Soroti Ketegangan Iran-Israel

Dr. Agus Haryanto (Ketua Umum Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia / AIHII dan Dosen Jurusan Hubungan Internasional FISIP Unsoed).

Purwokerto, Kafapet-unsoed.com. Dalam paparan Dr.Agus Haryanto (Dosen Jurusan Hubungan Internasional FISIP Unsoed yang juga Ketua Umum Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia / AIHII), yang dipandu Ir.H.Alief Einstein,M.Hum. dari kafapet-unsoed.com bahwa serangan drone oleh Iran ke Israel secara singkat menaikkan tensi ketegangan di Timur Tengah, namun hal ini ada beberapa alasan yang tidak akan meningkat lebih tinggi eskalasinya. Alasan pertama, pernyataan Amerika Serikat / AS bahwa mereka tidak akan membantu Israel melakukan serangan offensif ke Iran. AS hanya akan membantu Israel menahan serangan - serangan dari Iran. Alasan kedua, Iran memberikan peringatan sebelum meluncurkan serangan. Hal ini mengindikasikan Iran hanya melakukan gertakan ke Israel, dengan tidak menunjukkan intensi untuk menyerang secara total.

Dr. Agus Haryanto (Ketua Umum Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia / AIHII dan Dosen Jurusan Hubungan Internasional FISIP Unsoed).

Situasi di Timur Tengah saat ini, menurut dosen ahli Politik Luar Negeri Indonesia dari FISIP Unsoed Dr.Agus Haryanto tergantung pada bagaimana respon Israel atas serangan ini. Jika Israel berani membalas serangan Iran, maka kemungkinan Iran akan melancarkan serangan yang lebih besar lagi. Hal ini akan memicu naiknya ketegangan.

Dr.Agus Haryanto menambahkan bahwa Israel tidak akan melakukan serangan yang membuat Iran melakukan serangan offensif yang lebih besar lagi ke Israel.



Penulis      : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Foto           : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Posting Komentar

0 Komentar