Tips Sehat Saat Lebaran Nikmati dengan Bijak



Saat Siwi,PhD. di wisuda di University of Glasgow, Glasgow, Inggris Raya.

Purwokerto, Kafapet-unsoed.com. Hari Raya Idul Fitri sebentar lagi tiba, semua umat muslim tentu menanti-nantikan momen tersebut. Setelah sebulan berpuasa, Hari Raya Idul Fitri atau seringkali kita sebut lebaran pasti ditunggu tiba datangnya. Lebaran juga akan semarak dengan acara berkumpul dengan keluarga besar, bersilaturahmi dan berbagai agenda sosial lainnya. Dan yang pasti tidak ketinggalan, yakni aneka rupa masakan dan makanan khas lebaran yang tersaji dimana-mana. Tapi jangan kalap lho, jangan sampai lebaran membuat badan kalian jadi lebar-an, ungkap dosen Jurusan Kesehatan Masyarakat Fakultas ilmu-ilmu Kesehatan / FIKes Unsoed, Siwi (sapaan akrab Siwi Pramatama Mars Wijayanti,SSi.,MKes.,Ph.D. dalam paparannya yang di pandu Ir.H Alief Einstein,M.Hum. dari kafapet-unsoed.com.

Siwi alumni S3 Centre for Virus Research, University of Glasgow, Inggris Raya menjelaskan berikut beberapa tips yang membuat kamu tetap sehat dan nggak bertambah berat badan saat lebaran nanti. Nggak mau kan, lebaran kok jadi malah sakit, atau habis lebaran malah jadi meng-gendut:

Saat Siwi,PhD. pada musim salju di Glasgow, Inggris Raya.

1. Jangan Terlalu Berlebihan

Jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi makanan, terutama yang tinggi lemak dan gula. Cobalah untuk mengendalikan porsi makanan dan hindari makan berlebihan. Makan berlebihan dapat menyebabkan perut terasa kembung, mulas, dan bahkan diare. Ini karena sistem pencernaan harus bekerja lebih keras untuk mencerna jumlah makanan yang berlebihan. Apalagi setelah sebulan lamanya berpuasa, kata dosen ahli Epidemiologi Penyakit Tropis dari FIKes Unsoed, Siwi.

2. Makan dengan Seimbang

Saat berlebaran, cenderung banyak tersedia makanan lezat dan kaya kalori. Cobalah untuk tetap memperhatikan porsi dan variasi makanan yang seimbang, termasuk banyak serat, protein, buah, dan sayuran, ujar Siwi yang juga Ketua Tim Komisi Etik FIKes Unsoed.

3. Batasi Minuman Manis

Pastikan untuk tetap terhidrasi dengan baik dengan minum air dalam jumlah yang cukup sepanjang hari. Hindari minuman manis yang berkalori tinggi. Makanan tinggi gula yang dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan. Hal ini bisa menjadi masalah khusus bagi individu yang memiliki diabetes atau masalah gula darah lainnya, jelas Siwi (Pengurus IAKMI/Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia).

Siwi,PhD. sedang menikmati musim semi di Glasgow, Inggris Raya.

4. Bergerak dan Berolahraga

Tetap aktif selama perayaan Lebaran. Meskipun jadwal kalian mungkin sedikit berbeda selama liburan, cobalah untuk menemukan waktu untuk bergerak atau berolahraga setiap hari, seperti berjalan kaki, bersepeda, atau berenang, kata Siwi yang sudah menerbitkan tiga (3) judul buku.

5. Istirahat yang Cukup

Meskipun aktifitas sosial dapat membuat kalian sibuk selama Lebaran, jangan lupakan pentingnya istirahat yang cukup. Usahakan untuk tetap menjaga pola tidur yang teratur, jelas Siwi (Chief Editor Insights in Public Health Journal di FIKes Unsoed)

6. Nikmati dengan Bijak

Siwi yang mempunyai 29 jurnal artikel yang sudah di indeks scopus menambahkan bahwa lebaran adalah waktu untuk merayakan dan bersenang-senang bersama keluarga dan teman-teman. Nikmatilah momen ini dengan bijaksana, tetapi tetaplah sadar akan pilihan yang kalian buat untuk kesehatan Anda. Tentu boleh merayakan lebaran dengan mengkonsumsi makanan favorit bersama orang-orang tercinta. Tapi tetaplah nikmati dengan bijak karena kalau berlebihan malah membuat kesehatan kalian akan terganggu. Dengan bijak memperhatikan pilihan makanan, mengendalikan porsi, dan tetap aktif secara fisik, kalian dapat menjaga kesehatan Anda tetap optimal selama perayaan hari raya.



Penulis     : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Foto          : Ir. Alief Einstein, M.Hum

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Alhamdulillah. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga Allah menerima ibadah puasa kita. Aamiin

    BalasHapus

Jika kesulitan posting komentar via hp harap menggunakan komputer