Gandeng P4S dan BAZNAS, Capra Pala Gelar Pelatihan Wirausaha bagi Penyintas Gempa Cianjur


Kafapet-unsoed.com. Capra Pala, Organisasi Mahasiswa Pecinta Alam Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) ) Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Sukabumi, menggelar Pelatihan Wirausaha : Pemulihan Ekonomi Keluarga Penyintas Bencana Gempa Bumi Cianjur, Minggu (11/12/2022).

Pelatihan diikuti 20 peserta dari keluarga penyintas Gempa Cianjur. Acara diselenggarakan di rumah Ibu Lani di Kampung Babakan Tipar Desa Limbangan Sari Kecamatan Cianjur.

Penyelenggaraan pelatihan ini merupakan wujud kepedulian Capra Pala terhadap keluarga penyintas Gempa Cianjur, sekaligus merupakan kegiatan yang menjadi rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-45 Capra Pala.

Kriswiyanto, alumni Fapet Unsoed Angkatan 1987, yang juga penggiat Lembaga P4S menjelaskan, tujuan pelatihan ini untuk membangkitkan semangat berwirausaha bagi ibu-ibu dari keluarga penyintas gempa. Mereka diharapkan bisa memperoleh pendapatan keluarga melalui usaha cheese stick. Dalam acara ini, Ibu Nana yang merupakan pengusaha sukses, berperan sebagai pembicara dan fasilitator pelatihan.


Dana untuk penyelenggaraan pelatihan berasal dari donasi para Anggota Luar Biasa (ALB) Capra Pala. Pra ALB juga secara sukarela mengumpulkan donasi untuk bantuan modal kerja.

Pada kesempatan pelatihan tersebut, Tim Tanggap Bencana BAZNAS Jawa Barat yang diwakili oleh Bapak Irfan dan Herman, menyampaikan materi tentang langkah-langkah penyelamatan diri saat terjadi bencana gempa.

Pembicara utama dalam pelatihan ini adalah Ibu Nana, pengusaha cheese stick telur puyuh asal Sukabumi. Usaha cheese stick telur puyuh dipilih menjadi materi pelatihan wirausaha ini karena modal usaha yang dibutuhkan relatif kecil, pembuatan dan peralatannya sederhana serta aspek yang paling penting, pasarnya masih sangat besar. Sampai saat ini pesanan cheese stick yang diterima oleh Bu Nana belum seluruhnya dapat terpenuhi sehingga terbuka peluang pasar hasil produk cheese stick para ibu-ibu keluarga penyintas gempa dapat ditampung oleh Bu Nana maupun Lembaga P4S jika dapat memenuhi standar kualitas rasa, bentuk dan kebersihannya.

Antusiasme Ibu-ibu dalam mengikuti pelatihan ini sangat luar biasa. Dengan bimbingan dan arahan dari Bu Nana, mereka mencoba untuk membuat cheese stick. Di akhir pelatihan, hasil produksi cheese stick telur puyuh para ibu-ibu peserta pelatihan sudah hampir memenuhi standar kualitas cheese stick telur puyuh produksi Bu Nana.

Pelatihan berakhir pukul 14.00 WIB. Di sesi akhir pelatihan diserahkan donasi bantuan modal kerja untuk kelompok peserta pelatihan ini. Donasi modal kerja diserahkan oleh perwakilan ALB Capra Pala, Puji Astuti kepada ketua kelompok ibu-ibu penyintas gempa yaitu Ibu Lani.



Penulis    : Masirom

Foto          : Bambang

Posting Komentar

0 Komentar