Pentingnya Insinyur dan Profesionalisme di Bidang Peternakan

Webinar Saresehan Insinyur Peternakan dengan topik Pentingnya Insinyur dan Profesionalisme Di Bidang Peternakan diselenggarakan atas kerjasama Badan Kejuruan Teknik Peternakan Persatuan Insinyur Indonesia (BKT Peternakan PII) Universitas Gajah Mada dan  Perkumpulan Insinyur dan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI) telah dilakukan pada hari Sabtu tanggal 21 Agustus 2021 secara daring via Zoom Meeting.

Prof. Dr. Ir. Budi Guntoro, S. Pt, M. Sc, PhD, IPU, ASEAN Eng.

Saresehan dimulai dari jam 9.00 dan berakhir jam 12.00 WIB,  diikuti oleh 246 peserta dari berbagai Perguruan Tinggi, para Insinyur Profesional, berbagai Instansi dan calon Insinyur Profesional yang tersebar di seluruh Indonesia. Termasuk dari Kafapet Unsoed yang mengikuti acara ini Prof. Elly Tugiyanti, Dr. Aris Munandar, Rahmat Hidayat, S.Pt, IPM, Prof. Marsetyo dan Penulis sendiri. Webinar Saresehan ini dibawakan oleh Empat Narasumber yaitu :

1. Dr. Ir. Nasrullah, M.Sc, IPU, Dirjen PKH, "Pentingnya Peran Keinsinyuran di Subsektor Peternakan"

2. Ir. Didiek Purwanto, IPU, Ketum PB ISPI, "Kesetaraan Profesi dan Rekognisi Kewenangan di Dunia Kerja"

3. Prof. Dr. Ir. Ali Agus, DAA, DEA, IPU, ASEAN Eng, Ketua BKT Peternakan

4. Prof. Dr. Ir. Lellah Rahim, M. Sc, IPU, ASEAN Eng, Wakil Sekjen FPPTPI Wilayah Timur

Acara Wibinar Saresehan ini dipandu oleh Moderator Prof. Dr. Ir. Budi Guntoro, S. Pt, M. Sc, PhD, IPU, ASEAN Eng.

Dr. Ir. Nasrullah, M.Sc, IPU

Dalam paparannya, Nasrullah menyinggung peran penting Insinyur Peternakan yang bergerak di Industri Peternakan sebagai penyedia pangan terus berkontribusi positif terhadap perekonomian negara. Selama pandemi Covid-19, PDB Peternakan atas dasar harga konstan (2020) menunjukan grafik yang naik. Hal ini menunjukan makin sadarnya masyarakat tentang perlunya asupan gizi asal produk peternakan untuk ketahanan tubuh selama masa pandemi Covid-19.D

Didiek Purwanto, sebagai ketum PB ISPI menguatkan pendapat Sekjen PKH Nasrullah, bahwa sesuai dengan UU No 18 Jo No 41 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan menunjukan peranan penting Insinyur Peternakan dalam pengadaan :

1. Bubit, benih dan bakalan

2. Pakan ternak

3. Alat dan mesin peternakan

4. Budi daya peternakan

5. Panen, pasca panen, pemasaran, dan Industri pengolahan hasil peternakan

Ir. Didiek Purwanto, IPU


Ketua BKT Peternakan PII, Ali Agus menyorot tentang urgensinya Kewenangan Profesi Insinyur Peternakan yaitu  bertanggung jawab atas produksi pangan hasil ternak (daging, telur dan susu) yang ASUH dengan memperhatikan kesejahteraan ternak, kesejahteraan peternak dan keberlanjutan lingkungan hidup. Lebih lanjut Ali Agus menjelaskan bahwa Ipteks dan SDM dalam menyediakan produk pangan hasil ternak (daging, telur, susu) hampir semua diselenggarakan oleh Insinyur Peternakan.

Prof. Dr. Ir. Ali Agus, DAA, DEA, IPU, ASEAN Eng


Lellah Rohim, memaparkan pentinya Perguruan Tinggi untuk mencetak Insinyur Profesional, dari data yang ada, Insinyur Profesional masih sangat sedikit jumlahnya dibandingkan dengan Profesi lainnya. Landasan Hukum Perguruan Tinggi untuk menyelengkaran Program Studi Profesi Insinyur UU No 12 tahun 2012 tentang Pendidikan tinggi, Peraturan Presiden No.8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, UU No 11 tahun 2014 tentang keinsinyuran Indonesia, Permen Ristek Dikti tahun 2015 tentang Nasional Perguruan Tinggi, dan Peraturan Pemerintah No.25 tahun 2019 tentang peraturan pelaksanaan UU No 11 tahun 2014 tentang Keinsinyuran.

Setelah paparan 4 narasumber, dalam acara saresehan ini dilakukan tanya jawab dan diskusi, salah satu isu yang muncul adalah segera diakuinya Insinyur Profesional Teknik Peternakan dalam adminitrasi birokrasi kepegawaian, serta perlu terus melakukan loby ke pemerintahan. Kesimpulan penutup acara ini, Budi Guntoro sebagai moderator menyebutkan bahwa sudah saatnya Perguruan Tinggi untuk menyediakan Tenaga Kerja Insinyur Profesional, serta urgensinya segera diterbitkan kewenangan profesi Insinyur Peternakan.



Penulis  :Roni

Foto        : Roni

Editor    : Fajar

Posting Komentar

0 Komentar