Kafapet Unsoed Angkatan 83 Sukses Gelar Reuni, Galakkan Aksi Peduli Sesama

Kafapet-unsoed.com, Purwokerto. Keluarga Alumni Fapet Unsoed angakatan 83 sukses gelar reuni akbar pada Sabtu-Minggu (12-13 November 2022). Mengusung tema "Dengan Berkumpul Kembali, Kita Peduli dan Berbagi", reuni yang berlokasi di Queen Garden Hotel Baturraden berlangsung meriah dan penuh kegembiraan. Acara ini selain untuk wadah silaturahmi dan temu kangen antar sesama alumni, juga menjadi ajang melepas kerinduan dan bernostalgia masa kuliah bagi mereka yang pernah mengenyam pendidikan di Fapet Unsoed.

Hal spesial dari angkatan 83 yaitu selalu menebar kebaikan dan manfaat dari setiap kegiatan yang dilakukan. Terbukti dari kegiatan reuni kali ini, tidak hanya temu kangen antar alumni, tapi juga diisi dengan berbagai kegiatan sosial yaitu peduli gizi, penanaman benih rumput dan lomba essai tingkat nasional.

Tagline "Peduli Reuni-Reuni Peduli" jadi pesan yang ingin di sampaikan oleh para peserta reuni melalui berbagai kegiatan tersebut. "Karena ada Reuni Peduli kita Peduli Reuni, Tidak ada Peduli Reuni kalau Tidak ada Reuni Peduli", ungkap Ir. Suatmaji selaku ketua panitia reuni. 

Mewakili pihak kampus, Dekan Fapet Unsoed, Triana Setyawardani, mengapresiasi kegiatan reuni Kafapet Angkatan 83 karena memakai konsep Peduli Reuni-Reuni Peduli.

Prof Triana menyampaikan konsep yang dipakai Fapet 83 Peduli ini menarik karena melibatkan Kampus, Mahasiswa dan Masyarakat :

Pertama Peduli Anak, generasi penerus bangsa,

Kedua Peduli Mahasiswa dlm beraktualisasi melalui even lomba essay dan debat,

Ketiga Peduli Masyarakat (kelompok tani ternak), mudah-mudahan ini menjadi row model reuni bagi angkatan-angkatain lainnya.

Ketua Kafapet Unsoed Bambang Rijanto Japutra pun mengapresiasi kegiatan ini "Kafapet 83 luar biasa, kompak, solid, aktvitasnya selalu beda dan menarik", ujar Bambang.

Kegiatan reuni dimulai hari Sabtu 12 November 2022 dengan acara Senam Bersama dan Pembagian Susu dan Telur kepada 100 Anak-Anak TK di Desa Karangwangkal. Kegiatan ini sebagai bukti bahwa alumni 83 peduli pada Kebutuhan Gizi Anak sebagai generasi penerus bangsa dan menjadi bagian yang integral dari narasi besar ketahanan pangan nasional.

Kegiatan berlanjut dengan Penanaman Bibit Rumput varietas baru secara simbolik di Exfarm Fapet Unsoed oleh Dekan Fakultas Peternakan, Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Ketua Umum Kafapet Unsoed Perwakilan Fapet Angkatan 83 dan disusul para peserta reuni.

Acara pun semakin meriah dengan adanya pembagian hadiah Lomba Essay Tingkat Nasional. Ir. Suatmaji menyebutkan kegiatan ini sebagai bukti bahwa alumni 83 peduli dan mengapresiasi ide dan gagasan adik-adik mahasiswa terkait pengembangan dunia peternakan dalam arti luas.

Acara berlanjut dengan Pembagian Bibit Rumput Biograss Biofitas kepada beberapa Kelompok Tani Ternak yang ada di wilayah Banyumas. Alumni 83 peduli dan mengapresiasi kerja keras para peternak tradisional yang setia dengan profesinya. 

Suatmaji mengungkapkan bahwa "Peternak tradisional keberadaannya sangat strategis sebagai penjaga dan penyangga ketahanan pangan nasional dari sumber protein hewani". Profesi yang belum tentu mendapat keuntungan dari pemeliharaan ternak karena masih dilakukan secara tradisional. Tidak ada peternak tradisional, maka pasar-pasar hewan tradisional sepi kegiatan transaksi/jual beli ternak, tidak ada mereka Rumah Potong Hewan (RPH) sepi dari kegiatan pemotongan” tambah Ir. Suatmaji.

Kegiatan hari pertama diakhiri dengan sesi sore acara temu kangen dan hiburan di Hotel Queen Garden Baturraden.

Kunjungan ke Hutan Pinus Limpakuwus pada hari minggu 13 November 2022 menjadi rangkaian acara terakhir sebelum alumni 83 berpisah untuk bertemu kembali pada reuni berikutnya. Segenap keluarga alumni Fapet Unsoed angkatan 83 mengucapkan terima kasih banyak kepada yang terhormat Ibu Dekan Fapet, Ibu Wadek 3, Ketua Kafapet Unsoed serta para Peserta Reuni yang telah mendukung dan terlibat di acara Reuni Peduli kali ini. 

Sampai jumpa di kegiatan reuni berikutnya.

 

Penulis : Fajar

Foto       : Dokumentasi Kafapet 83

Editor    : Fajar

Posting Komentar

0 Komentar