Memulai Kerjasama Luar Negeri Melalui Kuliah Tamu

Kuala Lumpur- Selasa (21/2), akademisi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Ahmad Sabiq dan Agus Hariyanto menyampaikan kuliah tamu di Department of Political Sciences, Kulliyyah of Islamic University Malaysia (IIUM), ujar Ir.Alief Einstein,M.Hum. dari kafapet-unsoed.com berhasil mewawancarai Ketua Jurusan Hubungan Internasional FISIP Unsoed Dr. Agus Haryanto.

Ahmad Sabiq

Bertempat di Al-Tabari Conference Room, Sabiq menyampaikan kuliah yang bertajuk “Vote Buying in Indonesia Elections”, sedangkan Agus memberikan materi yang berjudul “Indonesia-Malaysia Relations under Soekarno”. 

Dr. Agus Haryanto (Dosen ahli Politik Luar Negeri Indonesia dari FISIP Unsoed) menjelaskan bahwa kuliah tamu ini dihadiri oleh mahasiswa pascasarjana Department of Political Sciences dan sejumlah pengajar.

Acara dibuka dengan sambutan dari Head of Department, Dr. Rohana Abdul Hamid. Ia menyambut gembira berlangsungnya kuliah tamu tersebut dan mengharapkan agar hal itu menjadi awal berlangsungnya kerjasama yang erat dan bermanfaat antara Unsoed dan IIUM. 

Sabiq menekankan perlunya kolaborasi antar segenap stakeholders pemilu untuk mencegah politik uang khususnya dalam menumbuhkan kesadaran anti politik uang Segenap elemen masyarakat perlu dilibatkan untuk menumbuhkan kesadaran anti politik uang melalui metode dan media yang sesuai perkembangan zaman, kata Dr. Agus Haryanto yang juga Wakil Ketua Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia.

Agus Haryanto 

Adapun Agus Haryanto menyampaikan mengenai hubungan diplomatik Indonesia-Malaysia di masa Soekarno. Dalam kesempatan ini, Agus memaparkan latar belakang perjuangan diplomasi Indonesia di awal kemerdekaan untuk memperoleh pengakuan dunia internasional. Kemudian, Soekarno menjadi pemimpin di dunia yang menggelorakan perjuangan anti imperialisme dan anti kolonialisme. Kedua hal ini terkait juga dengan retaknya hubungan Indonesia Malaysia di masa itu.

Selanjutnya Dr. Agus Haryanto mengatakan bahwa materi-materi kuliah tersebut tampaknya memancing antusiasme civitas academica IIUM. Ini terlihat dari banyaknya pertanyaan dan komentar yang muncul dalam sesi diskusi.

Dr. Agus Haryanto menambahkan, kuliah tamu dilanjutkan dengan agenda utama, pembicaraan kerjasama antara FISIP Unsoed dengan Department of Political Sciences IIUM. Dalam kesempatan itu dicapai kesepemahaman untuk memulai kerjasama dengan kegiatan mobilitas bagi mahasiswa dan bagi staf pengajar. Kegiatan ini kemudian ditutup dengan sesi foto bersama.

Penulis : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Foto : Ir. Alief Einstein, M.Hum 

Posting Komentar

0 Komentar