Unsoed Buka Program Studi Statistika

Purwokerto, Kafapet-unsoed.com. Program Studi (PS) Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F.MIPA) Unsoed berdiri tanggal 28 Desember 2023 berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 997/E/O/2023. Statistika lahir dari rahim Jurusan Matematika FMIPA Unsoed, sehingga saat ini Jurusan Matematika memiliki dua buah program studi yaitu PS Matematika sejak 1999 dan PS Statisitika sejak 28 Desember 2023, ungkap Koordinator Program Studi (Koorprodi) Statistika FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) Unsoed Agung Prabowo,SSi.,MSi.,Ph.D. saat bincang-bincang dengan Ir.Alief Einstein,M.Hum. dari kafapet-unsoed.com

1. Penerinaan Mahasiswa Baru

Menurut Agung / sapaan akrab Agung Prabowo,SSi.,MSi.,Ph.D.(alumni S3 Matematika Universiti Sultan Zainal Abidin, Terengganu, Malaysia) PS Statistika FMIPA Unsoed akan menerima mahasiswa untuk pertama kalinya pada tahun ajaran 2024/2025 melalui tiga jalur seleksi yaitu SNBP, SNBT, dan Ujian Mandiri.

2. Visi PS Statistika

Visi PS Statistika FMIPA Unsoed adalah “pada tahun 2035 akan menjadi pusat pembelajaran dan penerapan statistika medis tingkat nasional yang berbasis pada sains data dengan memberdayakan kearifan lokal”, kata Agung yang sudah mempublikasikan 20 buku.

Agung Prabowo,SSi.,MSi.,Ph.D.(Koordinator Program Studi Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unsoed dan alumni S3 Matematika Universiti Sultan Zainal Abidin, Terengganu, Malaysia)

3. Lahirnya PS Statistika

Kondisi internal yang mendorong lahirnya PS Statistika antara lain sekitar melimpahnya mahasiwa di PS Matematika yang meminati bidang kajian Statistika, bagian terbesar dari dosen yang bergelar doktor di PS Matematika mengambil spesifikasi keahlian di bidang Statistika, dan setiap dosen dengan bidang keahlian Statistika memiliki kepakaran yang spesifik, antara lain Metode-Metode Statistika Medis, Machine Learning dan Data Sains, Statistika Kesehatan, Asuransi Kesehatan, Regresi Terapan Medis, serta Ekonomi Kesehatan. Kondisi eksternal yang mendukung dibukanya PS Statistika FMIPA Unsoed adalah perkembangan keilmuan statistika yang sangat masif, didorong oleh kelimpahan (banjir) data. Perkembangan keilmuan aktuaria dan kebutuhan aktuaris juga turut serta mendorong lahirnya PS Statistika Unsoed. Dengan menggabungkan kepakaran seluruh dosen PS Statistika dan perkembangan keilmuan statistika, data sains dan aktuaria maka dibukalah PS Statistika di FMIPA Unsoed. Hal tersebut menjelaskan bahwa program studi yang didirikan bukanlah PS Statistika konvensional, tetapi PS Statistika yang menampung aspirasi perkembangan keilmuan dan kebutuhan industri saat ini, jelas Agung ysng sudah menghasilkan 5 Hak Kekayaan Intelektual.

4. Peluang Kerja

Selanjutnya Agung yang sudah menerbitkan 39 artikel terindeks Scopus, mengungkapkan berbagai peluang kerja lulusan PS Statistika FMIPA Unsoed :

a. Dengan bangga Kami katakan bahwa lulusan PS Statistika Unsoed akan mampu mengisi peluang-peluang kerja di bidang analis bisnis, industri kesehatan. asuransi kesehatan, konsultan aktuaria, startup kesehatan, dan data sains medis.

b. Lulusan PS Statistika FMIPA Unsoed dididik menjadi Medical Actuary, Medical Statistician, dan Medical Data Scientist. Sebagai Medical Data Scientist, lulusan PS Statistika FMIPA Unsoed akan bekerja untuk memproses dan mengolah data sehingga dapat dimanfaatkan perusahaan/industri kesehatan. Sebagai Medical Data Scientist, tempat kerjanya adalah di bidang industri-industri kesehatan dan farmasi. Medical Statistician bekerja dengan menerapkan keilmuan statistika dan data sains untuk penanganan masalah nyata dalam statistika kesehatan dengan tempat kerja antara lain di BPS, BPJS Kesehatan, PT. ASKES, Asuransi Kesehatan, dan Rumah Sakit.

c Medical Actuary bekerja dengan menerapkan keilmuan statistika, aktuaria, dan data sains pada industri asuransi kesehatan. Tempat kerjanya antara lain Asuransi Kesehatan, BPJS, PT. ASKES, Bank, PT. Jasindo, Reasuransi, LPS, OJK, Konsultan Aktuaria, Dana Pensiun.

d. PS Statistika FMIPA Unsoed akan menerapkan Kurikulum OBE (Outcomes Based Education) dengan Pembelajaran Berbasis Projek (Project Base Learning/PjBL) dan Studi Kasus Nyata (Case Base Learning/CBL).

