Kuliah Umum Seri #3 Basic Sciences Golden Period Pemeliharaan Ayam

Kuliah Umum seri #3 Universitas Sulawesi Barat telah berlangsung pada hari Sabtu Tgl 12 Desember 2020, di mulai jam 8.30 WIB dan berakhir jam 11.00 WIB. Topik yang dipaparkan dalam kuliah umum seri #3 adalah Golden Period Pemeliharaan Ayam dengan Pembicara Roni Fadilah dari PT New Hope Indonesia, sekaligus merupakan Ketua Keluarga Alumni Fapet Unsoed Wilayah Jabodetabeksuci

Seperti kuliah umum sebelumnya, paparan kuliah umum dibuka dengan ulasan tentang Pengembangan Karakter (Character Building) yaitu  makna tentang filosopi sebuah pohon yang tumbuh subur dan berbuah banyak karena kerja keras akar yang tanpa lelah dan pamrih terus bekerja dengan gigih tanpa mengeluh walau kondisi tanah "kurang bersahabat".


Kuliah dilanjut pada materi inti, "Sekedar mengingatkan, bahwa strain ayam broiler sekarang ini adalah ayam broiler modern dengan potensi genetik yang sudah terseleksi dengan ciri khas pertumbuhan yang sangat cepat", kata Roni. "Namun harus diingat, Potensi genetik tersebut akan muncul jika  70 persen faktor lingkungannya (Mileu) mendukung", tambah Roni. Dijelaskan juga, selain memiliki kekebihan, ayam broiler modern memiliki kelemahan yaitu sangat rentan (fragrile).


Di paparkan tentang 4 periode kritis yang berpengaruh terhadap performa ayam modern, yaitu (1) Periode Pencucian dan Persiapan Kandang, (2) Periode Brooding (0-21 hari), (3) Periode Pasca Brooding (22 hari - Panen) dan Periode Panen. Seksi kuliah umum sekarang ini membahas periode Brooding.


 "Kenapa periode brooding dalam satu siklus pemeliharaan disebut Golden Period?", tanya Roni. "Karena Periode ini adalah periode awal pemeliharaan ayam yang sangat penting dan paling kritis karena akan memoengaruhi tingkat keberhasilan periode berikutnya", ujarnya. "Kenapa sangat penting?", tanyanya lagi. Lalu Roni Fadilah menjelaskan lebih rinci tentang apa yang terjadi selama masa brooding ini, yaitu :

1. Sistem Pengaturan Suhu Tubuh (Thermoregulasi) belum berfungsi sempurna

2. Terjadinya perkembangan organ tubuh dan kerangka

3. Periode pembentukan sistem kekebalan tubuh (Immune System)

4. Konversi pakan paling efisien

5. Respon yang baik terhadap vaksin

6. Periode ayam yang rentan terhadap stress


Dalam kuliah umum seri #3 dibahas juga secara rinci faktor faktor utama yang mempengaruhi Performa ayam, teknis penanganan DOC mulai dari datang sampai umur 21 hari, jenis pakan yang dipakai, serta dampak terhadap ayam jika terjadi kesalahan dalam tatakelola selama periode brooding (mismanagement brooding).


Di akhir perkuliahan, Roni menekankan kembali makna "Golden Period" pemeliharaan ayam, "Kegagalan pemeliharaan selama periode brooding tidak bisa dikonversikan pada umur berikutnya".

Kuliah umum seri #3 ini terasa sangat istimewa, bu Lilis Ambarwati dosen dari Fapetkam Unsulbar sebagai penanggung jawab acara ini, merasa terhormat karena dalam kesempatan ikut juga gabung Ibu Prof. Dr. Ir. Elly Tugiyanti, MP dari Fapet Unsoed, Para alumni Fapet Unsoed, Team Technical Services PT New Hope Indonesia, serta Ibu Resmi dan Ibu Hani dari Divisi Marketing NHI Balaraja. "Kami atas nama Fapetkam Unsulbar mengucapkan terimakasih kepada segenap Civitas Akademi Unsulbar, dan sungguh suatu kehormatan atas ikut gabungnya Prof. Elly Tugiyanti, Teman-teman satu angkatan saya dr Fapet Unsoed, Team Technical Services dari New Hope, Ibu Resmi dan Bu Hani dari kantor Pusat NHI, serta mas Fajar Hidayat dari Kafapet-Unsoed.com", ujar Lilis Ambarwati.

Setelah paparan materi kuliah, dilanjutkan seksi diskusi dan tanya jawab, dari pihak mahasiswa tercatat nama Nurqholis, Suabzainunuddin, Nasrullah, Indar Dewi, M. Bahri Samusir, Nini Nur Lindasari dan Yusri Mubarak. Ada pertanyaan terkait cara mencapai target Feed Intake pada masa brooding dan biasanya dilapangan masih kesulitan melakukan perhitungannya karena tidak ada timbangan pakan, Roni menjelaskan "untuk tercapainya target Feed Intake saat masa brooding yang perlu diperhatikan adalah kondisi lingkungan (MILEU) sehingga ayam dalam kondisi nyaman dan secara Psikologi merasa senang dan nyaman. Perhitungan yang bisa dipraktekkan dalam mengetahui Feed Intake adalah dengan cara total kiriman pakan dikurangi sisa pakan, sehingga kita bisa menghitung pakan yang sudah diberikan serta menghitung Feed Intake dari ayam".

Lilis Ambarwati
Dari kalangan dosen tercatat Lilis Ambarwati menanyakan kontrol kualitas air yang berasa asin. Roni menjelaskan bahwa di PT New Hope kerap melakukan pengujian lab untuk kontrol kualitas air. Upaya mengurangi cemaran benda asing dalam air bisa dilakukan dengan filtrasi (penyaringan) yaitu menggunakan ijuk lapisan pertama kemudian arang untuk lapisan kedua dan krikil lapisan ketiga. 


Dalam kesempatan ini, diberikan waktu juga kepada Prof Elly Tugiyanti untuk memberikan pendapat bahwa kita harus selalu bersemangat dan ikhlas dalam menuntut ilmu kepada siapapun, Fadilah Herdiana dari Team Technical Services PT New Hope Indonesia yang baru saja melakukan kegiatan chick in pada Jum'at malam (11 Desember 2020) berbagi pengalamannya. "Hal yang perlu diperhatikan sebelum chick in adalah kesiapan kandang baik kondisi lingkungan yang sesuai serta air minum dan pakan yang cukup, kemudian melakukan penimbangan bobot badan guna mengetahui keseragaman (uniformity) dan coefisien variasi (CV) dari ayam, lalu tebar DOC dan perhatikan ayam harus dalam kondisi nyaman" ujar Fadil.



Penulis   : Roni dan Fajar

Foto      : Roni dan Fajar

Posting Komentar

0 Komentar