Kafapet Ciayumajakuning Sukses Gelar Kampanye Gizi dan Berbagi 9.000 Butir Telur di 4 Kabupaten


   Kafapet-Unsoed.com – Keluarga Alumni Fapet Unsoed Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan) sukses melaksanakan aksi kampanye gizi dan berbagi 9.000 butir telur. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 30-31 Oktober 2021. Dwi selaku ketua Kafapet Ciayumajakuning menyampaikan "Kampanye gizi dan berbagi telur ini kami lakukan di empat Wilayah yaitu  Cirebon, Indramayu, Majalengka Kuningan". Lebih lanjut Dwi menjelaskan,  "Target kampanye gizi yang dibarengi dengan pembagian telur adalah beberapa sekolah, pondok pesantren dan rumah dhuafa", ujar Dwi.

Penyerahan Telur Secara Simbolis dari Dekan Fakultas Peternakan Unsoed kepada Siswi TK Al-Bussaina

    Dwi Sulistyo Permadi sendiri, selain sebagai Ketua Kafapet Ciayumajakuning, juga bertindak sebagai Ketua Pelaksana kampanye gizi yang dengan Mengusung tema "Sehat dan Cerdas dengan Protein Hewani". Adapun kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pemenuhan gizi bagi tubuh terutama protein asal ternak. "Anak-anak sangat membutuhkan asupan gizi yang cukup, salah satunya protein hewani. Produk peternakan, salah satunya telur, bisa menjadi sumber protein hewani yang murah, mudah didapat dan disukai anak-anak", ujar Dwi saat memberikan sambutan di hadapan siswa dan orang tua.

Dwi Sulistio Permadi (Ketua Kafapet Ciayumajakuning)

Hari pertama (30/10) berlangsung kampanye gizi dan pembagian telur di dua lokasi yaitu :

1. Yayasan Kenza Al-Bussaina Majalengka (1.000 butir)

2. Pondok Pesantren Darul Qur'an Ash-Shiddiqy Cirebon (1.000 butir)

Pondok Pesantren Darul Qur'an Ash-Shiddiqy Cirebon

    Kegiatan hari pertama dihadiri oleh 20 anggota Kafapet Ciayumajakuning dan 4 orang perwakilan Kafapet Daerah Istimewa Jabodetabeksuci. Acara semakin spesial dengan hadirnya Dekan Fakultas Peternakan Unsoed Dr. Triana Setyawardhani, S.Pt., MP. beserta Wakil Dekan Bidang Mahasiswa, Alumni dan Kerjasama Dr. Ir. Agustinah Setyaningrum, MP dan dosen Fapet Unsoed Afduha Nurus Syamsi, S.Pt., MP. Kehadiran Dekan dan jajarannya ini disambut sangat meriah oleh para peserta kampanye gizi, terutama anak-anak TK Kenza Al-Bussaina dengan menyanyikan lagu selamat datang dan memberikan kalungan bunga.


    Kampanye gizi berlangsung lancar dan para peserta sangat antusias memperhatikan materi yang disampaikan. "Kami berharap masyarakat, terutama orang tua, mendapatkan gambaran manfaat telur bagi kesehatan anak, serta mengetahui tips dan trik memilih dan menyimpan telur yang baik", ujarAna selaku pemateri kampanye gizi. Orang tua sangat mengapresiasi kegiatan ini dengan menyampaikan rasa terima kasih, "Kami senang sekali bisa belajar tentang telur dan dapat telur untuk anak-anak. Terima kasih banyak InsyaAllah bermanfaat", ujar mamah Nisa salah satu orang tua murid.

    Setelah selesai membagikan telur di dua lokasi di atas, Kafapet Ciayumajakuning melanjutkan kegiatan berupa sharing session bersama Dekan dan jajarannya. Sharing ini berisikan ramah tamah, perkenalan anggota Kafapet Ciayumajakuning serta penyampaian informasi dari Dekan dan jajarannya berupa prestasi terkini mahasiswa Fapet Unsoed, update New Experimental Farm, pengisian tracer study dan meminta support dari para alumni. "Kami berharap mahasiswa dan kampus dapat menjalin hubungan yang harmonis, sinergis dan kolaboratif dengan alumni. Kami berkeliling ke berbagai daerah salah satunya ingin mendekatkan alumni dengan kampus", ujar Dr. Triana Dekan Fapet Unsoed. Senada dengan Dekan, Dr. Agustinah mengatakan "Alumni Fapet Unsoed sudah terbukti aktif dan kompak. Saya sebagai Wakil Dekan bidang alumni merasa happy dan termotivasi untuk semakin dekat dengan alumni melalui berbagai pendekatan dan kerjasama".

Pembagian telur dilanjutkan di hari kedua (31 Oktober 2021) pada tiga titik lokasi yaitu :

1. Kuningan

– Berbagi on the road (400 butir)

– Yayasan Graha Yatim dan Dhuafa (800 butir)

– Ponpes Ash-Shidiqin (800 butir)

– SDIT Tunas Qur'ani (800 butir)

Ponpes Ash-Shidiqin

SDIT Tunas Qur'ani


2. Majalengka

– Ponpes Mansyaut Tholibin (800 butir)

– Ponpes Darul Amanah (800 butir)

– Ponpes Al-Ghozali (800 butir)

Ponpes Darul Amanah 

Ponpes Mansyaut Tholibin

Ponpes Al-Ghozali

3. Indramayu

– Ponpes Bayt Tamyiz (800 butir)

– Ponpes Al-Qur'aniyah (800 butir)

Ponpes Bayt Tamyiz
Ponpes Al-Qur'aniyah
    Para pimpinan Ponpes dan santri atas sangat antusias dan menyambut baik kegiatan berbagi telur ini. "Alhamdulillah pihak ponpes sangat senang diberi telur. Bahkan ada pimpinan Ponpes yang langsung merebus sendiri semua telur yang diberikan agar bisa langsung diberikan kepada para santri yang selesai mengaji", ungkap Fajar saat memberikan telur di wilayah Indramayu.

    Atas suksesnya acara Kampanye Gizi dan Berbagi Telur ini, pihak Kafapet Ciayumajakuning mengucapkan terima kasih banyak kepada para alumni yang sudah berdonasi, sponsor Sido Agung Group dan PT. Rivid Mitra Utama, serta seluruh pihak sekolah/ponpes yang terlibat. Semoga silaturahmi antar pihak dapat terus berlanjut ke depannya. Salam sukses, maju terus pantang menyerah.



Penulis : Amanda

Foto : Kafapet Ciayumajakuning

Editor : Roni

Posting Komentar

0 Komentar