Kerjasama Pendidikan dengan Rusia

Perwakilan AIHII dalam kunjungan ke Kedubes Rusia yang diterima langsung oleh Dubes.

Jakarta, Kafapet-unsoed.com. AIHII (Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia), GTI (Global Thinker Institute), dan Kedutaan Besar (Kedubes) Rusia untuk Republik Indonesia pada hari Senin, 18 Desember 2023 berkumpul di kediaman Duta Besar Rusia guna membahas terkait beberapa topik. Pertemuan tersebut di antaranya dihadiri dari pihak Kedubes Rusia Her Excellency Ambassador Lyudmila Vorovyyova (Ambassador of the Russian Federation in The Republic of Indonesia) dan Kazakov Artur – (Third Secretary of Russian Embassy). Sedangkan dari pihak AIHII, terdapat ; Dr.Indra Kusumawardhana selaku Wakil Sekjen 1, Dr.Jeanne Francoise selaku Pengurus Bidang Kerjasama, dan Laila Indriyanti Fitria sebagai Sekretaris Wilayah Jabodetabek. Juga dihadiri dari Pihak GTI, seperti Muhammad Ma’ruf,Ph.D selaku Director of Global Thinkers Institute, Bimo Widarto,S.Fil, Franz Harlly, S.T, Dr. Ryantori dari Univ.Prof.Dr.Moestopo (Beragama), serta Fadra,Ph.D dari Univ.Prof.Dr. Moestopo (Beragama) dan GTI, ungkap Dosen Jurusan Hubungan Internasional FISIP Unsoed Dr.Agus Haryanto saat pemaparan pada hari ini Jum'at 29 Desember 2023 yang didampingi Ir.Alief Einstein,M.Hum. dari kafapet-unsoed.com

Dari pertemuan tersebut, menurut Ketua Umum AIHI (Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional) Dr.Agus Haryanto, terdapat dua topik diskusi yang dihasilkan. Topik yang pertama adalah Valdai Discussion Club yang berisi partisipasi dalam upcoming event Moscow Securitisation dimana event ini terbuka untuk publik. Kedua dengan topik Exchange Lecturer, yaitu kegiatan mengenai global south vs civilized world yang membahas miskonsepsi atau persepsi mengenai Russia, kemudian menghasilkan ide bahwa akan lebih baik untuk mengadakan webinar/seminar series tentang Rusia (Ambassador Lecturer Series) yang mungkin bisa diadakan di wilayah Jakarta lalu kemudian berlanjut ke wilayah lain di luar Jakarta. Pihak Kedubes Rusia akan membantu fasilitasi jika memerlukan pembicara/expert dari Rusia. 

Selanjutnya Dr.Agus Haryanto memaparkan bahwa terdapat topik yang disebut “What can we do for the next cooperation?” dimana muncul ide-ide seperti: Kerjasama di bidang pendidikan dengan menghubungkan universitas di Indonesia dengan universitas di Rusia yang memiliki jurusan atau program yang sama.

Dr. Agus Haryanto yang juga Dosen Ahli Politik Luar Negeri dari FISIP Unsoed menambahkan bahwa kerjasama dengan Kedubes Rusia merupakan salah satu inisiasi untuk pengembangan Studi Hubungan Internasional di Indonesia.



Penulis     : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Foto           : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Posting Komentar

0 Komentar