Kafapet Unsoed Peduli Mahasiswa Terdampak Covid-19

Jakarta, Kafapet-Unsoed.com. Pada tanggal 6 April 2020, Roni Fadilah atas nama Keluarga Alumni Fapet Unsoed melontarkan sebuah gagasan untuk melakukan "Aksi Peduli karena Dampak dari covid-19" di WAG Kafapet Unsoed Jabodetabeksuci. Di luar dugaan gagasan tersebut langsung disambut dengan penuh semangat. Gagasan pertama yang "dilempar ke Floor"  adalah "Program Kafapet Unsoed Peduli Dampak Wabah Covid-19 dalam  bentuk 'Bukan Sembako atau sejenisnya' tetapi berupa 'Peralatan atau sejenisnya yang bisa bermanfaat dipakai di tempat tempat Ibadah (Masjid/Gereja/lainnya), Yayasan Sosial atau lainnya, di tempat sekitar para alumni Fapet Unsoed berdomisili'. Seperti Thermometer infrared untuk suhu tubuh, masker, Sanitazer, desinfektan, sprayer atau dalam bentuk peralaran lainnya.

Masukan untuk menyukseskan acara tersebut terus berkembang, tercatat yang memberikan masukan diantaranya Wiseno, Agus Yulianto, Minto Besar Raharjo, Bagus Pekik,  Puji Hartono dan lainnya. Dari beberapa masukan dirangkum oleh Mas Wiseno sbb :

BAHAN
1. Peralatan
  - termometer
  - masker
  - handsanitiser
  - desinfektan
2. Makanan siap saji
3. Sembako
4. Uang

SASARAN
1. Rumah ibadah
2. Tempat tempat umum
3. Mahasiswa Fapet Unsoed
4. Anak Binaan Pemulung Bantargebang
5. Lembaga bantuan yg sdh ada.
6. Ojol

Aksi Kafapet Peduli
Dari sekian banyak usulan tersebut, disepakati bersama bahwa "Program Kafapet Unsoed Peduli Dampak Civid-19 disalurkan untuk Membantu Mahasiswa Fapet Unsoed".

Setelah disepakati bersama, Ketua Kafapet Unsoed Jabodetabeksuci langsung berkoordinasi dengan Ketua Umum PP Kafapet Unsoed Bambang Rijanto Japutra (BRJ), BRJ menyampaikan salut dengan rencana aksi ini, dan lebih jauh BRJ bicara, "Program  aksi Peduli Covid-19 sebaiknya dilakukan oleh setiap Kafapet masing masing wilayah seperti Kafapet Unsoed Wilayah Semarang Raya".

Koordinasi lebih lanjut dilakukan dengan Dekan Fapet Unsoed, Prof. Ismoyowati, beliau sangat bangga dan mengapresiasi aksi yang positif yang dilakukan oleh Alumni Fapet Unsoed.

 "Terimakasih atas supportnya, Meskipun kami di level fakultas juga menggalang donasi. Semoga dengan donasi dari Keluarga Besar Alumni Fapet Unsoed akan banyak dana yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa. Kemungkinan ada beberapa mahasiswa yang perlu dibantu pembayaran UKT akibat orang tuanya yang terdampak dengan adanya Covid-19.  Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih", ujar Dekan Fapet Unsoed.

Koordinasi dilanjutkan ke Wakil Dekan (Wadek) 3 Dr Yusuf Subagyo untuk membicarakan masalah teknis bantuan untuk mahasiswa. Disepakati bahwa bantuan dari Alumni disalurkan melalui "Satu Pintu" yang dikoordinir oleh Wadek 3 Fapet Unsoed. Lebih lanjut Wadek 3 berpesan yang diposting langsung di Group WA Kafapet Unsoed Jabodetabeksuci.

