Serba-serbi Kisah Lebaran di Taiwan

R.Taufan Harisam di Laboratorium Life Science, Tunghai University, Taiwan.

Purwokerto, Kafapet-unsoed.com. Merayakan hari raya Idul Fitri di luar negeri merupakan pengalaman yang menarik bagi para mahasiswa Indonesia yang sedang kuliah di luar negeri. Salah satu mahasiswa tersebut yakni R.Taufan Harisam,SPi.,MSi. Tahun 2024 ini adalah lebaran di tahun kedua bagi R.Taufan Harisam di negeri Formosa. Perasaan senang dan sedih bercampur menjadi satu ketika malam takbiran R.Taufan Harisam melakukan video call (VC) dengan keluarganya di Indonesia. “Inilah pengorbanan demi tugas negara, sebagai Dosen di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan / FPIK, ungkap dosen ahli Ecology of Marine Macroalgae dari FPIK Unsoed, R.Taufan Harisam,SPi.,MSi. saat pemaparan jarak jauh yang dipandu Ir.H.Alief Einstein,M.Hum. dari kafapet-unsoed.com

Menurut Taufan (sapaan akrab R. Taufan Harisam, S.Pi, M.Si) jika kebanyakan orang di Indonesia bisa bersilaturahmi dengan keluarganya saat hari Raya Idul Fitri, sedangkan di Taiwan hanya bisa berkumpul dengan teman-teman baik dari Indonesia maupun teman dari Taiwan, dan juga teman dari negara-negara lain.

“Perayaan Idul Fitri 1445 H kita berkumpul di Mushola Tunghai University dan memasak makanan menu lebaran Indonesia secara bersama, seperti ayam opor dan ketupat. Uniknya kami memasak ketupat menggunakan plastik karena di Taiwan tidak banyak ditemukan pohon kelapa yang bisa diambil daunnya”, jelas Taufan (mahasiswa S3 Student di Life Sciences Departement, Tunghai University, Taichung, Taiwan).

Suasana setelah Sholat Ied, terdapat Bazar Makanan Indonesia di depan Masjid Taichung, bersama para Warga Muslim Indonesia di Taiwan dan beberapa Warga Muslim dari negara lain.

Idul Fitri 1445 H jatuh di hari yang tidak libur di kampus Tunghai, untuk itu Taufan harus mengikuti kuliah dan kembali ke laboratorium setelah melaksanakan sholat Ied, kata Taufan yang menerima Beasiswa MOE Elite Scholarship, Taiwan (Ministry of Education Taiwan) dari Pemerintah Taiwan.

Beberapa teman Taufan juga memilih meminta ijin kepada dosennya untuk melaksanakan sholat Ied di masjid Kota Taichung yang jaraknya kurang lebih 10 km dari kampus kami, jelas Taufan yang mempunyai 16 artikel jurnal yang sudah di indeks Scopus.

Suasana Idul Fitri di Taiwan sangat berbeda dengan di Indonesia, saat malam takbiran di Taiwan tidak ada suara takbir menggema di malam sebelum Idul Fitri, bahkan suara adzan tidak bisa kita dengar setiap harinya seperti di Indonesia, ungkap Taufan (member of Global Seaweed Coalition dan member of International Association for Biological Oceanography/IABO).



Penulis     : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Foto          : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Posting Komentar

0 Komentar