Dua Program Studi di FIKes Unsoed Raih Akreditasi Internasional dari ASIIN Jerman


Purwokerto, Kafapet-unsoed.com. Pada tanggal 10 Oktober 2023, Progam Studi Sarjana Keperawatan dan Program Profesi Ners, Fakultas ilmu-ilmu Kesehatan (FIKes) Unsoed memperoleh sertifikat akreditasi internasional dari ASIIN. ASIIN merupakan lembaga akreditasi pendidikan tinggi internasional dari Jerman. Perolehan akreditasi ini menunjukan bahwa Program Studi Sarjana Keperawatan dan Program Profesi Ners, FIKes Unsoed sudah sesuai dengan standar internasional, ujar Wakil Dekan bidang Akademik FIKes Unsoed, Prof.Yunita Sari,S.Kep.,Ns.,MHS., Ph.D. selesai pemaparan pada hari ini Senin 23 Oktober 2023 yang didampingi Ir.Alief Einstein,M.Hum. dari kafapet-unsoed.com.


Proses akreditasi ASIIN ini melalui 2 tahapan yaitu penilaian dokumen akademik berupa Brief Curriculum dan Self-Assessment Report, dan penilaian sarana prasarana penunjang pembelajaran dan evaluasi dari tim pengelola program, pengajar, dan mahasiswa yang dilakukan secara on-site pada tanggal 25-26 Mei 2023 di FIKes Unsoed. Tim penilai atau asesor yang datang terdiri dari 3 orang asesor ASIIN, yaitu Prof. Dr. Christiane Kugler dari University of Freiburg dan Antje Kula dari Medical University Hannover, Prof.Tantut Susanto,Ph.D., dari Universitas Jember, dan 1 orang expert unsur mahasiswa yaitu Khusnul Chotimah, mahasiswa S2 Keperawatan Universitas Airlangga. Tim asesor tersebut didampingi oleh seorang perwakilan langsung dari ASIIN yaitu Sascha Warnke, yang menjadi narahubung dengan tim dari Jurusan Keperawatan.

Dekan Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan Unsoed Prof.Dr.sc.hum. Budi Aji, SKM.,M.Sc. menyatakan bahwa hasil yang didapatkan merupakan hasil kerja keras seluruh civitas Jurusan Keperawatan FIKes Unsoed, baik pengelola program studi, tim dosen, tim tendik, mahasiswa, dan tim penunjang. Semua pihak yang terlibat, baik dari dalam dan luar FIKes Unsoed, telah memberikan usaha terbaiknya agar terwujudnya tujuan utama dari proses akreditasi internasional ini, yaitu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sesuai dengan standar internasional. Tujuan ini sesuai dengan visi misi FIKes Unsoed untuk mewujudkan kualitas pendidikan yang diakui secara global di 2030.



Penulis     : Ir. Alief Eisntein, M.Hum

Foto           : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Posting Komentar

0 Komentar