Fapet Unsoed Mengundang Praktisi Memberikan Kuliah Umum untuk Mahasiswa


    
Kafapet-unsoed.com - Sabtu, 23 Oktober 2021 Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman mengadakan kuliah umum dengan dosen tamu Ir. Roni Fadilah, S.E IPU. Kegiatan ini merupakan salah satu kerjasama yang dilakukan Fakultas Peternakan Unsoed dengan PT New Hope Indonesia. Perkuliahan dimulai pukul 07.00 sampai 10.00 WIB yang dihadiri sekitar 60 peserta.


    Kerjasama ini diinisiasi oleh Prof. Ely Tugiyanti selaku dosen pengampu mata kuliah Manajemen Ternak Unggas dan Perkembangan Industri Perunggasan.Perkuliahan dilakun secara daring via zoom meeting. Roni membuka materi perkuliahan dengan menjelaskan perkembangan ayam dari tahun ke tahun hingga ayam modern saat ini. Untuk mencari 1 sifat genetik saja diperlukan waktu 4-5 tahun proses seleksi. "Ujar Roni"

    Kuliah berlangsung sangat interaktif pesertaa sangat antusias, terbukti saat pemateri melayangkan pertanyaan ke audiens mengapa ayam broiler modern perkembangannya sangat cepat? Tercatat beberapa peserta aktif menjawab. Mohamad Fajar Ma'ruf, Rener Fadillah dan Valentino Prrima Pambukti melayangkan pendapatnya dikarenakan adanya seleksi genetik yang ketat. Kemudian David Dwi Febrian menjelaskan tentang adanya dorongan permintaan produk sehingga produsen harus bisa memberikan hasil optimal. Sedangkan Adelia Dwi dan Iqbal Zulfahmi memberikan pendapatnya tentang adanya manajemen pemeliharaan yang baik dan terkontrol.


    Materi dilanjutkan kembali dengan membahas Chicken Psikology dan Chicken Physiology. Ayam memiliki kecerdasan yang luar biasa yang bisa mengenali wajah rekannya dan beraktifitas sesuai dengan kenyamanannya. Ketika ayam cenderung kedinginan maka ayam akan bergerombol kemudian jika kepanasan ayam akan panting. Contoh ayam memiliki kecerdasan adalah ayam bisa mengetahui bahwa di dalam nipple ada air yang digunakan untuk minum, dan waktu pengenalannya sangat singkat. "Ujar Roni".

    Peserta kembali memberikan pendapatnya, tercatat Lulu'u Wilda memberikan tanggapannya tentang adaptasi ayam dengan nipple. yang menarik datang dari Adelia Dwi Cahyani yang memberikan pertanyan terkait kondisi perkuliahan saat ini dengan sistem online bagaimana cara melatih skill kita dalam dunia petrnakan?


    Fajar memberikan pengalamannya saat menjadi mahasiswa yaitu melakukan magang di peternakan. Kegiatan ini dilakukan saat liburan kuliah, bersama organisasi mahasiswa HMPS yang menghimpun mahasiswa yang ingin magang dan dihubungkan dengan peternak di wilayah Barlingmascakeb. Untuk menjadi seorang ahli memang harus dilatih secara terus menerus "tambah Roni".

    Kuliah diakhiri  dengan foto bersama serta ucapan terima kasih dari Prof Ely kepada Narasumber dan PT New Hope Indonesia.




Penulis     : Fajar

Foto        : Fajar

Editor      : Roni


Posting Komentar

1 Komentar

Jika kesulitan posting komentar via hp harap menggunakan komputer