TIPS PENANGANAN HEWAN KESAYANGAN SAAT MUSIM MUDIK LEBARAN

Jakarta, kafapet-unsoed.com. Majalah Cat & Dog sukses laksanakan webinar dengan topik "Anjing dan Kucing Tetap Sehat Saat Bossnya Mudik Lebaran". Webinar digelar pada Sabtu (16/04/22) pukul 09.00 WIB via zoom meeting. Kegiatan ini banyak sekali memberikan tips dan trik untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan kita terutama anjing dan kucing.

Ir. Bambang Suharno selaku Pimpinan Redaksi Majalah Cat & Dog yang juga merupakan alumni Fakultas Peternakan Unsoed angkatan 85 dalam sambutanya menyatakan bahwa webinar angkatan 34 ini diikuti oleh para pecinta hewan dan dokter hewan dari berbagai daerah dan menghadirkan narasumber Drh.Desy Indriani (Praktisi Pet Animal serta Owner Klinik Madja & Karlos Malang) dan Drh.Michael Indra W.,MBA (Dokter Hewan Senior, Business Leader PT.Better Pharma). Para pemilik hewan sangat perlu mengetahui cara agar hewan kesayangan tetap sehat saat mudik lebaran "Ujar Bambang".


Bambang menyampaikan, webinar Majalah Cat & Dog dilakukan setiap dua minggu sekali sejak November 2020 dengan beragam topik yang dibutuhkan oleh para penyayang hewan. Acara ini dimaksudkan sebagai kontribusi majalah Cat & Dog dalam melakukan edukasi kepada masyarakat mengenai pemeliharaan hewan kesayangan.

Drh.Desy dalam paparannya menyampaikan, anjing, kucing ataupun hewan kesayangan lain bisa dititipkan di tempat penitipan hewan, namun ada juga pemilik hewan menghendaki hewannya dibawa mudik. Keduanya memilik risiko sendiri-sendiri.

Kedua kondisi masing-masing memiliki resiko. Menitipkan hewan peliharaan akan memberikan stress kepada pet kita karena Dia berada pada suasana lingkungan yang baru. Pada umumnya pada hari pertama penitipan hewan tidak mau makan, dan jika hari kedua masih belum mau makan maka, pihak pengelola penitipan harus memberikan makan dengan cara disuap. Dalam kasus membawa hewan peliharaan ikut mudik akan memberikan dampak stress dalam perjalanan.

Desy menyarankan bahwa sebelum dibawa mudik maupun dititipkan, hewan harus dipastikan dalam keadaan sehat. “Jika hewan dibawa mudik, sebaiknya lakukan general check up ke klinik langganan anda untuk mengetahui kondisi kesehatan hewan anda,” katanya.

Dalam kasus menitipkan hewan, Desy memberikan tips-tipsnya. Berikut adalah tips yang dibagikan drh. Desy jika kita ingin menitipkan hewan peliharaan:

1. Pilihlah penitipan hewan yang ada tenaga kesehatan hewan,

2. Sebelum melakukan penitipan mintalah dokter hewan untuk memastikan hewan aman untuk di titipkan,

3. Pastikan vaksin hewan kesayangan dalam kondisi update,

4. Pastikan hewan dalam kondisi bebas dari parasit, kutu dan cacing,

5. Berikan informasi sedetail mungkin mengenai kondisi hewan.

Rekaman webinar tersebut dapat ditonton di kanal youtube majalah Cat & Dog https://www.youtube.com/watch?v=I4OFXbmfNAE

Posting Komentar

0 Komentar