Inspirasi Dari Lilis Ambarwati Dosen Unsulbar, Alumni Fapet Unsoed Berprestasi, Gemati dan Nyentrik


Majene, Sulawesi Barat Kafapet-Unsoed.com. Program Inspirasi Indonesia yang tayang setiap bulan di TVRI, pada tanggal 28 pukul 16.00 WIB mengangkat tema inovasi. Kali ini, produksi TVRI Stasiun Sulawesi Barat, mengankat tema inovasi pakan ruminansia dengan judul WAFAM (Wafer Farm). 

Ptogram inspirasi TVRI berupa Film dokumenter selama 30 menit, kali ini agak sedikit berbeda, karena sang produser lebih tertarik untuk mengulas kehidupan narasumbernya yaitu Lilis Ambarwati, S.Pt, M.P.

Pada umumnya seorang dosen tugasnya mengajar, membimbing, meneliti dan mengabdi. Dosen ini, Lilis Ambarwati alumni Fapet Unsoed ternyata berbeda dengan umumnya peran dosen.


Diawal cerita diungkapkan dari sekian banyak riset yang dipublikasikan oleh dosen di Sulawedi Barat (Sulbar). mereka nampak kesulitan mencari sosok yang sesui dengan tema. Setelah sekian lama melakukan observasi di google maka munculah nama Lilis Ambarwati, S.Pt., M.P, tentunya nama tersebut sangat asing buat mereka, akhirnya sampai mencari identitas siapa sebenarnya narasumbernya tersebut.

Awalnya seperti program pemberitaan lainnya menceritakan bagaimana latar belakang membuat gagasan, pemecahan masalah dan pengaplikasian pada kelompok ternak dan hasilnya setelah diberikan pada ternak.

Hari pertama dilakui dengan biasa saja bagi narasumber karena berkaitan dengan pembuatan wafer pakan di labolatorium, hari ke dua pelaksanaan pengabdian di Desa Arjosari Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Sampai sini masih aman-aman saja. Sampai akhirnya skenario diubah lebih memfokuskan ke kisah hidupnya. Crew TVRI meliput aktivitas di rumah Dosen Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) Lilis Ambarwati, di BTN tipe 36 yang rumahnya sangat mungil tapi disulap belakang rumah ada kandang bateray untuk penelitian dengan kapasitas 200 ekor, kamar disulap jadi ruang bahan-bahan kimia dan perlengkapan penelitain untuk pakan, ruang tamu full mesin tetas untuk praktikum dan halaman rumah banyak berjejer hijauan pakan yang sedang dijemur, total hanya menyisakan 1 kamar untuk ditinggali.

Crew TVRI semakin penasaran kenapa mahasiswa begitu dekat dengan sosok Dosen yang nyentrik ini, karena hampir setiap hari selalu ada aktifitas riset di rumah yang dilakukan dengan melibatkan mahasiswa.


Kedekatan dengan mahasiswa memang dilatarbelakangi dengan rasa iba dan kasihan melihat mahasiswa yang kurang pecaya diri dan kurang termotovasi, banyak diantara mereka yang keluarganya kurang mampu dan banyak pula yang yatim piatu. Terkadang orang tua mahasiswa datang kerumah dengan sengaja menitipkan anaknya untuk dibimbing dan diarahkan. 

Walaupun Lilis Ambarwati terkenal dengan kedisiplinan dan cerewetnya diatas rata-rata, tapi mahasiswa merasa nyaman jika diajak bekerjasama. 

Lebih 9 tahun bertahan di daerah dengan infrastruktur yang dianggap masih belum bagus, namun tidak mematahkan semangat untuk terus mengabdikan dirinya untuk masyarakat Sulawesi Barat. 

Tentunya halangan dan rintangannya sangat banyak, ternyata rahasianya Lilis Ambarwati sebelum jadi Dosen, punya pengalaman kerja di Industri Perternakan di daerah Jabodetabek, serta ketika masih kuliah aktif diberbagai kegiatan dan menorehkan beberapa prestasi.

Tercatat sewaktu kuliah, juara 3 Cabor Pencak Silat se Provinsi Jawa Tengah 2001, Juara 2 peksimida universitas tangkai seni baca puisi 2000-2003, juara 1 tingkat nasional Silat Seni Beregu Perguruan Merpati Putih 2001. 

Lilis Ambarwati memiliki kepribadian yang ekstrovert, memiliki jiwa yang percaya diri, sering meminta pendapat dan saran dari praktisi di perunggasan setiap akan melakukan riset dan trik-trik bertahan diperantauan, sering juga berkonsltasi dengan dosen-dosennya di almamater sebelumnya yaitu di Fapet Unsoed yang merupakan angkatan 99.

Kisah Dosen Lilis Ambarwati telah tayang dalam progran Inspirasi Indonesia di TVRI hari jumat, 28 Juli 2023 Pukul 16.30 WIB.


Penulis : Lilis Ambarwati Siregar

Editor   : Roni Fadilah

Foto       : Liliz Ambarwati Siregar

Posting Komentar

0 Komentar