Andi Haryono, Ketua HIPMI Banjanegara Kuliah Dolan Justru Mengantarnya Menjadi Pengusaha Muda

Andi Haryono

Kafapet-unsoed.com. Bercita-citalah setinggi langit dan sebanyak yang bisa kau cita-citakan, siapa tahu nanti cita-citamu benar terkabul. Kira-kira begitulah wejangan orang tua selalu ke anak-anaknya. Dan wejangan ini nyata-nyata terjadi pada diri Andi Haryono, Alumnus Fapet Unsoed Tahun 2006.

Sejak kuliah di Fapet Unsoed Jurusan Produksi Ternak Tahun 2002, Andi selalu bercita-cita menjadi pengusaha selain menjadi pesepakbola handal. Sepuluh tahun kemudian, tepatnya 2012, cita-citanya menjadi seorang pengusaha mulai terwujud. Hingga akhirnya sepuluh tahun berlalu, kepak sayapnya menjadi pengusaha muda mengantarnya menduduki jabatan Ketua Umum Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Banjarnegara periode 2022-2025.

Dilantik pada 15 Oktober 2022 lalu, Andi mengaku saat kuliah tidak benar-benar fokus kuliah. Dia justru lebih asyik main sepakbola dan bergabung dengan Unit Kegiatan Sepakbola (UKSB) Fapet Unsoed.

“Saat di kampus terus terang tidak aktif di organisasi, kuliahnya juga awur-awuran sering bolos, tapi cita-citanya jadi pengusaha,” kata bapak dua anak ini berkelakar.

Karena kuliah hanya semacam dolan (bermain), dia justru sangat menyadari prestasi akademiknya pas-pasan saja, skill juga sangat terbatas sehingga tidak punya banyak pilihan di dunia kerja, selain benar-benar terjun dan berkiprah di dunia peternakan. 

“Beda dengan teman-teman yang akademik, organisasi dan lainnya bagus justru lebih banyak pilihan untuk bekerja.,” katanya berpendapat.

Suami dari Anggita Kusuma Wardani ini mengatakan, kuliah nyatanya justru dia rasakan setelah lulus kuliah, yaitu saat bekerja di kemitraan ayam broiler dan beberapa distributor obat hewan. Terjun langsung ke dunia nyata bisnis peternakan setelah lulus kuliah, menuntutnya harus terus belajar mengenai teknis, leadership, etos kerja, negosiasi, manajemen resiko, sistem kerja perusahaan dan bisnis termasuk menjalin jejaring.

“Saat bekerja itulah saya baru benar-benar merasa ditempa ilmu peternakannya. Dan ini menjadi modal utama saya dalam menggapai cita-cita menjadi pengusaha muda,” kata owner Bara PS.

Bapak dua anak kelahiran Banjarnegara, 38 tahun silam ini menjelaskan, sepak terjangnya di dunia bisnis dimulai ketika dia sedang nyaman-nyamannya bekerja di distributor obat hewan yang cukup besar di Purwokerto. Dua tahun menjalani peran ganda bekerja di perusahaan sambil berbisnis, akhirnya pada tahun 2014 dia memutuskan resign dari perusahaan dan benar-benar fokus membesarkan Bara PS hingga kini berhasil merajai suplay semua kebutuhan ternak mulai dari doc, ayam pullet, pakan, obat, vitamin, vaksin, peralatan dan lainnya, termasuk konsultasi peternakan gratis di wilayah Banjarnegara.

Tak hanya itu, Andi juga melebarkan sayapnya ke bisnis petshop (toko dan layanan hewan kesayangan) dan sudah memiliki empat cabang yaitu di Banjarnegara kota, Bawang, Klampok serta Karangkobar. Bisnis petshop ini juga dilengkapi dengan cattery atau usaha breeding kucing ras yang diberi nama Prameswari Cathouse. Kucing yang dipelihara adalah jenis Persian, Mainecoon dan British Shorthair yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Andi juga masih memiliki satu usaha lagi, yakni peternakan ayam petelur dengan nama Jadid Farm. Selain telur dari farm sendiri juga menerima setoran telur dari sebagian peternak mitra, yang dikirim pakan oleh Bara PS, semacam trading telur.

“Untuk nama bisnis Bara dan Jadid saya ambil dari nama kedua anak saya, sebagai bentuk penghargaan untuk mereka,” ujarnya.

Ketakaktifannya di organisasi saat kuliah, dia bayar saat lulus kuliah. Tahun 2019 adalah kiprah pertamanya di organisasi, bergabung di HIPMI Banjarnegara dan langsung masuk kepengurusan HIPMI menduduki jabatan Bendahara Umum periode 2019-2022. 

Selain itu, Andi juga menjabat Ketua Umum Asppera (Asosiasi Peternak Petelur Rakyat Banjarnegara) periode tahun 2021 hingga 2024 serta Koordinator Bidang Pengupahan dan Jaminan Sosial Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia).

Andi Haryono bersama Dr. (HC) Zulkifli Hasan S.E (Menteri Perdagangan RI)

Sabtu, 4 November 2022 lalu, Andi baru saja menyambut dan mendampingi Menteri Perdagangan RI, DR (HC) Zulkifli Hasan SE, MM saat kunjungan kerja ke Banjarnegara dalam rangka Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan, bertempat di Pendapa Dipayuda Adigraha Banjarnegara. Dia sangat bangga karena ditunjuk langsung mendampingi Mendag untuk menjelaskan stand-stand produk UMKM yang dipamerkan saat itu.

Andi selalu berprinsip bahwa pencapaian dalam hidup tidak melulu tentang kesuksesan, uang, harta, namun yang lebih bernilai adalah kebermanfaatan.  

“Kebermanfaatan untuk orang-orang di sekitar kita sesuai dengan kemampuan dan kapasitas yang kita miliki. Semoga ke depan bisa berkembang dalam bisnis dan kesuksesan duniawi lain, serta semakin bisa memberikan manfaat yg lebih besar dan lebih luas lagi bagi sekitar,” harapnya mengakhiri percakapan.


Penulis : Desi Istiyanti

Editor   : Fajar

Foto       : Desi Istiyanti


Posting Komentar

0 Komentar