MUNAS III KAUNSOED SUKSES; KAFAPET TUNJUKKAN SIKAP KOMPAK DAN BERMARTABAT




Purwokerto, Kafapet-Unsoed.com. MUNAS III KAUNSOED telah sukses diselenggarakan pada hari Sabtu, 21 September 2019 di auditorium rektorat Unsoed Purwokerto. Astera Primanto Bhakti, terpilih sebagai Ketua Umum KaUnsoed 2019-2023 melalui proses voting. Astera adalah alumnia Fakultas Ekonomi Unsoed angkatan 1986, berkarir di Kemenkeu dengan jabatan sekarang sebagai Kepala Badan Pendidikan Pelatihan Keuangan (jebatan eselon satu).

Ketum Kafapet BRJ bersama  Erie Sasmito
Dalam Munas ini, Kafapet Unsoed menunjukkan sikap Kompak, Bermatabat dan Patuh pada komitmen bersama yang telah disepakati untuk mengusung Erie Sasmito sebagai Calon Ketua Umum Kaunsoed. Sebanyak 14 orang warga Kafapet yang memiliki hak suara semuanya bulat mencoblos Erie Sasmito, yaitu 10 Peserta wakil Kafapet, Dekan Fapet 1 suara, Wakil Rektor 1 suara, dan 2 suara dari PP Kaunsoed yang berasal dr Kafapet yaitu Erie Sasmito dan Zaeinal Abidin. Sikap Kafapet Unsoed mendapat Pujian dari Alumni Fakultas di lingkungan Unsoed, termasuk dari Prof. Ademaman Suherman, Dekan FH Unsoed

Ketua Umum Terpilih (no 2), Ning Rachma peninjau senior 
MUNAS III UNSOED dihadiri oleh 128 Alumni dari berbagai perwakilan Fakultas yang ada di Unsoed, Rektor dan Para wakil Rektor, Para dekan, Pengurus Pusat PP Kaunsoed, Para Pembina Kaunsoed, serta Peninjau.

Agenda MUNAS III KAUNSOED adalah :
1.Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Pengurus Pusat Kaunsoed periode 2015 -2019
2. Penetapan perubahan dan penyempurnaan AD/ART
3. Penyusunan dan Penetapan Program Kerja
4. Memilih dan menetapkan Ketua Umum PP Kaunsoed periode 2019-2023

MUNAS III Kaunsoed memunculkan 6 Nama Calon Ketua Umum (Caketum) Kaunsoed yaitu
1. Ma'aruf Cahyono, Caketum dari KAFH
2. Arief Mulyadi, Caketum dari KAFABIO
3. Astera Primanto Bhakti, Caketum dari KAFE
4. Erie Sasmito, Caketum dari KAFAPET
5. Rudy Purwadi, Caketum dari Kafaperta.

Di detik detik terakhir penutupan pendaftaran Caketum, muncul calon dari generasi Milenial dan diprediksikan akan menjadi "kuda hitam" pada Munas kali ini adalah Baratadewa Sakti Perdana, caketum dari KAFT.

MUNAS III KAUNSOED dikomandani oleh 3 orang yaitu Ketua Teddy Dhirhamsya, Maruto dan Eka Budi Sulistyo.

Konsolidasi menjelang Munas
Dinamika munas terasa saat pembahasan pasal 14 yaitu tentang penentuan Ketum PP Kaunsoed. Akhirnya disepakati langkah yang diambil :
Tahap Pertama, Musyawarah dan Mufakat. Tahap Kedua Voting, saat pembahasan "Voting" ini suasana menjadi sedikit "gaduh", serta makin "Memanas" terutama saat  pembahasan Tatib Munas pasal 14, butir g. Yaitu calon yang memperoleh suara terbanyak akan ditetapkan menjadi Ketua  Umum Pengurus Pusat Kaunsoed. Perdebatan semakin meruncing dan alot, antara kubu "Suara terbanyak VS suara 50 persen plus satu" sampai terjadi "Dead lock", akhirnya disepakati Voting dengan 2 Opsi yang menjadi Ketum PP Kaunsoed yaitu:
Opsi 1. Suara 30 persen plus 1
Opsi 2. Suara 50 persen plus 1.
Dalam hal ini, posisi Kafapet Unsoed berada pada kubu Opsi 2, yaitu 50 persen plus 1

Dari hasil Voting, dimenangkan oleh opsi 1, yaitu Ketum PP Kaunsoed yang terpilih apabila suara yang diperoleh mencapai 30 persen plus 1 dari peserta Munas yang hadir.

Agenda yang paling Utama MUNAS III  Kaunsoed adalah pemilihan Ketum PP Kaunsoed, Kafapet Unsoed mengusulkan mekanisme "Musyawarah-Mufakat" dilaksanakan terlebih dahulu dengan cara "Setiap Caketum menjadi perwakilan dari Alumni dan diberi mandat untuk memilih Ketum PP Kaunsoed dari 6 Caketum yang sudah terdaftar ", jika tidak terjadi kesepakatan, maka Pemilihan Ketum PP Kaunsoed dilakukan secara "Voting". Usulan dari Roni Fadilah, Peninjau dari Kafapet Unsoed disetujui secara bulat oleh peserta Munas. Waktu diberikan sekitar 15 menit untuk "Para Caketum melakukan musyawarah-mufakat", tetapi sampai batas waktu yang ditetapkan oleh Panitia tidak mencapai satu kesepakatan, akhirnya "Voting" dilakukan.

Hasil Voting diperoleh Ketum PP Kaunsoed terpilih adalah Astera Primanto Bhakti dengan suara 57, disusul oleh Ma'aruf Cahyono 51. Erie Sasmito 14 dan Caketum lainnya hanya memperoleh 1 suara.

Peserta dari Kafapet
1. Bambang Rijanto Japutra, Ketum PP Kafapet Unsoed
2. Minto Besar Raharjo, Dewan Pembina PP Kafapet Unsoed
3. Ign.Hariyanta Nugraha, PP Kafapet Unsoed
4. Giarso Setyawan, Ketua Kafapet Solo Raya
5. Nuroso, Kafapet Priangan Timur
6. Gati Nikensari, Kafapet Jambi
7. Carlita Farmasiana, Kafapet Bandung Raya
8. Hartadi, Kafapet Semarang Raya
9. Takris Pratana, Kafapet  Jawa Timur
10. Arief Maulianto, Kafapet Barlingmascakep

Peninjau
1. Dr. Ir Ning Rachmaningsih, Sesepuh  Kafapet Unsoed
2. Yusuf Subagyo. Wadek 3 Fapet Unsoed
3. Wiseno nurhamzah, Dewan Pembina Kafapet Jabodetabeksuci
4. Roni Fadilah, Kafapet Jabodetabeksuci
5. Hery Supriadi, PP Kafapet Unsoed
6. Agus Kadarisman, Kafapet Semarang

Reporter/Penulis : Roni Fadilah
Editor : Bams
Foto-foto : Roni

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Kafapet menunjukkan sikap Kompak dan solid. Luar biasa

    BalasHapus

Jika kesulitan posting komentar via hp harap menggunakan komputer