UP3 Fapet Unsoed Sukses Gelar Kunjungan Ilmiah 2023


Purwokerto, Kafapet-unsoed.com. Unit Penelitian dan Pengembangan Peternakan (UP3) Fakultas Peternakan Unsoed sukses melaksanakan kunjungan ilmiah secara luring di Yogyakarta pada tanggal 17-18 Februari 2023, setelah tahun lalu tidak terlaksana akibat terkendala pandemi Covid-19. Kegiatan Kunjungan Ilmiah pada tahun 2023 ini mengusung tema "LEXITA" dengan kepanjangan "Lets Explore Industry with Animal Husbandry". Kegiatan ini didampingi oleh dosen pendamping Afduha Nurus Syamsi S.Pt., M.P. dan Merryafinola Ifani, S.Pt., M.Pt. dengan total peserta dan panitia sejumlah 65 orang.

Sambutan dosen pendamping, Afduha Nurus Syamsi

Kunjungan Ilmiah 2023 dibuka dengan sambutan oleh Ketua Pelaksana Fikri Zaki Fadhilah Lusman, Ketua Umum UP3 Mochamad Daffa Alwan, Dewan Penasihat Organisasi Abdul Hafiz Amd.Pt, dan sambutan sekaligus pembukaan oleh Afduha Nurus Syamsi S.Pt,. M.P. Rangkaian kegiatan Kunjungan Ilmiah 2023 dimulai dengan pemberangkatan dari Purwokerto pada Sabtu 18 Februari 2023 pukul 01.00 WIB menuju Yogyakarta.

Bhumi Nararya Farm

Peternakan yang dikunjungi pertama yaitu Bhumi Nararya Farm yang bergerak pada sektor kambing perah. Kedatangan peserta disambut oleh owner yaitu Aprila Respati Adi dan manajer farm Triyanto. Kegiatan di Bhumi Nararya Farm meliputi talkshow dan farm tour. Saat ini Bhumi Nararya Farm mampu memproduksi susu kambing sebanyak 300 L per hari dan memproduksi olahan hasil ternak berupa keju.

Ayodhya Farm

Peternakan selanjutnya yang dikunjungi oleh peserta kunjungan ilmiah yaitu Ayodhya Farm, yang bergerak pada sektor breeding domba dorper. Kedatangan peserta disambut oleh owner yaitu Budi dan dan kepala Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) yaitu Dr. Soeharsono, S.Pt. M.Sc. Untuk tetap menjaga keaslian dan keturunan domba dorper, Ayodhya Farm melakukan seleksi khusus terhadap domba-domba yang akan dikawinkan. Peternakan ini juga menjadi tempat karantina bagi domba-domba yang masuk kedalam negeri sebab sudah memilki legalitas untuk melakukan karantina domba dari kementrian pertanian. Kegiatan berakhir pada pukul 17.00 dan sekaligus menandai berakhirnya kunjungan ilmiah tahun ini.


Penulis   : Merryafinola dan Mochamad Daffa Alwan
Foto         : Merryafinola
Editor     : Fajar

Posting Komentar

0 Komentar