FAPET UNSOED BEKERJASAMA DENGAN INDUSTRI PETERNAKAN

Penandatanganan MoU Fapet Unsoed dengan PT ASR Prima Sejahtera

Tangerang, Kafapet-Unsoed.com. Kunjungan kerja Tim Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman yang dipimpin Dekan Dr. Triana Setyawardani, Prof. Elly Tugiyanti, Dr. Bambang Hartoyo dan Dr. Sri Rahayu pada tanggal 25-26 Maret 2022 ke perusahaan PT ASR Prima Sejahtera, yang bergerak dibidang industri perunggasan membuahkan hasil kesepakatan kerjasama dalam program Magang, pelatihan, penelitian dan pendidikan untuk mahasiswa maupun dosen jurusan peternakan.

Tim Fapet Unsoed beserta PT ASR Prima Sejahtera

Mediator kerjasana di atas adalah alumni Fapet Unsoed yaitu Roni Fadilah, Fajar Hidayat dan Deden Burhanudin. Kerjasana ini merupakan tinjak lanjut hasil kunjungan Hendra Herman dan Widodo sebagai Direktur dan Komisaris PT ASR Prima Sejahtera ke kampus Fapet Unsoed sekitar satu bulan yang lalu.

Suasana Meeting Pembahasan Kerjasama

Naskah kerjasama antara Fapet Unsoed dengan PT ASR Prima Sejahtera ditandatangani oleh Hendra Herman perwakilan dari pihak perusahaan dengan Triana selaku Dekan, disaksikan oleh Ahmad Sirojudin (Dirut ASR) dan para dosen serta perwakilan alumni. Hendra Herman  sangat menyambut baik kerjasama dengan Fakultas Peternakan Unsoed. 

Herman lebih lanjut memaparkan profile perusahaan serta rencana pengembangan PT ASR Prima Sejahtera kedepannya. "Perusahaan kami tidak besar, tetapi akan memberikan warna tersendiri dalam hal produk akhir ayam sehat non antibiotik dan akan melibatkan semua pihak dalam sistem termasuk UMKM dalam hal pemasaran produk", ujar Herman.

Ahmad Sirojudin yang lebih dikenal dengan sapaan Haji Didin menambahkan bahwa kedepan ayam sehat dengan hanya menggunakan herbal perlu ada pendampingan oleh pihak akademisi. "Ketergantungan ayam akan antibiotik akan hilang, Herbal sebagai penggantinya. Dan ini lah jawaban do'a saya selama ini. Menghasilkan ayam sehat herbal bebas antibiotik", tegas Haji Didin.

Farm Visit kandang semi close house (CH)

Dekan Fapet Unsoed (Triana) menyambut positif atas ide-ide yang disampaikan oleh manajemen PT ASR Prima Sejahtera tersebut. Triana menjelaskan peranan akademisi terkait potensi pengembangan tanaman herbal untuk dikembangkan dalam skala industri. Banyak hasil penelitian yang bisa diterapkan dan dikembangkan. " Program Kerjasama ini tepat sekali, memberikan peluang semua pihak baik mahasiswa, dosen maupun pelaku bisnis untuk mengembangkan potensi herbal untuk industri perunggasan", tutur Dekan Fapet Unsoed.

Roni Fadilah selaku alumni Fapet Unsoed sependapat dengan dekan dan para pimpinan  PT ASR Prima Sejahtera, karena ASR sendiri sudah menerapkan program pemakaian herbal dalam satu tahun ini.

Keseruan Aktivitas Dekan (Triana Setyawardani) dengan Prof Elly saat Kunjungan ke Farm

Setelah Penandatanganan Kerjasama, dilanjutkan kunjungan ke Farm tempat kelak yang akan digunakan untuk magang, kerja praktek, penelitian, pelatihan dan pendidikan. 

Farm yang dikunjungi di daerah Cilegon, Serang dan Cikande, tipe kandang mulai dari tipe kandang semi tertutup (semi CH) tiga lantai dengan kontruksi sederhana dari kayu dolken, dan Farm tertutup (full CH) dengan kontruksi baja dua lantai dan satu lantai dengan peralatan yang serba otomatis.

Farm Visit KTM Farm (kandang full close house)

Dekan Fapet Unsoed dan para pimpinan PT ASR Prima Sejahtera berharap kerja sama bisa berjalan lancar dan saling menguntungkan kedua belah pihak, dan terealisasi secepatnya, serta bisa menjadi percontohan aplikasi hasil riset di dunia industri.

Kegiatan ramah-tamah Fapet Unsoed dengan PT ASR PS



Penulis     : Fajar
Editor      : Roni

Posting Komentar

2 Komentar

Jika kesulitan posting komentar via hp harap menggunakan komputer