Kafapet Unsoed DIJ Berbagi 40 Ribu Telur dan Daging Ayam di Tujuh Wilayah


Bekasi, 9 Oktober 2021-Dalam rangka memperingati Hari Ayam dan Telur Nasional yang diperingati setiap tanggal 15 Oktober, Keluarga Alumni Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman Daerah Istimewa Jakarta, Bogor, Bekasi, Depok, Tangerang, Sukabumi dan Cianjur (Kafapet Unsoed DIJ) akan mengelar Gerakan Berbagi Telur di tujuh wilayah yaitu Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Sukabumi dan Cianjur (Jabodetabeksuci) dengan tema 'Tingkatkan Imunitas dan Kesehatan.' 

Kegiatan Sunatan Massal di Yayasan Sekolah Alam Tunas Mulia Bantar Gebang Bekasi tepatnya di Gedung Wing dan Aula Baru Yayasan Tunas Mulia dipilih sebagai titik awal dimulainya Gerakan Berbagi Telur dan Ayam, Sabtu (9/10). Pada kesempatan tersebut, dibagikan karkas ayam dan telur kepada 50 anak-anak peserta Sunatan Massal. 

Acara dimulai jam 07.00, Diawali dengan pembukaan yg dihadiri oleh pengurus Yayasan, Managemen Klinik Sapta Mitra,  team dokter dan peserta Khitan Kelompok Kesatu.  Setelah pembacaan doa yg dipimpin oleh Ustadz Usman Ismail dilanjutkan dgn proses Khitan oleh team dokter, diiringi pembacaan sholawat oleh Santri Tahfidz Alam Tunas Mulia.  Dari 50 peserta dibagi menjadi 5 kelompok,  masing2 10 anak. Bagi anak yg sdh selesai khitan mendapat,  Godybag,  Uang Saku ditambah Telur dan Karkas Ayam.

"Terimakasih kami ucapkan kepada Klinik/Rumah Khitan Sapta Mitra,  khususnya team dokter yg sudah bekerja dgn baik dan profesional,  sehingga proses khitan berjalan dgn lancar. Kami jg mengucapkan terima kasih kepada Team Gerakan Berbagi Telur dari kafapet DIJ. Ketua Kafapet DIJ Mas Yudhie Akhmadi, Pengurus DPO Mas Roni Fadilah beserta Istri ( Mba Kapti Hawandari ) serta Mas Deya.  Tak ketinggalan pula kami ucapkan terima kasih,  kepada team super repot yg menyiapkan tempat untuk khitan dan konsumsi untuk panitia yg dikomandani oleh Kang Nanang Kurnia dan  Ibu Nyai (Hj.  Widi Yanti )", ucap Nadam saat diwawancarai oleh kafapet-unsoed.com.

Selanjutnya gerakan ini akan diselenggarakan secara serentak di Tujuh Wilayah Jabodetabeksuci pada tanggal 15-22 Oktober 2021 dengan pelaksana kegiatan para alumni di masing-masing wilayah tersebut dan dilaksanakan di berbagai sekolah TK dan SD. 

Pentingnya meningkatkan imunitas dan kesehatan masyarakat khususnya anak-anak TK dan SD di wilayah Jabodetabeksuci menjadi latar belakang penyelenggaraan kegiatan ini. Selain itu, kepedulian terhadap perkembangan usaha peternakan terutama adalah usaha ternak telur ayam juga menjadi perhatian utama untuk menyelenggarakan kegiatan ini. 

"Dengan menyelenggaraan Gerakan ini, maka Kafapet DIJ ikut serta berpartisipasi menyerap over produksi telur,” kata Yudhi Akhmadi, Ketua Kafapet DIJ. 

Menurutnya, antusiasme para alumni sangat luar biasa dalam memberikan donasi untuk penyelenggaraan kegiatan ini, baik alumni yang berdomisili di wilayah Jabodetabeksuci maupun alumni Fakultas Peternakan Unsoed yang berdomisili di luar wilayah tersebut dan bahkan beberapa alumni yang berdomisili di luar negeri ikut serta berpartisipasi memberikan donasi yang dikampanyekan dengan ajakan Satu Alumni Minimal Satu Paket. 

Paket donasi yang ditawarkan adalah Rp25.000 per paket. Donasi yang telah terkumpul sampai dengan saat ini adalah 2078 paket. Kegiatan pengumpulan donasi ini akan berlangsung hingga tanggal 12 Oktober 2021 dan ditargetkan mencapai 2.500 paket. 

“Kami ikut serta membantu peternak ayam petelur dengan menyerap sekitar 2,5 ton atau sekitar 40.000 butir telur yang kemudian dibagikan kepada anak-anak TK dan SD," ujarnya. 

Sementara itu menurut Puji Astuti selaku Ketua penyelenggara kegiatan, alumni baik secara individu maupun secara angkatan perkuliahan sangat luar biasa tergerak berdonasi dalam kegiatan ini sehingga jumlah paket donasi yang awalnya ditargetkan terkumpul 1.000 paket kemudian bergerak menuju 2.500 paket. 

Oleh karena antusiasme yang luar biasa ini, panitia penyelenggara kegiatan ini memutuskan untuk memperluas sasaran penyerahan donasi ke Panti Asuhan dan Panti Jompo di tujuh wilayah. 

“Untuk penyerahan donasi telur kepada siswa TK dan SD akan kami lakukan dalam kemasan plastik mika sedangkan untuk penyerahan ke panti jompo akan dilakukan dalam bentuk peti telur. Khusus untuk guru sekolah dan penyerahan ke panti asuhan maupun panti jompo akan kami sertakan karkas ayam," ujarnya. 

Telur yang didonasikan dalam kegiatan ini merupakan produksi dari para peternak layer yang merupakan alumni dari Fakultas Peternakan Unsoed, sehingga gerakan ini juga turut serta mendorong perkembangan usaha ternak layer para alumni selain juga mengembangkan rasa kepedulian alumni terhadap masalah sosial masyarakat di era pandemi dalam hal imunitas dan kesehatan. 

  

Informasi Kegiatan : 

Ketua Panitia Kafapet DIJ Peduli 

Puji  Astuti  HP. 0812-9351-634




Penulis     : Yudhi

Foto        : Yudhi






Posting Komentar

1 Komentar

  1. Kegiatan positif yang patut ditiru semua instansi dan lembaga

    BalasHapus

Jika kesulitan posting komentar via hp harap menggunakan komputer