Tim PPK Ormawa UPM Fakultas Peternakan Unsoed Raih Juara 2 Terbaik Tim Terkomunikatif Tingkat Nasional

Foto Bersama Tim PPK ORMAWA Unit Pengabdian Masyarakat Fapet Unsoed mendapatkan Juara 2 Terbaik Tim Terkomunikatif

Purwokerto, Kafapet-unsoed.com. Mahasiswa dari Unit Pengabdian kepada Masyarakat (UPM) Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) memperoleh pendanaan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) tahun 2023, ujar Ir.Alief Einstein,M.Hum. dari kafapet-unsoed.com setelah bincang-bincang dengan salah satu mahasiswa Tim PPK Ormawa Muhammad Dimas Pramudya angkatan 2021.

1. Rumah Kompos di Desa Melung

Tim PPK Ormawa menurut Dimas (sapaan akrab Muhammad Dimas Pramudya) telah berdedikasi dalam melaksanakan pengabdian masyarakat selama 5 bulan di Desa Melung Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas, dengan proyek berjudul “Rumah Kompos ‘Kampung Tani Ternak’: Wujudkan Peternakan Kambing Berbasis Zero Waste untuk Mendukung Pertanian Berkelanjutan Desa Melung.” Dengan Pendanaan tersebut, Tim PPK Ormawa memberikan pembinaan melalui pelatihan penerapkan teknologi fermentasi kotoran kambing yang digunakan untuk pupuk pada sektor pertanian. Fermentasi kotoran adalah kotoran yang telah ditimbun dengan waktu tidak tertentu. Rumah Kompos “Kampung Tani Ternak” menjadi solusi atas permasalahan yang dialami di Desa Melung.

2. Pelepasan

Selasa 05 Desember 2023 Tim PPK Ormawa UPM Fapet dan Tim UKT Faperta Unsoed menghadiri acara "Pamitan dan Pelepasan" di Unsoed. Acara tersebut berlangsung di Gedung Rektorat Unsoed Lantai 1 dan dihadiri langsung oleh Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan Unsoed, 2 Tim Pelaksana PPK Ormawa, Tim Pendukung Ormawa, Dosen Pendamping, Tim Pengelola PPK Ornawa Unsoed. Pada pukul 16.00 kedua tim tersebut resmi dilepas oleh Wakil Rektor 3 Unsoed yaitu Dr.Norman Arie Prayogo,SPi,MSi, beliau memberikan semangat dan motivasi juga do'a untuk kedua Tim PPK Ormawa yang mewakili Unsoed.

Foto bersama di depan Universitas Jember

3. Pemberangkatan ke Jember

Pukul 08.00 Rabu 06 Desember 2023 pada pukul 08.00 seluruh Tim PPK Ornawa berkumpul di Gedung Rektorat Unsoed untuk melakukan sesi foto dan juga berdo'a sebelum pemberangkatan ke Jember. Tim PPK Ornawa Unsoed berangkat menggunakan Transportasi Bis Unsoed ke Jember pada pukul 08.30. Setelah melalui perjalanan panjang kurang lebih selama 15 jam akhirnya Tim PPK Ornawa Unsoed tiba di Jember pada pukul 00.30 dan istirahat di Hotel Albani’s Guest House.

4. Pembukaan Abdidaya PPK Ormawa

Kamis 7 Desember 2023 Tim PPK Ormawa Unsoed melakukan Registrasi Ulang di Gedung Kewirausahaan Universitas Jember pada pukul 09.00-14.00 yang diwakilkan oleh Ketua PPK Ormawa dari kedua tim bersama dengan Dosen Pembimbing juga Tim Pengelola PPK Ornawa Unsoed. Anggota dari Tim PPK Ormawa yang lainnya melakukan persiapan mendekorasi stand untuk Expo di Gedung Soetardjo Universitas Jember dimulai dari pukul 15.00-17.30 WIB. Kemudian seluruh Tim PPK menghadiri acara Pembukaan Abdidaya PPK Ornawa 2023 di Gedung Auditorium Universitas Jember dari pukul 19.00-22.00 yang diikuti oleh 79 Perguruan Tinggi yang berbeda dari Indonesia dan 160 Tim PPK Ormawa.

