjadi pengurus alumni merupakan suatu kehormatan karena ada niatan untuk mengabdi kepada almamater dan alumni.


Penulis : Farid

Foto : Farid

 

Posting Komentar

1 Komentar

Jika kesulitan posting komentar via hp harap menggunakan komputer