Konsistensi Manajemen Brooding, Kunci Sukses Budidaya Ayam Broiler


Bogor, Kafapet-unsoed.com. Selasa (26/3) lebih dari 160 orang peserta dari seluruh Indonesia mengikuti seminar yang diselenggatakan oleh Mimbar Trobos secara daring via zoom meeting. Seminar berjalan lancar dan sukses besar dilihat dari jumlah peserta, antusias para peserta, serta kualitas narasumber yaitu Suhut, S.Pt dari Medion, Rohmad Susilowarno owner BPC, Dr. Faizal Andri, S.Pt, M.Pt dari akademisi Uiversitas Brawijaya dengan Moderator Rakhmad Ramdan pimred majalah Trobos.

Rohmad Susilowarno dengan panggilan akrab Susilo, salah satu Narasumber yang terjun langsung di budidaya ayam. Susilo merupakan pengusaha ayam broiler sukses dengan bendera CV. Berkah Putra Chicken (BPC) salah satu perusahaan peternakan ayam yang masih eksis di Bogor.

Rohmad Susilowarno CV. Berkah Putra Chicken

Susilo, praktisi sekaligus salah satu pemilik BPC. BPC merupakan peternakan keluarga yang dikelola oleh 2 bersaudara adik kakak yaitu Agus Suwarna (alumni Fapet Undip) dan Rohmad Sudilowarno (alumni Fapet Unsoed), yang terjun langsung dalam budidaya ayam broiler lebih dari 15 tahun.

Dari pengalaman Budidaya tersebut, serta dibekali pengalaman kerja dari perusahaan multinasional terbesar di Indonesia. Susilo sangat senang memaparkan pengalaman selama menjadi Pengusaha Peternakan ayam Broiler selama ini.

"Kunci sukses budidaya ayam broiler itu ada di konsistensi menjaga manajemen brooding", ujar Susilo.

Susilo bersama team Kafapet-Unsoed.com

Berbagi pengalaman sukses di BPC, semua dicurahkan di seminar ini secara gamblang dan rinci, mulai dari persiapan, saat kedatangan puri satu hari (Day Old Chick), mengatur faktor lingkungan (milieu), manajemen litter, pemberian pakan dan pengaturan udara.

"Pemeliharaan masa brooding memang sangat cape dan perlu kesabaran serta ketelitian, dan inti kunci selama masa brooding adalah bagaimana kita bisa mengatur faktor lingkungan disesuaikan dengan kebutuhan ayam", penjelasan Susilo ke Kafapet-Unsoed.com.

"Ayam yang dipelihara sekarang yaitu Genetik Modern hasil dari seleksi yang sangat ketat, dan Potensi genetik akan muncul jika faktor lingkungan, khususnya selama brooding mendukung", papar Susilo lebih lanjut.

Kegagalan masa brooding sangat merugikan peternak ayam broiler, target performa tidak tercapai, Feed Convertion Ratio (FCR) tinggi, rataan bobot badan tidak tercapai, tingkat deplesi tinggi dan semuanya akan secara langsung berdampak pada tingginya biaya produksi.

"Apalagi pada situasi bisnis perunggasan saat ini, harga pasar sangat fluktuatif. Andalan Peternak adalah menekan harga pokok produksi dengan cara mendapatkan Performa Produksi seoptimal mungkin", tambah Susilo


Tak salah jika periode Brooding merupakan periode Emas (Golden Petiode) dalam budidaya ayam. Jadi pingin sukses budidaya ayam, konsistensilah di manajemen brooding.

Catatan : Manajemen brooding adalah masa pemeliharaan ayam mulai dari DOC diterima dan mendapatkan suhu yang hangat sesuai kebutuhan ayam melalu alat penghangat (brooder).

Penulis : Susilo

Editor : Fuad Dudin

Foto : Susilo

Posting Komentar

0 Komentar