Masirom Pimpinan Redaksi I NEWS.ID, Narasumber Workshop Penulisan Berita Online

 Pimpinan Redaksi I NEWS.ID  (Masirom,S.Pt.,M.M. Alumni Fapet Unsoed Angkatan 1994)

Kafapet-unsoed.com, Purwokerto. Kamis, 27 Oktober 2022 Fakultas Peternakan mengadakan Workshop Penulisan Berita Online di ruang seminar 1 Fapet Unsoed. Kegiatan ini diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari dosen, karyawan, dan mahasiswa Fakultas Peternakan, Unsoed.

Dalam sambutannya Afduha Nurus Syamsi selaku ketua panitia menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta civitas akademik (mahasiswa, dosen dan karyawan) dalam penyajian berita online yang sustainable dan berkualitas di Web Fapet Unsoed.  

Ketua Panitia (Afduha Nurus Syamsi)

Seperti kita ketahui,  Website Fapet Unsoed dalam beberapa tahun terakhir ini telah mengalami transformasi besar.

Mochamad Sugiarto, S.Pt., M.M., Ph.D wakil dekan bidang umum dan keuangan turut hadir dan membuka acara workshop.  “Website saat ini menjadi satu dari banyak media yang penting dimiliki oleh sebuah institusi sehingga kualitas pemberitaan perlu ditingkatkan, baik dalam sebaran tema, ketepatan waktu (aktual), ketepatan sasaran, serta penyajian bahasa atau diksi serta ilustrasi gambar yang lebih menarik sehingga workshop penulisan berita penting untuk dilakukan”  ujar Sugiarto.

Hal spesial pada workshop kali ini, Fapet Unsoed menghadirkan  narasumber  Pemimpin Redaksi I-NEWS.ID dan sekaligus Dewan Redaksi Kafapet-Unsoed.com yaitu Masirom,S.Pt.,M.M. (alumni Fapet Unsoed Angkatan 1994).

Masirom dalam kesempatannya menyampaikan materi mengenai “Tekhnik Penelusuran dan Penulisan Berita Online”. Materi yang disampaikan sangat menarik dan berjalan sangat interaktif.

Tanggapan peserta yang mengikuti work shop ini sangat pisitif. Tri Rachmanto salah satu peserta  mengungkapkan,  “Materi yang diberikan oleh pak Masirom ini sangat bermanfaat sekali dan menambah wawasan kita terkait tehnik penulisan berita online’. 

Sebagai alumni Masirom tak hanya memberikan materi, Ia memberikan motivasi kepada mahasiswa agar mempersiapkan diri untuk senantiasa bersaing. “Sebagai mahasiswa ada tiga hal yang harus disiapkan sebelum lulus yaitu hardskill dengan mengikuti perkuliahan secara serius, softskill dengan mengikuti kegiatan kemahasiswaan, dan kemampuan bahasa untuk bersaing di era globalisasi”.

Narasumber lain yang hadir dalam acara workshop kali ini adalah Rizka Dwidaya Sampurna, S.E. yang menyampaikan materi dengan tema Tehnik penyajian visual berita pada media online

Rizka memaparkan cara Teknik pengambilan gambar atau foto, ilustrasi gambar, dan alternatif ilustrasi kondisi berita menggunakan media lainnya. 

Rizka lebih lanjut menunjukan foto-foto yang diambil dengan tekhnik pengambilan gambar yang benar dan juga yang tidak benar, sehingga peserta dengan mudah memahaminya.

Rizka Dwidaya Sampurna, S.E.

Selain itu juga diadakan praktik langsung untuk pengeditan dan pembuatan poster dengan foto yang sudah dipotret. Materi ini merupakan materi penutup dari kegiatan workshop penulisan berita online. 

Apresiasi datang dari audien, salah satunya Chandra Dewi Puspitasari menyampaikan “Workshop yang luar biasa, sangat bermanfaat, penyampaian yang sangat baik dan mudah dimengerti, semoga diadakan lagi kegiatan yang seperti ini".



Penulis    : Merryafinola

Editor      : Roni

Foto          : Merryafinola

Posting Komentar

0 Komentar