Gempa Guncang Taiwan

Sebaran Gempa Bumi Taiwan dalam 120 tahun terakhir.

Rabu 03 April 2024 telah terjadi gempa bumi terbesar di Taiwan, ungkap Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsoed Sulistyandari,SE.,MSi. dalam paparan jarak jauh yang dipandu Ir.H.Alief Einstein,M.Hum. dari kafapet-unsoed.com pada hari ini Jum'at 05 April 2024.

Dalam paparan selanjutnya, nDari (sapaan akrab Sulistyandari,SE.,MSi) yang sudah 4 tahun di Taiwan dan sedang kuliah Program S3 di National Yunlin University of Science and Technology (NYUST), Douliu, Yunlin, Taiwan mengatakan bahwa dilaporkan gempa di Taiwan tersebut telah menewaskan sembilan orang pada hari Rabu 03042024 dan melukai lebih dari 900 orang, sementara seitar 50 orang pekerja yang bepergian menggunaan minibus ke sebuah hotel di taman nasional di Hualien dilaporkan hilang. Gempa yang berpusat di Hualien terjadi sekitar pukul 07:58:09 pagi waktu setempat berkekuatan 7.2 dengan kedalaman 15.5 kilometer. Gempa ini lebih besar kekuatannya apabila dibandingkan dengan gempa pada tahun 1999 silam yang juga memakan banyak korban jiwa 2.400 orang dan menghancurkan 50.000 bangunan. Gempa kali ini masuk dalam kategori gempa terdahsyat dengan level tertinggi yaitu 6. Sebenarnya sebelum terjadi gempa besar ini, ada gempa yang terjadi mendahului gempa ini sekitar pukul 03:26:33 dengan kekuatan 4.8 SR yang berpusat di Chiayi. Kota ini dekat dengan tempat tinggal nDari di Taiwan, Douliu, Yunlin County yang berjarak sekitar 35 kilometer. Kedalaman gempa ini adalah 7.4 kilometer. Dekatnya kota tempat nDari tinggal ini menyebabkan gempa cukup dapat kami rasakan guncangannya. Namun gempa di Hualien tidak begitu terasa karena berjarak cukup jauh sekitar 300-an kilometer dan tidak menimbulkan kerusakan di kota nDari tinggal. Meskipun demikian dari laporan pemerintah setempat, di Hualien beberapa bangunan miring pada sudut yang berbahaya di daerah pegunungan Hualien yang berpenduduk jarang, dan memicu tanah longsor besar-besaran. Saat hari mulai gelap, di lokasi pusat gempa beberapa orang bermalam di tenda dan tempat berlindung lainnya. Sementara itu sejumlah pekerja darurat berusaha menopang bangunan-bangunan yang rusak dan menghancurkan bangunan-bangunan yang dianggap mustahil untuk diselamatkan. Pasca gempa 7.2 SR tersebut terjadi puluhan bahkan ratusan gempa susulan tercatat sepanjang hari itu. Pemerintah Taiwan menyebutkan jumlah korban luka sebanyak 946 orang. “Saat ini hal yang paling penting, prioritas utama, adalah menyelamatkan orang-orang,” kata Presiden terpilih Lai Ching-te, berbicara di luar salah satu bangunan yang runtuh di Hualien. (https://www.reuters.com/world/asia-pacific/strong-72-magnitude-earthquake-hits-taipei-2024-04-03/). Jalur kereta api ke daerah tersebut diperkirakan juga akan dibuka kembali pada hari Kamis, kata Lai, yang akan mulai menjabat bulan depan.

Gedung Putih menyatakan bahwa Amerika Serikat siap menawarkan bantuan apa pun yang diperlukan, ungkap nDari.

Badan cuaca di Jepang melaporkan informasi berbeda bahwa gempa berkekuatan 7,7 skala Richter dan melaporkan bahwa sebagian wilayah selatan prefektur Okinawa dilanda beberapa gelombang tsunami kecil. Namun, mereka mengurangi peringatan tsunami menjadi hanya sekedar peringatan, jelas nDari.

Pejabat seismologi di beberapa provinsi di sepanjang pantai Filipina menyarankan penduduk untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi, kata nDari.

Seorang saksi Reuters dan media pemerintah Tiongkok melaporkan bahwa gempa tersebut masing-masing dialami di provinsi tenggara Fujian dan ibu kota komersial Shanghai.

Sulistyandari,SE.,MSi., (nDari) di Kenting Tower.

Sebagian besar listrik telah pulih setelah gempa, kata perusahaan listrik Taipower, dan dua pembangkit listrik tenaga nuklir di pulau itu tidak terpengaruh, jelas nDari.

Di kampus nDari kuliah menurut info salah satu dosen nDari, elevator kampus mengalami kerusakan akibat gempa.

Saat ini Taiwan menurut nDari sedang libur panjang dalam rangka Spring break dari tanggal 4 April sampai dengan 7 April 2024. Tanggal 4 April merupakan Children’s Day dan 4 - 7 April merupakan perayaan Tomb Sweeping Day yang bertujuan untuk mengingat dan menghormati leluhur di kuburan.

Sulistyandari,SE.,MSi., (nDari) di Taipei 101 Tower.

Operator kereta api berkecepatan tinggi Taiwan mengatakan tidak ada kerusakan yang dilaporkan pada keretanya, meskipun layanannya akan tertunda karena pihaknya melakukan inspeksi lebih dahulu, ujar nDari.

Sebsgai dosen ahli Manajemen Keuangan dan Kewurausahaan, nDari menambahkan saham perusahaan TSMC yang terdaftar di Bursa Taipei ditutup turun 1,3%, namun indeks acuan (TWII), membuka tab baru dan sebagian besar mengabaikan dampak gempa dan ditutup turun pada nilai 0,6%.



Penulis     : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Foto           : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Posting Komentar

0 Komentar