Keluarga Alumni Fapet Unsoed Bandung Raya-Fapet Unsoed, Antara Tracer Study, Kebersamaan dan Milenial


Kafapet-Unsoed.com–  Kebijakan Kampus Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) mewajibkan Pihak Perguruan Tinggi “mencari” dimana para alumni berada.  Dikenal dengan istilah tracer study, kegiatan ini menjadi salah satu indikator kinerja dan luaran dari Perguruan Tinggi. 

Tracer study berfungsi sebagai kegiatan untuk melakukan evaluasi relevans kurikulum.  Dekan Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman (Fapet Unsoed), Dr.Triana Setyawardani, S.Pt, MP menegaskan bahwa Tracer Study merupakan bagian dari penilaian akreditasi fakultas.  “Hal ini penting bagi kinerja fakultas dan dari semua itu dengan adanya data ini kita bisa memantau alumni dan bisa membuat kerjasama yang melibatikan alumni yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia,” sebut Dekan Fapet Unsoed yang juga bagian dari Keluarga Alumni Fapet Unsoed (Kafapet Unsoed).

Pada hari Sabtu (20/11) hingga Minggu (21/11) Kafapet Unsoed Bandung Raya (KBR) mendapat kunjungan dari Civitas Akademika Fapet Unsoed. Wakil Dekan Bidang Akademik, Novie Andri Setianto, S.Pt., M.Sc.Ph.D beserta dua staf pengajar yang lain yaitu Dr.Ir. Agus Susanto, M.Sc.Agr dan Nu’man Hidayat, S.Pt, M.Sc menjalin hubungan dan komunikasi yang lebih erat dengan KBR serta beberapa instansi bidang peternakan yang memungkinkan bisa dijalin komunikasi dan kerja sama di masa yang akan datang.

Civitas Akademika Fapet Unsoed mengawali kunjungannya ke Balai Inseminasi Buatan Lembang dengan didampingi oleh perwakilan KBR Carlita Farmasiana atau yang lebih dikenal dengan Teh Lita dan diterima oleh staf BIB Lembang yang juga alumni Fapet Unsoed yaitu Ali Kurniawan.


Kepala BIB Lembang, Tri Harsi yang saat itu sedang ada kegiatan lain menyambut dengan senang hati kunjungan tersebut.  Ke depan, upaya pengembangan usaha-usaha peternakan terus diupayakan dengan penguatan kerja sama dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM).  Lepas kunjungan ke BIB Lembang, Civitas Akademika Fapet Unsoed bersilaturahim ke Pengurus Koperasi Peternak Susu Bandung Utara (KPSBU) Lembang yang diterima oleh Sekretaris Umum Koperasi drh. Ramdhan Sobahi.


Kunjungan KPSBU Lembang bertujuan untuk menyerap informasi terkait manajemen pengelolaan koperasi sehingga bisa berkembang dan kemungkinan-kemungkinan bidang yang bisa dikerja samakan.  Rangkaian kunjungan silaturahim ditutup dengan pertemuan bersama KBR di Rumah Makan Raja Sunda Bandung.

Hal ini dilakukan untuk semakin mengakrabkan dan menghangatkan kebersamaan dan komunikasi antara keluarga Besar Fapet dengan Alumni serta alumni dengan alumni khususnya yang berada di wilayah Bandung Raya.

Novie dalam acara ramah tamah tersebut menyampaikan, "Kami sempat menyampaikan beberapa program kampus terkait MBKM terutama magang dan dosen dari industri.. beberapa kondisi terkini terkait fasilitas dab sarana terutama pembangunan eksfarm.   Dan menambat banyak masukan dr alumni terutama terkait bagaimana mencetak lulusan yang lebih kuat mental nya. Sambil bernostalgia kampus dulu". Lebih lanjut Novie menyampaikan ke Pengurus Kafapet Unsoed Bandung Raya , "Kami juga minta tolong untuk dibantu memonitor lulusan terutama lulusan 2019 dan 2020 agar bisa kami lacak", ujar Novie.

Hal senada disampaikan oleh Agus Susanto, salah satu Dosen perwakilan Civitas Akademika Fapet Unsoed, memaparkan dengan rinci tentang tujuan kunjungan ke Kafapet Bandung Raya,

1. Meningkatkan silaturahmi Fakultas dengan Alumni khususnya Kafapet Bandung Raya  yang sempat terhenti karena pandemi

2. Kegiatan kunjungan ke kantong kantong alumni diharapkan dapat memotivasi Kafapet wilayah lain

3. Kegiatan ini dapat memotivasi Alumni muda untuk tetap menjaga kekompakan sesama Alumni

4. Menjaring informasi dari Alumni melalui survey daring Tracer Study untuk kebutuhan monev kampus, penetapan capaian indikator kinerja utama (iku) dan untuk akreditasi fakultas.

Diakhir acara Agus menyampaikan, "Tim Fakultas menyampaikan terima kasih kepada Alumni wilayah Bandung Raya atas sambutannya yang super hangat", ujar Agus.

Agus Fakhrudin sebagai Ketua Kafapet Unsoed Bandung Raya menyampaikan, "Pertemuan ini sangat baik dan penuh kehangatan. kami pun minta support dari kampus terutama untuk membantu para alumni  milenial agar punya rasa percaya yang tinggi, bisa aktif di Kafapet, khususnya di KBR biar regenerasi kepengurusan tidak terputus".

Dalam pertemuan antara Civitas Akademika Fapet Unsoed dan KBR Ada catatan khusus dan perlu untuk ditindaklanjuti yaitu   Potensi Alumni Generasi Milenial perlu ditingkatkan lagi. Novie sebagai Pembantu Dekan Bidang Akademik mempunyai rencana ke depannya, "Saya akan coba rencanakan di struktur kegiatan rutin tentang sikap mahasiswa setelah menjadi Alumni.  Pembekalan ini tidak hanya dilakukan jelang yudisium saja", imbuh Novie.

Pertemuan dilanjut ramah tamah dan foto bersama, jalinan kebersamaan yang harmonis terpancar antara Kampus Fapet Unsoed dengan Alumni Fapet Unsoed.  Keluarga Alumni Fapet Unsoed Bandung Raya Pererat Silaturahim dengan Civitas Akademika Fapet Unsoed.  Hadir mendampingi Tim Fapet Unsoed : Agus Fakhrudin, Kus Pramono, Imron, Yani, Lukman, dan Carlita.






Penulis : Ali Kurniawan dan Nurtania Sudarmi

Foto : Agus Fakhrudin dan Ali Kurniawan

Editor : Roni Fadilah

Posting Komentar

0 Komentar