Kafapet DIJ Qurban di Yayasan Sekolah Alam Tunas Mulia

"Allaahu akbar Allaahu akbar Allaahu akbar, laa illaa haillallahuwaallaahuakbar Allaahu akbar walillaahil hamd"

Suara takbir berkumandang di seluruh masjid penjuru negeri. Saling bersautan menandakan bahwa seluruh umat Islam merayakan Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban yang jatuh pada hari Ahad, 10 Juli 2022 atau 10 Zulhijah 1443 H. Esensi Idul Adha sejatinya merupakan sebuah ketaatan sebagai hamba dan menumbuhkan sifat kemanusiaan antar sesama. Begitu pula yang dilakukan Keluarga Besar Kafapet DIJ yang turut melaksanakan ibadah qurban di daerah Bantar Gebang, tepatnya di Yayasan Sekolah Alam Tunas Mulia. 

Hewan Qurban di Yayasan Sekolah Alam Tunas Mulia

Alhamdulillah,  di hari Tasrik ke 2 Yayasan Sekolah Alam Tunas Mulia melaksanakan pemotongan hewan Qurban yg terdiri dari; 2 ekor sapi, 4 ekor kambing dan 5 ekor domba. Salah satu Sapi Qurban merupakan patungan dari Keluarga Kafapet DIJ dan beberapa pengqurban lainnya. 

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban dimulai pukul 08.30 WIB diawali dengan Sambutan oleh Ketua Yayasan Tunas Mulia Bantar Gebang, Juwarto, SE.  Juwarto mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para pengqurban,  termasuk kepada Kafapet DIJ yg sdh ikut patungan qurban sapi.

Senada dengan ketemu Yayasan, Nadam Dwi Subekti selaku pengurus Kafapet DIJ,  sekaligus juga pimpinan Pondok Tahfidz Tunas Mulia mengucapkan ribuan terimakasih kepada para Pengqurban, khususnya kepada Anggota Kafapet DIJ yang ikut patungan Qurban Sapi yang tahun ini mengirimkan Hewan Qurbannya di Yayasan Sekolah Alam Tunas Mulia. 

Selanjutnya Ustadz Suhada,  selaku pengasuh Pondok Tahfidz memimpin doa sebelum acara pemotongan dimulai. 

Prosesi pemotongan hewan qurban

Pemotongan Hewan Qurban berjalan dengen lancar dengan juru potong Ustadz Suhada diiringi dengan Takbir,  Tahlil dan Tahmid oleh Santri Tahfidz Tunas Mulia. Panitia Pemotongan Hewan Qurban terdiri dari Pengurus Pondok Tahfidz,  Guru-guru Sekolah Alam dan warga sekitar. 

Proses pemotongan, pencacahan dan pengemasan daging

Dari 2 ekor Sapi,  9 ekor kambing/domba setelah dicacah, didapat sebanyak 520 bungkus, dengan berat 0,8 kg daging beserta tulang,  setelah diambil beberapa bagian untuk para pengqurban. Daging Qurban yang sudah dibungkus kemudian dibagikan kepada Siswa/Wali Murid Sekolah Alam,  Santri Tahfidz Tunas Mulia dan Warga Pemulung di sekitar Yayasan Tunas Mulia.


Pembagian daging qurban ke seluruh santri

Hendra Wijaya,  salah satu Santri Tahfidz Tunas Mulia,  merasa senang dan bahagia hari ini banyak daging di Pondok Tahfidz, sehingga bisa makan enak, katanya.

Semoga kita selalu bisa memberi arti kepada sesama, dan berbagi tak kenal henti dan menggali lagi makna besar dari Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban. 


Penulis : Yudi Akhmadi

Editor : Sri Maulidini

Posting Komentar

0 Komentar