Agro Edu Wisata Faperta Unsoed

Alumni merupakan bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dari perguruan tinggi. Sebagai alumni, pertama harus memiliki rasa cinta terhadap kampus meskipun tidak lagi berada dilingkungan kampus. Kedua, memiliki kepedulian yang tinggi terhadap kampus dengan mendorong alumni untuk ikut bahu-membahu dan berkontribusi mendukung kemajuan kampus. Ketiga, memiliki rasa berbagi untuk kampus yakni apa yang ada pada diri dan kemampuan alumni diberikan ke kampus dengan membangun kerjasama kelembagaan dengan satu tujuan untuk kampus yang semakin unggul dan berdaya saing, demikian pemaparan Koordinator Sistem Informasi Unsoed Ir. Alief Einstein, M.Hum usai bincang-bincang dengan Ketua Umum Kafaperta Unsoed SH Sutarto pada hari Minggu 11 September 2022.

Acara Temu Alumni Nasional 2022 Keluarga Alumni Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman (Kafaperta Unsoed) sukses digelar selama dua hari pada pada Sabtu (10/9/2022) dan Minggu (11/9/2022). 

Ratusan alumni Faperta dari berbagai angkatan hadir mulai dari tahun 1976–2019 untuk memeriahkan acara tersebut yang dilaksanakan di area terbuka Gedung A Fakultas Pertanian Unsoed.

Serangkaian acara yang mengangkat tema “Enam Dekade Faperta Berkontribusi Kepada Negeri” tersebut dimulai pada Sabtu siang dengan agenda ramah tamah, perlombaan antar angkatan serta dimeriahkan dengan berbagai hiburan hingga menuju malam puncak.

Dalam sambutan malam puncak reuni, Ketua Umum Kafaperta SH Sutarto, menyampaikan bahwa acara temu alumni dibawakan secara lebih akrab dan menyenangkan “Kami para alumni ingin berkontribusi dan mengadakan acara secara lebih rileks, fun, santai, dan bisa saling mengakrabkan,”.

Pada acara malam puncak dilakasanakan berbagai rangkaian acara yang sangat menarik, seperti sharing moment per angkatan, penyerahan cendera mata, serta hiburan lainnya. Dekan Faperta Unsoed Anisur Rosyad dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini diharpakan dapat terus berlanjut. “Acara ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi antara Faperta dengan Kafaperta, terus berkembang, terus berlanjut. Juga agar nantinya para lulusan Faperta Unsoed bisa diterangi saat keluar dari almamater Unsoed,’’ kata Anisur.

Anisur menjelaskan bahwa tidak hanya berhenti sampai di situ, kegiatan temu alumni di hari kedua dengan program :

1. Agenda utama yaitu pukul 08.00 WIB hari Minggu 11 September 2022 peletakan batu pertama Agro Edu Wisata pada lahan ExpFarm di belakang Kampus Fakultas Pertanian Unsoed, Karangwangkal seluas 1,9 Ha.,

2. Selesai agenda utama, kemudian dilanjutkan agenda berikutnya yaitu Penanaman Tahap 2 Bibit Pohon Alpukat pada lahan Unsoed di Kebun Kedungrandu.

Program tersebut merupakan sinergi dengan pihak kampus yang mendapatkan dukungan dari BUMN yang diwadahi dalam Yayasan Alumni Fakultas Pertanian Soedirman untuk menciptakan generasi SDM berkualitas dan berkompetensi secara skill dan teknologi dibidang Pertanian sebagai bagian dari sistem kurikulum berbasis kompetensi. “Dari pihak BUMN akan mensupport Program Agro Edu Wisata, karena biaya yang dibutuhkan cukup besar yaitu mencapai tiga miliar rupiah, semoga apa yang kita rencanakan bisa tercapai dan terlaksana,” ujar Anisur.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Norman Arie Prayogo mengucapkan terima kasih atas program dan kerja sama yang dilakukan alumni Faperta selama ini. “Universitas mengucapkan terima kasih kepada Alumni, yakni Keluarga Alumni Faperta Unsoed yang masih eksis dan konsisten dalam membersamai dan berperan dalam menuntun adik-adik mahasiswa, di mana peran dan kontribusinya yang sangat strategis dan sejalan dengan visi Unsoed yang Merdeka, Maju, dan Mendunia,” terangnya. 


Senada dengan itu Dekan Faperta juga berterima kasih atas kontribusi yang dilakukan oleh para alumni Faperta. “Terima kasih kepada alumni yang telah menyempatkan hadir, serta terima kasih juga atas sumbangsih dari mulai program beasiswa hingga pengembangan sarana ibadah masjid Faperta,” tutupnya.

Posting Komentar

0 Komentar