Agus Haryanto Ahli Politik Luar Negeri Unsoed, Two State Solution Salah Satu Alternatif Perdamaian di Gaza

Dr.Agus Haryanto (Dosen Jurusan Hubungan Internasional FISIP Unsoed yang juga Dosen Ahli Politik Luar Negeri dan Ketua Umum Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional).

Purwokerto, Kafapet-unsoed.com. Untuk menghentikan konflik yang terjadi di Gaza, beberapa negara sudah menyerukan untuk penyelesaian konflik, termasuk di antaranya seruan perdamaian khususnya dalam menciptakan perdamaian global dan juga mendesak penghentian perang di Gaza, ujar Ir.Alief Einstein,M.Hum. dari kafapet-unsoed.com usai bincang-bincang dengan dosen Jurusan Hubungan Internasional FISIP Unsoed yang juga dosen ahli Politik Luar Negeri Dr.Agus Haryanto.

Dr.Agus Haryanto sebagai Ketua Umum Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional, kembali menegaskan beberapa hal: Pertama, pentingnya segera gencatan senjata. Sudah seharusnya membuat dunia “bergerak” untuk mendesak kedua belah pihak mengambil opsi gencatan senjata. 

Saat ini telah ada beberapa upaya dari mediator seperti Qatar yang kita tunggu hasilnya. Kedua, buka pintu Rafah untuk akses kemanusiaan (makanan, air minum, obat – obatan, dan bahan bakar). Jika akses kemanusiaan ini tidak dibuka, maka korban yang jatuh akan semakin banyak, dan ketiga, mendukung Pemerintah Indonesia yang tengah mengupayakan penghentian penggunaan senjata dalam penyelesaian konflik Palestina – Israel. Usulan two state solutions perlu mendapatkan kajian mendalam agar dunia mendapatkan solusi yang lebih permanen.



Penulis     : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Foto           : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Posting Komentar

0 Komentar