Prof . Ismoyowati
"Para alumni yang saya hormati..... Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk semua alumni yang sangat peduli dengan mahasiswa Fapet UNSOED. Perlu saya sampaikan bahwa sampai saat ini bantuan yang sudah masuk adalah berasal dari Tim Covid Unsoed, alumni 83, Dekan dan para Wadek Fapet Unsoed, para dosen Fapet Unsoed. Sedangkan permintaan yang sedang berproses adalah dari 1) Ka unsoed, 2) Penggalangan dana dari mahasiswa Fapet UNSOED..... Alhamdulillah tadi saya ditelp mas Roni, yang menyatakan bahwa para alumni  tercinta juga sedang berproses dalam penggalangan dana, terima kasih sekali atas usaha dan jerih payah semua alumni," jelas Wadek 3.

Dr Yusuf Subagyo
"Perlu bapak dan ibu ketahui bahwa rencana kami adalah membantu mahasiswa yang kesulitan ekonomi sampai dengan membantu mahasiswa  yang kesulitan membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT). Oleh karena itu saya atas nama Fapet mengucapkan terima kasih yg sebesar2nya atas kepedulian dan keiklasan semua alumni, semoga Allah SWT membalas kebaikan ini, aamiin yaa robbal aalamiin," tambahnya.

Koordinasi dengan BEM Fapet Unsoed  Denis Agita Meilana , Pengurus Kafapet Unsoed Jabodetabeksuci telah menunjuk para mantan BEM Fapet Unsoed yaitu Fajar Hidayat dan Hanif Riyadi untuk melakukan koordinasi untuk kelancaran program ini.

Per tanggal 9 April 2020, Penggalangan dana dimulai, semua dana dipusatkan ke rekening Bendahara Kafapet Unsoed Jabodetabek ke :

BCA 682 01 99 501
a/n Sri anna suryaningsih

Konfirmasi ke +62 877-7034-4461 (Mbak Anna)

Penggalangan dana dibantu oleh Tim Penggerak untuk mengetuk hati para alumni yaitu:
1. Sdri Sri Anna Suryaningsih
2. Sdri Shita Anisa Doman
3. Sdri Puji Astuti
4. Sdr Puji Hartono
5. Sdr Fajar Hidayat
5. Para Ketua Angkatan.

Gayung pun bersambut. Tanggapan dari alumni luar biasa, per 13 April 20 dana yang masuk sementara senilai Rp 18 juta dari Alumni berbagai angkatan dan dari Angkatan 83. Catatan tersendiri dari Bendahara Mbak Anna, Alumni yang mendominasi berpartisipasi dalam penggalangan dana ini berasal dari generasi Melenial. Hal yang sangat membangkan sekali.

Dalam perkembangannya Pengurus Kafapet Unsoed Jabodetabeksuci mengajak seluruh Kafapet Unsoed yang ada di seluruh Indonesia untuk Bergerak melakukan "Aksi Peduli" seperti yang telah dilakukan oleh Kafapet Unsoed Semarang Raya.

Respon pun disambut dengan antusias. Tercatat Kafapet Unsoed Wilayah yang akan bergerak untuk mengadakan "Aksi Peduli Dampak Covid-19"
1. Kafapet Unsoed Banten
2. Kafapet Unsoed Bandung Raya
3. Kafapet Unsoed  Priangan Timur
4. Kafapet Unsoed Barlingmascakep
5. Kafapet Unsoed Solo Raya
6. Kafapet Unsoed Jambi
7. Kafapet Unsoed Lampung
8  Kafapet Unsoed Kalimantan
9. Kafapet Unsoed Sulawesi
10. Kafapet Unsoed Papua

Pesan terakhir yang disampaikan oleh Wadek 3 Fapet Unsoed
"Kafapet Unsoed memang luar biasa, jarang ada alumni yang seperti Kafapet Unsoed. Perhatian, kepedulian, dan rasa memiliki yang luar biasa diberikan kepada Fapet UNSOED sulit untuk dibandingkan dengan yang lain. Mudah-mudahan keiklasan semua Alumni mendapatkan balasan dari Allah SWT, aamiin yaa Rabbal alaamiin"***

Penulis : Roni
Foto : Roni dan redaksi

Posting Komentar

1 Komentar

Jika kesulitan posting komentar via hp harap menggunakan komputer