Mulih Kandang 2023 Kafapet Unsoed Dihadiri Ribuan Alumni


Purwokerto, Kafapet-unsoed.com. Acara Reuni Akbar alumni Fakultas Peternakan Unsoed yang kini memiliki branding dengan nama ‘Mulih Kandang’ berjalan dengan lancar karena dihadiri oleh ribuan alumni dari seluruh Indonesia. Acara reuni selalu menjadi daya tarik bagi para alumni karena menjadi wadah untuk kembali menyapa teman-teman semasa kuliah maupun dengan para dosen yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada mereka.

Hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh Ketua Umum Keluarga Alumni Fakultas Peternakan Unsoed (Kafapet Unsoed), Bambang Rijanto Japutra dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Mulih Kandang 2023 pada hari ini terbilang sangat meriah karena dihadiri sekitar 1.000-an alumni. Menurut data kehadiran yang masuk ke panitia, alumni dari angkatan 1970-an sampai yang baru lulus yakni angkatan 2019 pun ada yang hadir dalam kegiatan tersebut.

“Saya sangat bangga dan mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada para alumni senior maupun junior yang hadir pada Mulih Kandang 2023. Menurut informasi yang saya terima, alumni Fapet Unsoed merupakan yang paling kompak dan solid di kealumnian Unsoed ini,” ungkapnya saat memberikan sambutan dalam Mulih Kandang 2023 di Graha Widyatama Prof. Rubijanto Misman Unsoed Purwokerto, Sabtu (9/9/2023).

Pria yang akrab disapa BRJ tersebut menambahkan, kegiatan ‘Mulih Kandang 2023: Guyub Rukun Seduluran Selawase’ sejatinya memiliki tujuan mempertemukan kembali (reuni) lintas angkatan dan lintas strata dalam nuansa yang penuh keakraban dan kegembiraan.

“Harapannya dengan terlaksananya kegiatan Mulih Kandang 2023 ini akan semakin mempererat tali silaturahmi, memperluas jejaring terbentuknya Kafapet Unsoed di berbagai wilayah, serta menjadi media komunikasi antara alumni dan kampus,” harap BRJ yang menempuh pendidikannya dari tingkat sarjana hingga doktoral di Fakultas Peternakan Unsoed tersebut.

Di lokasi yang sama, Prof. Akhmad Sodiq selaku Rektor Unsoed berujar bahwa Mulih Kandang 2023 ini sungguh luar biasa karena yang hadir mulai dari angkatan 1971 sampai dengan 2019. Artinya kalau dihitung ada rentangan 48 tahun, sementara untuk Fakultas Peternakan Unsoed pada tahun ini berusia 57 tahun.

“Saat saya kuliah dulu, Unsoed masih sepi sekali, tapi untuk sekarang jauh lebih ramai dengan total mahasiswa Unsoed mencapai 26 ribuan yang menempati 85 program studi. Mudah-mudahan Unsoed bisa terus berkontribusi menciptakan sumber daya unggul,” ujarnya.


Akhmad Sodiq melanjutkan, saat berbicara tentang alumni, maka untuk saat ini ada paradigma baru berkat adanya program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Menurutnya, jika dulu alumni biasanya hanya diundang untuk mengisi kuliah umum, kemudian datang lagi pada saat perbaikan kurikulum, atau bahkan datang untuk acara reuni, tetapi untuk saat ini hubungan alumni dengan universitas jauh lebih luas lagi.

“Kalau sekarang, mereka (alumni) bisa dihadirkan sebagai dosen praktisi, selain itu juga mahasiswa bisa belajar ke tempat alumni untuk magang, belajar, dan sebagainya. Saya berharap, alumni dan Unsoed bisa terus saling bersinergi,” kata Akhmad Sodiq yang juga merupakan alumni Fakultas Peternakan Unsoed angkatan 1987 itu.



Penulis   : Farid

Foto         : Dokumen Panitia Mulih Landang 

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Alhamdulillah. Saya ikut hadir meski hanya sampai jam 5 sore. Karena sisa waktu nya buat reuni dg keluarga kost2an dan keluarga teman kost. Reuni Nebeng ReuniπŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

    BalasHapus

Jika kesulitan posting komentar via hp harap menggunakan komputer