Kiprah Alumni dalam Upaya Meningkatkan Kualifikasi Lulusan Fapet Unsoed


Kafapet-unsoed.com. Purwokerto. Fakultas Peternakan Unsoed memberikan pembekalan kepada calon sarjana peternakan periode wisuda September 2022 (25/8). Kegiatan ini merupakan program rutin bidang Kemahasiswaan Fapet Unsoed yang diselenggarakan setiap periode wisuda. Pembekalan bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan memperluas sumber informasi bagi calon lulusan Fapet Unsoed mengenai dunia kerja dan dunia industri (DUDI).

Bekerjasama dengan PT Cargill Indonesia, sebanyak 127 orang calon lulusan Fapet Unsoed nampak antusias mengikuti pembekalan yang diberikan oleh Adi Irawan, S.Pt., Sales Leader PT. Cargill Indonesia. Adi menjelaskan tentang jurus jitu menghadapi dan menyiasati tantangan dunia kerja. Dalam paparanya, Adi membekali 3 prinsip untuk bersaing pada dunia industri yaitu : Fokus pada tujuan (Mengenali diri sendiri, menemukan passion dan skill dalam diri, dan Perbanyak koneksi); Explore dan discover (Kenali perusahaan, Pelajari sistem kerjanya, Pahami kebutuhan perusahaan); Present and executy (CV Singkat, padat dan spesifik, Background diri dan pengalaman yang relevan, dan Keahlian yang dimiliki). Lebih lanjut Adi menerangkan bahwa pada tahap Interview yang perlu diperhatikan yaitu: Preparation, Problem solving, Closing statement and feedback. Pada akhir paparannya Adi berpesan, “Untuk Menjadi yang terbaik tidak berarti harus sempurna. Anda hanya perlu berupaya secara sadar untuk terus meningkatkan diri, memahami diri, belajar dari kesalahan, meminta saran orang lain dan membangun kepercayaan diri”.


Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama, Dr. Ir. Agustinah Setyaningrum, MP., IPU, dalam akhir kegiatan menerangkan bahwa kegiatan ini sangat berarti bagi calon lulusan untuk menyiapkan strategi yang optimal dalam menghadapi proses pencarian kerja. Pengalaman Panjang dalam pelaksanaan pembekalan ini membuktikan bahwa, mahasiswa Fapet Unsoed memiliki peluang terserap dalam dunia kerja yang cukup tinggi. Beliau menambahkan bahwa kegiatan ini tidak lepas dari bantuan dan Kerjasama dari Alumni. Pada periode ini, nampak pada jajaran tim PT. Cargiil Indonesia yang hadir adalah alumni Fapet Unsoed. Alumni yang turut serta hadir dan membantu pelaksanaan acara adalah Imron Rosadi, S.Pt. (Territory Manager wilayah Bralingmascakeb), Aziz Safingi, S.Pt. (Teritory Manager Purwokerto 2), Yudistira Ramadhani, S.Pt. (Teritory Manager Jogja) dan Ali Suroso, S.Pt. (Outside Organitation Sales).
Imron Rosadi menyampaikan kebanggaan yang luar biasa, karena dapat kembali ke kampus dan memberikan wawasan bagi calon lulusan Fapet Unsoed. Beliau berharap bahwa, semangat ini juga akan menular ke semua alumni yang tersebar di berbagai perusahaan dan berbagai wilayah untuk turut kembali ke kampus. 

Kembali untuk memperkokoh pondasi generasi baru Soedirman, agar kelak mampu menguatkan peran strategis alumni Fapet Unsoed di sektor peternakan di tingkat nasional ataupun internasional. 
“Saya merasa pembekalan ini sangat penting, jujur banyak hal baru yang saya dapatkan dan sedikit meningkatkan kepercayaan diri saya untuk menghadapi dunia kerja”, ujar Faridatul Ikhsan, calon lulusan Program S1 Peternakan. Lebih lanjut Ikhsan menyampaikan ucapan terimakasih untuk Fapet Unsoed yang telah menjadi rumah kedua untuk selalu dirindukan. Kemudian ia juga mengucapkan terimakasih kepada PT. Cargill Indonesia dan khususnya bagi alumni di dalamnya, atas bantuanya dalam memfasilitasi kegiatan ini. Ia berharap suatu saat akan kembali dengan peran dan semangat yang sama seperti seniornya.




Penulis    : Afduha
Editor      : Fajar
Foto         : Afduha

Posting Komentar

0 Komentar