Mahasiswanya akan dikirim untuk mengikuti MBKM dengan Magang Kerja di BPJS Kesehatan, BPS, PT. TASPEN, dan PT. ASKES. Mahasiswanya juga difasilitasi untuk mengikuti Ujian Sertifikasi ASAI, AAAK, dan AIDS. Sedangkan prospek kerja lulusannya adalah Pendidik/Guru di berbagai sekolah dan dinas pendidikan, PNS Peneliti di BRIN, Statistisi di Badan Pusat Statistik (BPS), Startup Founder, Startup Kesehatan, Control Quality Analyst, Data Analyst, Medical Data Scientist, Data Engineer, Surveyor, Business Analyst, Medical Statistician, Medical Actuary, Konsultan Aktuaria, dan studi lanjut S2 (Magister) atau S3 (Doktor).

e. PS Statistika Unsoed memiliki dua buah laboratorium (bidang kajian) yaitu Laboratorium Data Sains Medis serta Laboratorium Statistika Bisnis dan Asuransi. Berdasarkan kedua laboratorium ini, maka fokus bidang ilmu yang dikembangkan dan diajarkan kepada para mahasiswa meliputi Statistika Kesehatan, Statistika Bisnis, Asuransi Kesehatan, dan Data Sains Kesehatan. Dalam Statistika Kesehatan mahasiswa akan mempelajari metode-metode statistika untuk penanganan data-data medis. Mahasiswa akan diajari mengolah data medis dengan berbagai software statistika seperti R, SPSS, Minitab yang akan digunakan ketika bekerja di BPJS Kesehatan, PT Asuransi Kesehatan (ASKES), bagian rekam medis di setiap rumah sakit, serta perusahaan obat/farmasi.

f. Dalam Statsistika Bisnis mahasiswa akan diajari teknik menangani data-data bisnis untuk membuat keputusan bisnis. Mahasiswa yang menekuni Statistika Bisnis mempunyai prospek kerja di industri makanan, industri kesehatan dan farmas,i serta hampir seluruh industri sebagai Business Analyst.

g. Dalam Asuransi Kesehatan mahasiswa mempelajari biostatistika dan epidemiologi. Pengetahuan ini diperlukan mahasiswa untuk dapat mengonstruksi program asuransi kesehatan khususnya kemampuan menghitung premi asuransi dan santunannya. Dalam bidang asuransi mahasiswa juga belajar berbagai jenis asuransi yang lain seperti asuransi pertanian, asuransi kendaraan bermotor, dan pension. Mahasiswa yang tertarik pada bidang asuransi dan aktuaria diarahkan untuk bekerja sebagai aktuaris di BPJS Kesehatan, PT. Jasindo, PT. TASPEN, LPS, OJK, Departemen Keuangan, Perbankan, dan Konsultan Aktuaria.

h. Mahasiswa yang tertarik Data Sains Kesehatan dapat mengembangkan skill-nya dengan mempelajari Pengantar Sains Data, Basis Data, dan Machine Learning serta nantinya akan menapaki karir sebagai Startup Founder, Startup Kesehatan, dan Medical Data Scientist.

5. Ijazah dan Sertifikat

Agung sebagai peraih Unsoed Award pada tahun 2016 di Bidang Pengajaran menambahkan ijazah dan sertifikat yang di terima mahasiswa :

a. Untuk memperbesar peluang mendapat pekerjaan yang sesuai, maka setiap lulusan PS Statistika FMIPA Unsoed akan dibekali dengan ijazah dan sertifikat kompetensi/profesi. Sertifikat kompetensi tersebut diraih selama menjadi mahasiswa. Setiap mahasiswa didorong dan difasilitasi minimal mendapat 1 sertifikasi kompetensi dengan mengikuti ujian kompetensi yang diselenggarakan oleh lembaga/badan sertifikasi profesi nasional seperti Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI), PAMJAKI (Perkumpulan Ahli Manajemen Jaminan dan Asuransi Kesehatan Indonesia), dan Lembaga Sertifikasi Pofesi (LSP) lainnya.

b. PS Statistika akan mengelola sebuah program yang memampukan setiap mahasiswanya untuk memiliki sertifikat profesi selama menjadi mahasiswa.



Penulis     : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Foto          : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Posting Komentar

0 Komentar