5. Expo Ormawa

Jumat 8 Desember 2023 pukul 07.00-09.00 Tim PPK Ormawa UPM Fapet Unsoed melakukan finishing untuk dekorasi stand Expo Abdidaya PPK Ornawa 2023 di Gedung Soetardjo Universitas Jember. Kemudian pada pukul 09.00-10.30 dilaksanakan Expo Ornawa dan dilakukan penilaian oleh para juri yang bertugas dengan ketentuan 1 Ketua/Anggota Tim berjaga di stand masing-masing untuk menjelaskan terkait program kerja selama 5 bulan di Desa Melung dan juga tema dekorasi dari stand masing-masing. Setelah dilakukannya penilaian oleh juri, kemudian stand Expo Ormawa dibuka untuk mahasiswa maupun masyarakat umum yang ada di Kota Jember dimulai dari pukul 11.00-17.00. Pada pukul 16.00-17.30 dilakukan penilaian video akhir dari masing masing Tim PPK Ornawa dari 160 Tim yang hadir, penilaian dilakukan di Aula PSTF (Program Studi Televisi dan Film). Selain adanya Expo Ormawa pihak Panitia Abdidaya PPK Ormawa 2023 juga mengadakan Pameran UMKM di halaman samping Gedung Soetardjo yang dimulai dari pukul 09.30-22.00, ditambahkan dengan adanya Panggung Kreatifitas Mahasiswa yang dimulai dari pukul 15.00-22.00 dengan menampilkan 10 penampil dengan berbagai tampilan, salah satunya dari Unsoed menampilkan Musikalisasi Puisi dan menyanyikan 1 buah lagu untuk para penonton. Dilanjutkan di malam hari pukul 18.30-21.00 dilakukan Gala Dinner yang dihadiri berbagai PT dan Dosen Pendamping.

6. Penganugerahan Juara

Sabtu, 9 Desember 2023 pukul 08.00-12.00 WIB digelar acara Seminar dan Lokakarya Pemberdayaan Desa di Gedung Auditorium Universitas Jember yang dihadiri oleh masing-masing Perguruan Tinggi dan Dosen Pendamping. Expo Ormawa juga dilanjutkan pada hari kedua pukul 08.00-12.00 WIB, acara tersebut juga ada penilaian atau voting dari mahasiswa dan masyarakat umum tentang program kerja dan dekorasi stand. Selanjutnya pada pukul 13.00-14.30 dilakukan 3 acara berbarengan yaitu Sarasehan Perguruan Tinggi, Sarasehan Ormawa, dan Sarasehan Mitra di Gedung Universitas Jember. Kemudian pada pukul 14.30-16.30 dilaksanakan acara Pleno Sarasehan Perguruan Tinggi, Mitra dan Ormawa di Gedung Rektorat UNEJ Lantai 2. 

Penyerahan Hadiah oleh Ketua Reviewer di Podium.

Dimas yang juga Ketua UPM Fak.Peternakan Unsoed menambahkan bahwa acara inti dari Abdidaya PPK Ormawa 2023 yaitu Malam Penganugerahan Abdidaya Ormawa 2023 di Gedung Auditorium UNEJ. Ada 148 kategori penganugerahan juara mulai dari Kategori penilaian Perguruan Tinggi, Mitra, Dosen Pendamping, Video, dan Poster juga Penilaian Program Kerja Tim Ormawa Pelaksana. Akhirnya Tim PPK Ormawa Unit Pengabdian Masyarakat (UPM) Fakultas Peternakan Unsoed mendapatkan prestasi yang membanggakan membawa nama baik Fakultas Peternakan Unsoed yaitu predikat Juara 2 Terbaik Tim Terkomunikatif Tingkat Nasional.



Penulis     : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Foto          : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Posting Komentar

0 Komentar