Kafapet Unsoed Siap Gelar Pelatihan Menulis


   



Kafapet-unsoed.com. Menulis merupakan suatu kegiatan yang kaya akan manfaat dan sisi positif. Disamping mampu menyalurkan aspirasi, menuangkan gagasan dan pikiran dalam bentuk tulisan juga menjadi sebuah kegiatan mengasyikkan, bahkan terkadang dapat menghasilkan rupiah.

    Di era serba modern seperti sekarang ini, masyarakat khususnya generasi muda dituntut harus dapat menuangkan aspirasi mereka lewat sebuah tulisan dan patut menguasai teknologi. Contohnya saja dalam ranah jurnalistik. Media dalam jaringan (daring/online) di tanah air sudah tak terhitung jumlahnya. Adanya platform digital seperti website, blog dan media sosial memungkinkan seseorang dapat menulis berita atau informasi apapun, dengan kemudahan pengaksesan.

    Melihat peluang tesebut, Keluarga Alumni Fakultas Peternakan Unsoed (Kafapet Unsoed) akan menggelar pelatihan menulis dengan mengusung tema ‘Lihai Menulis Artikel untuk Media Cetak dan Digital’ pada Sabtu (29/8) pukul 09.00 – 12.00 WI via aplikasi daring Zoom. Selain itu, Kafapet Unsoed juga akan melakukan kaderisasi, mencari bibit unggul penulis yang akan menyumbangkan berita dan tulisan apiknya ke website www.kafapet-unsoed.com. Peserta dibuka untuk alumni serta mahasiswa Fakultas Peternakan Unsoed dengan biaya Rp 50.000 untuk alumni dan spesial mahasiswa gratis. Catat waktunya, pendaftaran mulai dibuka tanggal 17 Agustus 2020.

    Kegiatan akan membahas penulisan suatu artikel dari hulu hingga hilir. Artinya, peserta akan diberikan materi tentang teknik wawancara untuk keperluan survei dan menulis artikel, artikel populer untuk media cetak dan media daring, standar penulisan artikel di www.kafapet-unsoed.com , cara cepat menulis berita untuk website dan blog, serta menulis artikel profil tokoh yang menggunggah dan menginsiprasi pembaca. Deretan materi tersebut tentunya akan dibawakan oleh alumni Fapet Unsoed, diantaranya: Ir. Bambang Suharno (Pemimpin Redaksi Infovet/Fapet 1985), Farid Dimyati (Pemimpin Redaksi Poultry Indonesia/Fapet 2009), dan Sutriyono Robert (Penulis artikel profil tokoh/Fapet 1990), serta akan dimoderatori oleh Ajeng Wirachmi (Jurnalis TROBOS Livestock/Fapet 2014).



Gandeng Milenial

    Panitia pelatihan yang terdiri dari Fajar Hidayat (Fapet 2013), Fajar Dwi (Fapet 2014), Ajeng Wirachmi (Fapet 2014), dan Sri Maulidini (Fapet AJ 2016) mengajak Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fapet Unsoed dan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Husbandry, untuk berkontribusi agar acara dapat berjalan lancar. Rapat Koordinasi pun dilakukan pada Sabtu (15/8) via aplikasi Zoom. Fajar Hidayat sangat berharap, jika kerjasama antara panitia dan mahasiswa akan membuahkan acara yang baik dan bermanfaat.

    “Kami sangat menyambut baik adanya acara ini. Sehingga, mampu meningkatkan pemahaman teman-teman mahasiswa dalam dunia kepenulisan,” kata Presiden BEM Fapet Unsoed, Denis Agita Meliana.

    Sementara itu, Ketua LPM Husbandry Muhammad Iffan Nafi’ melihat bahwa beragamnya jenis atau tipe penulisan, seperti penulisan artikel memang harus dipahami secara jeli. Pastinya, akan pula menambah luas wawasan bagi mahasiswa yang nantinya bergabung.

    Panitia berharap, jika tujuan awal diadakannya pelatihan ini akan tercapai. “Kami sangat berterimakasih kepada adik-adik mahasiswa, yang dalam hal ini diwakili oleh BEM dan Husbandry. Karena, sudah bersedia ikut terlibat dalam kegiatan ini. Melihat antusias kalian yang luar biasa positif, kami juga akan berusaha untuk memberikan yang terbaik. Mari berproses bersama,” kata Ajeng yang merupakan koordinator kegiatan ini.

    Terakhir, harapan dilontarkan oleh Kepala Divisi Media dan Komunikasi BEM Fapet Unsoed, Diva Janitra Ramadhan. “Kita semua tahu, bahwa skill saja tidak cukup untuk memantapkan seseorang dalam menulis. Harapannya, kawan-kawan mahasiswa dan alumni menjadi lebih peka dan semangat untuk mempertajam skillnya,” tutup dia.


Penulis       : Ajeng dan Fajar

Foto          : Fajar
x

Posting Komentar

3 Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Jika kesulitan posting komentar via hp harap menggunakan komputer