IKAFU UNSOED 1993, Gelar Acara 30 Tahun Kumpul Maning


Ikatan Alumni Fisip Unsoed (IKAFU) Angkatan 1993 menggelar acara “30 Tahun Kumpul Maning FISIP 93 Unsoed”, yang digelar selama dua hari, yaitu Sabtu dan Minggu, 20-21 Mei 2023 bertempat di Hotel Grand Kanaya Baturaden serta Kampus FISIP Unsoed Jalan HR.Bunyamin, Purwokerto, ujar Pengurus Ikafu bidang Organisasi dan Keanggotaan M.Adha,S.Sos. kepada Humas Pengurus Pusat KAUnsoed (Keluarga Alumni Unsoed) Ir.Alief Einstein,M.Hum.

Menurut Faishal selaku Ketua Panitia, bahwa acara ini untuk mengenang 30 tahun, Angkatan Fisip 1993 yang merupakan angkatan pertama yang menempati Gedung Fisip di Jl HR Bunyamin yang sebelumnya Kampus Fisip pada tahun 1992 berada di kampus lama Kalibakal.

Sambutan Ketua Ikafu, Dr. Barid Hardiyanto, dalam acara reuni "30 Tahun Kumpul Maning Fisip Unsoed Angkatan 1993" di Hotel Grand Kanaya Baturraden.

Di sisi lain Wakil Ketua Panitia, Doktor Hariyadi yang sekaligus dosen Sosiologi Fisip Unsoed mengatakan nilai-nilai solidaritas yang ditanamkan sejak mahasiswa akan tercermin pada saat acara reuni diadakan. Hariyadi melanjutkan Fisip Angkatan 1993 yang terdiri dari dua jurusan Administrasi Negara dan Sosiologi telah berhasil menyumbangkan para alumninya untuk berkiprah di berbagai bidang dan heterogen pilihan profesinya dari mulai pejabat pemerintahan di beberapa instansi sampai kepala desa, ASN, para pengajar dari SD sampai Universitas serta lembaga kursus, para penggiat media dan LSM, serta juga para pengusaha baik sektor jasa maupun produk. Hal ini membuktikan bahwa lulusan FISIP dengan bekal ilmu yang didapat memiliki kompetensi di bidangnya masing-masing.

Selanjutnya Koordinator Sosiologi 93, Janu Murdiyatmoko menjelaskan bahwa Fisip Angkatan 1993 telah mengadakan dua kali reuni akbar, masing masing di tahun 2018 dengan Reuni Perak serta tahun 2023 dengan Reuni 30 Tahun Kumpul Maning ini, akan rutin diadakan reuni setiap 5 tahun, selain sebagai bentuk menjaga silaturahim antar alumni Fisip 1993 juga menumbuhkan rasa cinta kampus almamater yang pernah dahulu menimba ilmu.

Acara reuni 30 Tahun Kumpul Maning ini, selain diisi dengan ramah tamah sesama alumni 1993, juga diisi dengan Kegiatan Napak Tilas Kampus Fisip, di mana para peserta akan berkeliling mulai kampus lama Fisip sampai ke Kampus Baru Fisip di Jalan Kampus serta juga berbagai acara hiburan lainnya, seperti Kuis Banyumasan, Kontes Peserta Terunik serta Senam Pagi Bersama.

Penyerahan grand prize TV LED 32 inch kepada pemenang undian Fenti Andriyani, oleh Haryadi.

Pada kesempatan sambutan dari Ketua IKAFU, Barid Hardiyanto mengungkapkan bahwa angkatan 1993 ini termasuk yang serius menggarap kegiatan reunian dengan mengundang pihak civitas akademika dan pengurus Alumni. Selanjutnya, Barid menjelaskan tentang program kerja IKAFU, di antaranya ikafu.id. Dalam kesempatan selanjutnya, Tri Wuryaningsih selaku Wakil Dekan 3 FISIP Unsoed menyampaikan bahwa tugas tambahan Wadek 3 yang sebelumnya hanya bidang kemahasiswaan, diberi tambahan tugas baru menjadi bidang kemahasiswaan dan alumni. Tri berharap dengan jumlah lulusan FISIP Unsoed yang sudah mencapai 10.000 dengan asumsi 5 persen saja dapat berkontribusi aktif dapat mengembangkan kampus FISIP menjadi lebih maju lagi. 

M.Adha,S.Sos. menambahkan bahwa scara Kumpul Maning berakhir di Kampus FISIP dengan menikmati makan siang Sroto Sokaraja, jajanan mendoan, dage, cenil, dan lupis sambil diiringi alunan musik kentongan. Acara perpisahan ditutup dengan saling bersalaman untuk kembali ke kota tujuan masing-masing dan berharap 5 tahun nanti bisa bertemu lagi kangen-kangenan.




Penulis     : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Foto           : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Posting Komentar

0 Komentar